on

Perbedaan Sony Xperia Z1, Z2 dan Z3

Sony Xperia Z kini sudah memasuki generasi keempat setelah beberapa waktu lalu pabrikan asal Jepang itu merilis Sony Xperia Z3. Namun demikian Sony Xperia Z1 dan Sony Xperia Z2 sampai saat ini masih bisa ditemukan di toko-toko HP. Apa saja perbedaan antara Sony Xperia Z1, Sony Xperia Z2 dan Sony Xperia Z3? Mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda?

Sony Xperia Z3 sendiri bukan sekedar memiliki spesifikasi yang lebih baik dibanding Xperia Z1 dan Xperia Z2, namun juga membawa beberapa perbaikan dari kelemahan para pendahulunya itu. Walau demikian ternyata bobot Xperia Z3 justru lebih ringan jika dibandingkan Xperia Z1 maupun Xperia Z2. Perbedaan antara Sony Xperia Z1, Sony Xperia Z2 dan Sony Xperia Z3 memang tak terlalu kentara ketika dilihat sekilas, namun saat digenggam perbedaannya jelas terasa.

Perbedaan Sony Xperia Z1, Z2 dan Z3


Perbedaan Sony Xperia Z1, Z2 dan Z3 : Desain dan Fitur

Phone Screen size Dimensions Weight
Sony Xperia Z1 5-inches 144 x 74 x 8.5mm 170g
Sony Xperia Z2 5.2-inches 147 x 73 x 8.2mm 163g
Sony Xperia Z3 5.2-inches 146 x 72 x 7.3mm 152g

Sekilas desain ketiganya sangat identik, selain itu ketiga smartphone flagship dari tiga generasi berbeda tersebut sudah dilengkapi perlindungan terhadap air sehingga mampu bertahan hingga kedalaman 1,5 meter. Pada generasi keempat (Z3), Sony membuat sudutnya lebih melingkar dan diberi keliar silver yang lebih nyaman dalam genggaman.

Sejak generasi pertama, Sony Xperia seri Z selalu terkenal karena kualitas layar yang di atas rata-rata kompetitor sekelas. Tak mau berpuas diri dengan keunggulan tersebut maka Sony pun terus meningkatkan kualitas layar seri Xperia Z dari generasi ke generasi. Karenanya perbedaan antara ketiganya cukup mencolok jika dibandingkan secara langsung.

Dengan layar berukuran 5.2 inch dan resolusi 1080 p memang layar Sony Xperia Z2 di atas kertas setara dengan Sony Xperia Z1, namun berkat teknologi “Live Color” hasilnya warna yang ditampilkan oleh Xperia Z2 tampak lebih menarik dibanding Xperia Z1 yang cenderung tampak pudar. Selain itu semenjak Xperia Z2 produsen elektronik asal Jepang itu juga menambahkan teknologi digital noise cancelling yang menjadikan kegiatan menonton film atau mendengar musik lewat earphone terasa lebih terfokus serta minim gangguan suara berisik di sekitar.

Kehadiran LG G3 yang diklaim sebagai smartphone Android dengan kualitas layar terbaik ternyata tak membuat Sony merasa perlu berbenah diri. Lagi-lagi pabrikan tersebut masih mengandalkan layar dengan ukuran yang sama yaitu 5.2 inch dan resolusi 1080 pixels. Artinya kualitas layar Sony Xperia Z2 dan Sony Xperia Z3 masih sama persis.

Pada satu sisi ini bukanlah fakta negatif, pasalnya kualitas layar Sony Xperia Z2 sendiri masih terbilang superior untuk ukuran saat ini. Namun pada pihak lain mereka yang sudah memiliki Xperia Z2 menjadi ragu untuk melakukan upgrade ke Xperia Z3 karena perbedaannya tak terlalu signifikan.

Masuk ke kualitas audio, sama seperti Sony Xperia Z2, Xperia Z3 pun sudah menyertakan teknologi Hi-Res audio yang menjadikan file musik MP3 dengan kualitas rendah sekalipun bisa terdengar lebih baik ketika diputar dengan Sony Xperia Z3.

Perbedaan Sony Xperia Z1, Z2 dan Z3 : Performa

Phone Processor RAM
Sony Xperia Z1 2.2GHz Qualcomm Snapdragon 800 2GB
Sony Xperia Z2 2.3GHz Qualcomm Snapdragon 801 3GB
Sony Xperia Z3 2.5GHz Qualcomm Snapdragon 801 3GB

Oleh karena ketiganya masing-masing hanya berselisih satu tahun (12 bulan) maka di sektor konfigurasi hardware tak banyak perbedaan antara satu dengan yang lain. Seperti dilihat pada tabel di atas bahwa generasi pertama menggunakan kombinasi prosesor 2.2 GHz dari Snapdragon 800 dan RAM 2 GB. Sementara generasi kedua dan ketiga sama-sama menggunakan RAM 3 GB dan chipset Snapdragon 801 meski ada sedikit peningkatan kecepatan pada prosesornya.

Jika Anda adalah pemilik Sony Xperia Z1 maka upgrade ke Sony Xperia Z3 bakal terasa layak, sebaliknya jika Anda adalah pemiliki Sony Xperia Z2 maka mungkin lebih baik menghemat uang yang Anda miliki sambil menanti kehadiran Sony Xperia Z4 tahun depan.

Perbedaan signifikan antara Sony Xperia Z1, Z2 dan Z3 justru terletak pada daya tahan baterai. Sebagaimana diketahui bahwa baterai Sony Xperia Z1 dan Sony Xperia Z2 hanya bertahan selama 24 jam atau sehari penuh seperti umumnya smartphone masa kini. Sedangkan pada Sony Xperia Z3 sudah ada peningkatan dalam hal efisiensi penggunaan sumber daya sehingga baterainya mampu bertahan selama 48 jam ayau dua hari penuh. Bagi mereka yang sering bepergian bagaimanapun Sony Xperia Z3 layak dipertimbangkan jika memang ada dana berlebih.

Perbedaan Sony Xperia Z1, Z2 dan Z3 : Kamera

Memang jika hanya melihat spesifikasi di atas kertas baik Sony Xperia Z1, Z2 dan Z3 sama-sama menggunakan kamera dengan sensor Exmor RS yang sangat terkenal, berikut LED flash. Namun sebenarnya ada perbedaan signifikan antara ketiga model dari tiga generasi berbeda tersebut.

Kamera Sony Xperia Z1 terkenal karena kecepatan auto focus yang baik dan kualitas foto yang tajam. Sementara pada Sony Xperia Z2 memang Sony masih mengandalkan kamera yang sama, hanya saja khusus bagi mereka yang gemar merekam video dengan smartphone tentu kemampuan kamera Xperia Z2 merekam video 4K tak bisa dilewatkan. Sekedar catatan bahwa keistimewaan ini adalah dalam konteks kamera smartphone, karenanya tetap tak bisa dibandingkan dengan kualitas kamera digital ataupun camcorder.

Pada Sony Xperia Z3 upgrade kamera bukan sekedar di sektor perangkat lunak namun juga di sektor perangkat keras dengan menggunakan lensa 25 mm yang menawarkan viewing angles lebih lebar dan juga ISO 12800 yang meningkatkan kemampuan kamera Sony Xperia Z3 mengambil foto dalam kondisi minim cahaya.

Kesimpulan Perbandingan Sony Xperia Z1, Sony Xperia Z2 dan Sony Xperia Z3

Meski saat ini Sony Xperia Z1 masih bisa diketemukan di toko-toko ponsel namun jika Anda berencana membeli ponsel flagship dari Sony maka kami merekomendasikan untuk tidak memilihnya. Pasalnya untuk kondisi saat ini spesifikasi, fitur dan performa Sony Xperia Z1 hanya setara dengan smartphone kelas mid-end.

Sebaliknya Sony Xperia Z2 masih tetap layak dilirik jika Anda ingin menghemat beberapa ratus ribu rupiah, namun kalau dana Anda memungkinkan sudah pasti Sony Xperia Z3 merupakan pilihan terbaik karena ada cukup banyak peningkatan di sektor kamera.


Harga Sony Xperia Z2 dan Sony Xperia Z3
Sony Xperia Z2 Sony Xperia Z3
Sony Xperia Z2 Sony Xperia Z3
Rp 8.600.000
Rp 6.850.000
Rp 8.499.000
Rp 7.999.000
Sony Xperia Z2 beli sekarang

Bagi Anda yang saat ini masih memiliki Sony Xperia Z1 dan mempertimbangkan upgrade maka Sony Xperia Z3 sangat layak dimilki, sebaliknya bagi Anda pemilik Sony Xperia Z2 seperti sudah disebut di atas kami cenderung menyarankan Anda untuk menghemat pengeluaran sambil menunggu generasi kelima dari Sony Xperia seri Z sekitar 12 bulan kedepan jika melihat sejarah siklus produk Sony Xperia selama ini.