on

Perbandingan Tablet Sony Xperia Z3 Tablet Compact dan iPad Mini 3

Tablet Android Sony Xperia Z3 Tablet Compact dan tablet iOS iPad Mini 3 dianggap sebagai dua tablet 8 inch terbaik yang ada di pasaran saat ini. Tablet Android keluaran Sony itu disebut-sebut sebagai “iPad Mini killer”. Meski kami tidak sependapat namun tentu tidak semua orang setuju, karena itu kali ini akan diuraikan perbandingan antara Sony Xperia Z3 Tablet Compact dan iPad Mini 3 yang baru saja dirilis oleh Apple.

Perbandingan Desain Tablet Sony Xperia Z3 Tablet Compact dan iPad Mini 3

Sony Xperia Z3 Tablet Compact maupun iPad Mini 3 memiliki keunggulan dalam hal dimensi yang kompak serta bobot yang minimal dibanding tablet lain yang ada saat ini. Dari sisi kenyamanan, Sony Xperia Z3 Tablet Compact yang sedikit lebih tipis sudah pasti lebih nyaman digenggam dibandingkan iPad Mini 3. Di luar itu kedua tablet sama-sama menghadirkan desain yang layak diapresiasi. Jika Anda termasuk yang peduli terhadap estetika maka memang tak ada yang mampu menyajikannya lebih baik dibanding Sony dan Apple.


Tablet Apple iPad Mini 3 Sony Xperia Z3 Tablet Compact
Screen 7.9-inch IPS LCD (324ppi) 8-inch TFT LCD (283ppi)
Weight 331g 270g
Processor Apple A7 Snapdragon 801
Storage 16/64/128GB 16/32GB + microSD memory card
SIM? Yes, 4G Yes, 4G
Camera 5-Megapixel 8-Megapixel

Kedua tablet terbaik tersebut memiliki banyak kesamaan dengan pendahulu maupun lini produk lainnya. Apple iPad Mini 3 sebagaimana sudah dibahas pada artikel sebelumnya sangat identik dengan iPad Mini 2 kecuali tambahan fitur pemindai sidik jari. Sedangkan Sony Xperia Z3 Tablet Compact pada dasarnya adalah phablet Sony Xperia Z3 dalam ukuran yang lebih besar.

Dari sisi desain Sony Xperia Z3 Tablet Compact unggul atas iPad Mini 3 karena sudah mengusung perlindungan terhadap goresan serta rendaman air. Mungkin Anda akan berpikir bahwa kelebihan tersebut tidak signifikan kecuali bagi mereka yang gemar berpetualang di alam terbuka. Jangan salah, perlindungan itu sebenarnya tetap vital sekalipun tablet digunakan di dalam rumah. Contohnya jika Anda membawa tablet ke dapur bukan tidak mungkin terjadi insiden atau setidaknya sekedar cipratan air. Di sinilah letak keunggulan Sony Xperia Z3 Tablet Compact dibanding iPad Mini 3.

Perbandingan Tablet Sony Xperia Z3 Tablet Compact dan iPad Mini 3

Perbandingan Tablet Sony Xperia Z3 Tablet Compact dan iPad Mini 3

Pada sisi lain iPad Mini 3 yang mengandalkan fitur pemindai sidik jari memberikan proteksi privasi yang lebih baik jika Anda harus meninggalkan tablet. Memang fungsinya tidak seproduktif fitur yang sama pada smartphone, namun bagi beberapa orang mungkin tetap dianggap penting.

Perbandingan Performa Tablet Sony Xperia Z3 Tablet Compact dan iPad Mini 3

Sama halnya dengan smartphone, layar merupakan fitur yang penting bagi sebuah tablet. Dalam hal ini baik Sony Xperia Z3 Tablet Compact maupun iPad Mini 3 sama-sama menawarkan kualitas layar di atas rata-rata tablet sekelasnya. Ditilik dari kedalaman warnanya jelas iPad Mini 3 sedikit lebih unggul dengan 324 ppi, sementara Sony Xperia Z3 Tablet Compact hanya memiliki 283 ppi. Namun pada kenyataannya perbedaan antara keduanya sangat sulit disadari oleh mata awam, bahkan dengan aspek rasio lebih besar layar Sony Xperia Z3 Tablet Compact terasa lebih baik ketika digunakan menyaksikan film dibanding layar iPad Mini 3.

Untuk penggunaan di luar ruangan keduanya sama-sama minim refleksi dan memiliki tingkat brightness yang tinggi. Sehingga bisa dibilang tak ada kesulitan menggunakan salah satu dari keduanya di luar ruangan.

Sedangkan di sektor kualitas audio lagi-lagi Sony Xperia Z3 Tablet Compact unggul karena sudah dilengkapi dengan digital noise cancelling yang mampu meminimalisir gangguan suara dari luar selama Anda menggunakan earphone.

Selain itu Sony Xperia Z3 Tablet Compact juga mendukung memori eksternal via slot microSD hingga kapasitas 128 GB dimana iPad Mini 3 hanya mengandalkan memori internal saja.

Bagi Anda penggemar game utamanya game 3D kedua tablet ini juga terbukti mampu menjalankan game-game terbaru dengan lancar. Sony Xperia Z3 Tablet Compact mungkin lebih menjadi preferensi bagi mereka yang akrab dengan PS4, pasalnya tablet Android buatan Sony ini mendukung streaming dari konsol PS4 lewat Remote Play yang menjadikan bermain game PS4 bisa dilakukan sambil berbaring di sofa atau ranjang.

Sebaliknya Anda yang membutuhkan tablet sebagai penunjang produktivitas ataupun sekedar hobi di bidang foto dan video editing maka iPad Mini 3 lebih direkomendasikan. Pasalnya App Store menyediakan banyak perangkat lunak untuk foto editing maupun video editing yang lebih reliable dibandingkan Play Store. Di samping itu layar iPad Mini 3 yang memiliki rasio 4:3 juga lebih ideal digunakan untuk mengedit video atau foto.

Masuk ke sektor kamera meski di atas kertas Sony Xperia Z3 Tablet Compact tampak lebih unggul dengan kamera belakang 8 MP dibandingkan iPad Mini 3 dengan kamera 5 MP namun ketika dibandingkan kualitas foto keduanya setara. Setara dalam artian yang baik untuk ukuran sebuah tablet. Lagi-lagi mengambil foto dengan tablet tidaklah ideal mengingat dimensi serta keterbatasan kualitas kamera yang dimilikinya.

Harga Sony Xperia Z3 Tablet Compact dan iPad Mini 3
Sony Xperia Z3 Tablet Compact iPad Mini 3
Perbandingan Tablet Sony Xperia Z3 Tablet Compact dan iPad Mini 3 Perbandingan Tablet Sony Xperia Z3 Tablet Compact dan iPad Mini 3
beli sekarang beli sekarang

Kesimpulan yang bisa diambil dari perbandingan antara Sony Xperia Z3 Tablet Compact dan iPad Mini 3 adalah bahwa keduanya setara dalam banyak hal. Kini tergantung pada kebutuhan dan preferensi masing-masing. Jika tablet dalam pandangan Anda diindentikkan dengan perangkat hiburan portable maka Sony Xperia Z3 Tablet Compact terasa lebih pas dengan rasio layar lebar, kompabilitas dengan konsol PS4 dan teknologi digital noise cancelling. Sebaliknya jika tablet dianggap sebagai penunjang produktivitas kerja maka iPad Mini 3 rasa-rasanya lebih sesuai dengan kebutuhan tersebut.