on

Pilih Sony Xperia Z3 Compact, Samsung Galaxy S5 Mini atau HTC One Mini 2?

Pilih Sony Xperia Z3 Compact, Samsung Galaxy S5 Mini atau HTC One Mini 2 jika Anda adalah salah satu dari mereka yang lebih memilih smartphone Android berukuran kompak ketimbang yang memiliki layar lebar? Ketiga ponsel Android tersebut memiliki kesamaan, yaitu sama-sama mengusung nama seri flagship dari ketiga produsen tersebut namun hadir dalam dimensi yang lebih kompak. Ketiganya juga berasal dari tiga produsen smartphone Android terbesar saat ini, namun mana yang paling ideal diantara ketiganya?

Perbandingan Sony Xperia Z3 Compact, Samsung Galaxy S5 Mini dan HTC One Mini 2

Phone Sony Xperia Z3 Compact Samsung Galaxy S5 Mini HTC One Mini 2
Screen size 4.6-inches 4.5-inches 4.5-inches
Dimensions 65 x 127 x 9mm 131 x 65 x 9.1mm 137 x 65 x 10.6mm
Weight 129g 120g 137g
Water resistant? Yes Yes No



Jika membandingkan Sony Xperia Z3 Compact, Samsung Galaxy S5 Mini dan HTC One Mini 2 dari sisi dimensi maka tampak dari tabel di atas bahwa ketiganya tidak terlalu berbeda satu dengan yang lain.
Sony Xperia Z3 Compact hadir dengan casing yang lebih shiny di antara ketiganya, sementara HTC One Mini 2 dengan finishing doff tentu menjadi preferensi bagi mereka yang tidak suka dengan casing mengkilap. Di pihak lain Samsung Galaxy S5 Mini dengan casing polycarbonate tampak kurang elegan dibanding kedua kompetitor, meski demikian ponsel mini dari Samsung Mobile ini menjadi satu-satunya yang memiliki casing belakang dengan permukaan soft touch.


Oleh karena dimensinya maka ketiga ponsel Android ini bisa dioperasikan dengan nyaman hanya menggunakan satu tangan. Inilah keunggulan ponsel dengan dimensi kompak jika dibanding ponsel layar lebar yang mengharuskan Anda menggunakan dua tangan saat mengoperasikannya. Dari segi bobot memang HTC One Mini 2 lebih berat dibanding dua kompetitor lain, namun perlu dicatat bahwa penambahan bobot tersebut merupakan dari konsekuensi fitur BoomSound yang menjadikan kualitas audionya lebih mantap.

Meski HTC One Mini 2 unggul atas Samsung Galaxy S5 Mini dalam hal kualitas audio namun pada saat yang sama ponsel keluaran HTC ini juga menjadi satu-satunya yang belum didukung dengan perlindungan dari debu maupun air sebagaimana dimiliki oleh Galaxy S5 Mini dan Xperia Z3 Compact.

Di sektor layar ketiganya sama-sama menawarkan layar dengan teknologi tinggi, menjawab mana yang lebih baik antara Sony Xperia Z3 Compact, Samsung Galaxy S5 Mini atau HTC One Mini 2 di sektor layar adalah preferensi. Hanya saja bagi kami kualitas layar Sony Xperia Z3 Compact tampak lebih memuaskan mata dibanding kedua rival sekelasnya itu.

Masih soal layar, meski warna dan gambar yang ditampilkan ketiganya sama-sama superior namun tingkat brightness pada HTC One Mini 2 yang terbatas menjadikannya kurang ideal digunakan di luar ruangan.

Kembali menyoal kualitas audio, HTC One Mini 2 sudah dilengkapi dengan teknologi BoomSound yang menjadikan suaranya lebih terdengar mantap persis seperti HTC One M8. Sedangkan Sony Xperia Z3 Compact yang menempatkan speaker pada casing depan juga mampu menghasilkan kualitas suara yang relatif di atas rata-rata meski tetap belum sebaik BoomSound pada HTC One Mini 2. Namun pada sisi lain Sony Xperia Z3 Compact menjadi satu-satunya yang sudah mengusng fitur digital noise cancelling yang mampu meredam gangguan suara dari luar ketika Anda menggunakan headset sekaligus teknologi Hi-Res yang menjadikan file MP3 dengan kualitas rendah pun terdengar lebih baik. Bagaimana dengan Samsung Galaxy S5 Mini? Sayangnya HP Android besutan Samsung Mobile ini adalah yang terlemah diantara ketiganya dalam hal kualitas audio.

Pada pihak lain Samsung Galaxy S5 Mini memiliki keunggulan yang tak dimiliki oleh HTC One Mini 2 maupun Sony Xperia Z3 Compact yaitu ketersediaan IR (Infra Red) yang menjadikan ponsel ini bisa difungsikan sebagai remote control. Mungkin terdengar biasa, namun bayangkan pada masa ini dimana hampir semua perangkat elektronik memiliki remote control sendiri-sendiri tentu terasa sangat praktis jika Anda memiliki sebuah smartphone yang mampu berfungsi sebagai pengendali bagi semua perangkat elektronik yang Anda miliki.

Tak hanya itu, HP Android Samsung Galaxy berukuran kompak ini juga menjadi satu-satunya yang dilengkapi dengan pemindai sidik jari untuk melindungi privasi pemiliknya. Pada sisi lain , jika Anda adalah penggemar game yang memiliki konsol PS4 maka bisa dipastikan Sony Xperia Z3 Compact merupakan pilihan ideal. Pasalnya ponsel Android keluaran Sony ini bisa menjalalankan game PS4 langsung melalui smarphone dan sudah mendukung DualShock sehingga Anda bisa memainkannya sambil berebahan di sofa atau tempat tidur.

Perbandingan Performa Sony Xperia Z3 Compact, Samsung Galaxy S5 Mini dan HTC One Mini 2

Umumnya smartphone berukuran kompak mengusung spesifikasi hardware yang lebih rendah jika dibanding smartphone dengan layar lebar. Saat ini patokan tersebut sudah tidak berlaku lagi, tengok saja misalnya ponsel layar lebar seperti Samsung Galaxy Grand 2, Samsung Galaxy Grand Prime, Samsung Galaxy Core Max dan sebagainya yang mengusung layar lebar namun spesifikasinya terkategori inferior. Sebaliknya tak sedikit ponsel dengan ukuran lebih kecil justru memiliki spesifikasi hardware yang jauh lebih mumpuni.

Kondisi yang sama terjadi pada Sony Xperia Z3 Compact, Samsung Galaxy S5 Mini dan HTC One Mini 2. Ketiganya sama-sama mengusung spesifikasi tinggi. Bedanya jika Samsung Galaxy S5 Mini dan HTC One Mini 2 mengalami specs-down dari Samsung Galaxy S5 standar dan HTC One M8, tidak demikian halnya dengan Sony Xperia Z3 Compact yang mengusung spesifikasi sama persis dengan Sony Xperia Z3 layar lebar. Karenanya di sektor performa Sony Xperia Z3 Compact jauh lebih unggul dibanding Samsung Galaxy S5 Mini maupun HTC One Mini 2.

Pada sisi lain, meski mengusung spesifikasi hardware paling tinggi namun justru baterai Sony Xperia Z3 Compact mampu bertahan lebih lama dibanding Samsung Galaxy S5 Mini maupun HTC One Mini 2. Sementara Samsung Galaxy S5 Mini dan HTC One Mini 2 hanya bertahan kurang dari 24 jam, bahkan baterai Samsung Galaxy S5 Mini berkurang sekitar 15% dalam kondisi idle, Sony Xperia Z3 Compact mampu bertahan selama hampir 36 jam atau satu setengah hari meski pihak pabrikan sendiri mengklaim 48 jam.

Perbandingan Kamera Sony Xperia Z3 Compact, Samsung Galaxy S5 Mini dan HTC One Mini 2

Kamera merupakan fitur kedua yang dipersepsi penting oleh calon konsumen smartphone setelah kualitas layar. Lagi-lagi di sini Sony Xperia Z3 Compact yang mengusung kamera 20.7 MP langsung dari Sony Xperia Z3 layar lebar menjadi yang terbaik diantara ketiganya.

Lensa kamera ini mampu menangkap gambar dengan baik sekalipun dalam kondisi ruangan yang bercahaya minim. Tak hanya itu ada beberapa fitur lain seperti Superior Auto dan kemampuan merekam video 4K yang makin menjadikan ponsel Android keluaran Sony ini unggul telak atas kedua kompetitor lain.

Bagaimana dengan HTC One Mini 2? Ponsel mini keluaran HTC ini menggunakan kamera 13 MP yang konon teknologinya lebih canggih dibanding lensa Ultrapixel pada HTC One M8. Namun fakta di lapangan tidak berbicara demikian, meski kualitas foto yang dihasilkan terbilang istimewa untuk ukuran smartphone namun hasilnya jauh di bawah HTC One M8 maupun Sony Xperia Z3 Compact.

Sedangkan Samsung Mobile bisa dibilang adalah yang paling kikir diantara ketiganya karena bukan hanya menempatkan kamera 8 MP pada Samsung Galaxy S5 Mini namun kualitas foto yang dihasilkan pun jauh di bawah dua kompetitornya.

Mana yang Lebih Baik Antara Sony Xperia Z3 Compact, Samsung Galaxy S5 Mini dan HTC One Mini 2?

Sony Xperia Z3 Compact Samsung Galaxy S5 Mini HTC One Mini 2
Pilih Sony Xperia Z3 Compact, Samsung Galaxy S5 Mini atau HTC One Mini 2? Pilih Sony Xperia Z3 Compact, Samsung Galaxy S5 Mini atau HTC One Mini 2? Pilih Sony Xperia Z3 Compact, Samsung Galaxy S5 Mini atau HTC One Mini 2?
beli sekarang beli sekarang beli sekarang

Kalau boleh diambil kesimpulan HTC One Mini 2 adalah yang terbaik diantara ketiganya dalam hal kualitas desain casing dan audio, sementara Samsung Galaxy S5 Mini memiliki fitur paling kaya diantara ketiganya. Namun jika menilai mana yang terbaik diantara ketiganya sudah pasti Sony Xperia Z3 Compact jauh lebih superior dibanding kedua kompetitor.

Dengan kamera 20.7 MP, layar dengan kualitas gambar dan warna yang memukau, prosesor Snapdragon 801 dan daya tahan baterai selama satu setengah hari rasa-rasanya harga yang dibanderol terasa layak untuk menebus Sony Xperia Z3 Compact.