on

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S3 HP Android Quad-core

Samsung Galaxy S3 dirilis oleh Samsung Mobile lebih dari dua tahun yang lalu sebagai penerus dari Samsung Galaxy S II. Pada saat itu model flagship dari perusahaan asal Korea itu harus berhadapan dengan iPhone 4S, Sony Xperia S dan HTC One X. Tentu saja seperti kebanyakan smartphone Android kelas high-end kentara sekali bagaimana pihak pabrikan menggunakan iPhone sebagai benchmark-nya.

Samsung Galaxy S3 tampak besar jika dibanding iPhone 4s, meski demikian dimensi tersebut setidaknya diimbangi dengan ketebalan yang hanya 8.6 mm dan bobot yang hanya 130 gram. Dengan layar berukuran 4.8 inch kala itu Samsung Mobile menjadi salah satu pelopor ponsel berlayar lebar yang kurang disukai oleh mayoritas konsumen pria karena dinilai tidak praktis. Walau demikian nyatanya kerja keras dan terobosan yang dilakukan oleh pihak produsen kala itu terbayar lewat tingginya angka penjualan Samsung Galaxy S III.

Spesifikasi Samsung Galaxy S3


Desain dan Spesifikasi Samsung Galaxy S3

SKU
SA848ELAJ6JYANID-468582
Harga
RP 3.899.000
Model GT-I9300
Ukuran (L x W x H cm) 7. x 13.6 x 0.8 cm
Berat (kg) 0,133Kg
Warna Biru
Ukuran Layar (in) 4.8
RAM 1
Kapasitas Penyimpanan 16
Kecepatan CPU 1.40
Megapiksel 8.0
Fitur Tampilan Full HD
Garansi produk 1 Tahun Garansi Resmi Samsung Indonesia
Koneksi Nirkabel Near Field Communication (NFC)|Bluetooth|WiFi|EDGE|3G
USB Port microUSB v
Resolusi Layar 720 x 1280
Tipe Baterai Li-Ion 210
SIM 1
Tipe Processor Quad-core 1.4 GHz Cortex-A9
Sistem Operasi Android OS, v4.0.4

Samsung Galaxy S3 mempertahankan material casing yang sama seperti dua generasi terhadulu yaitu casing plastik yang mendapat banyak cemoohan dari pengguna setia iPhone. Namun Samsung tak bergeming bahkan mempertahankan pendiriannya dengan mengulas berbagai kelebihan material yang dipilihnya dibanding material aluminium yang digunakan oleh iPhone 4s maupun HTC One X kala itu. Pendirian yang ternyata dua tahun kemudian tak lagi dipegang oleh Samsung sendiri lewat peluncuran Samsung Galaxy Note 4 dan Samsung Galaxy Alpha yang mengadopsi casing aluminium.

Meski pihak pabrikan menyediakan tiga pilihan warna casing namun Samsung Galaxy S3 putih lebih menarik perhatian calon konsumen karena pada masanya mayoritas ponsel Android hadir dengan casing warna gelap. Warna putih yang berpadu dengan aksen silver di beberapa tempat memang memberi kesan stylish hingga saat ini, meski sayang estetikanya ternodai oleh fakta bahwa Samsung Galaxy S3 mengadopsi material plastik. Setidaknya Samsung Galaxy S3 sudah dilapis dengan Gorilla Glass untuk meminimalisir munculnya goresan pada layar.

Harga Samsung Galaxy S III

Layar berukuran lebar berikut bezel yang tipis mendominasi bagian depan HP Android Samsung Galaxy S3. Pada bagian atas terdapat kamera dengan resolusi HD yang kala itu masih jarang ditemukan pada ponsel Android lain. Sementara pada bagian bahwa terdapat physical button yang demi membedakan diri dengan iPhone, sang produsen pilih menggunakan bentuk kotak. Bagi mereka yang sebelumnya sudah terbiasa dengan tombol bulat pada iPhone merasa bahwa tombol berbentuk kotak ini kurang nyaman dioperasikan. Bukan hanya itu Samsung juga menempatkan tombol “Back” di sebelah kanan dimana umumnya ponsel meletakkan di sebelah kiri.

Pada bagian belakang terlihat lensa kamera 8 MP dan speaker. Casing bagian belakang ini merupakan casing removable yang menjadi akses untuk menempatkan keping kartu SIM, microSD dan tentu saja baterai. Casing belakang fleksibel ini masih dipertahankan oleh produsennya sampai saat ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy S3

Layar Super AMOLED 4.8 inch dengan resolusi 1280 x 720 pixels menghasilkan ketajaman gambar dan warna yang sangat baik berikut sudut (viewing angles) yang luas. Layar ini memang menggunakan konfigurasi PenTile bukannya RGB seperti HTC One X atau iPhone 4s. Namun berhubung resolusi layarnya sendiri sangat tinggi maka hasil akhir kualitas gambar yang ditampilkan tidak kalah dari layar dengan konfigurasi RGB.

Untuk ukuran smartphone Android pada masanya performa kecepatan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S III tergolong luar biasa bahkan nyaris setara dengan iPhone 4s. Performa yang mulus ini merupakan hasil kerjasama antara prosesor quad-core Exynos dengan laju maksimal 1.4 GHz dan RAM berkapasitas 1 GB. Di beberapa negara tertentu Samsung Galaxy S3 juga tersedia dengan prosesor Dual-core S4 yang didukung oleh RAM 2 GB.

Beberapa fitur gimmick yang diusung oleh Samsung Galaxy S3 ini antara lain adalah S Voice, S Planner dan S Memo. Yang paling menonjol diantaranya adalah S Voice yang meski lambat namun diapresiasi karena kemampuannya mengenali perintah meski bukan dari penutur asli.

Kamera 8 MP pada Samsung Galaxy S3 memang masih belum setara dengan kamera serupa pada iPhone 4s maupun HTC One X, namun demikian kualitas foto yang dihasilkan sangat mendekati kedua rivalnya itu.

Pada sisi lain Samsung Galaxy S III mampu mengungguli iPhone 4s maupun HTC One X dalam hal performa baterai yang sanggup bertahan selama dua hari dengan penggunaan normal.

Harga Samsung Galaxy S3

Perbandingan Harga Samsung Galaxy S3
Samsung Galaxy S3 Biru Samsung Galaxy S3 Putih
Harga Samsung Galaxy S3 Harga Samsung Galaxy S3
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Sisi paling menarik untuk kondisi saat ini tentu saja adalah harga Samsung Galaxy S3 yang banderolnya sudah terbilang sangat murah untuk ponsel sekelasnya. Saat ulasan ini dibuat harga Samsung Galaxy S3 ada di kisaran Rp 4 juta-an, bahkan di beberapa online store terpercaya harganya bisa lebih murah beberapa ratus ribu rupiah lagi.

Dengan mempertimbangkan bahwa perbedaannya dengan Samsung Galaxy S4 tidak terlalu signifikan kecuali pada fitur-fitur gimmick yang bagi sebagian besar konsumen hampir tak pernah digunakan, peningkatan pada layar dan kamera maka terlalu sayang rasanya melewatkan tawaran harga Samsung Galaxy S3 saat ini.