on

Perbandingan Samsung Galaxy Alpha vs. Sony Xperia Z3 Compact

Samsung Galaxy Alpha vs. Sony Xperia Z3 Compact merupakan dua dari sedikit HP Android kelas high-end yang masih mempertahankan dimensi kompak. Kecenderungan smartphone masa kini yang mengusung layar lebar memang disukai oleh konsumen utamanya wanita, namun bagi mayoritas konsumen pria fenomena ini dirasa tidak menguntungkan karena mengurangi kepraktisan. Beruntung beberapa pabrikan masih mencoba mendengar keinginan kelompok konsumen pria yang menghendaki smartphone berdimensi kompak antara lain Samsung Galaxy Alpha dan Sony Xperia Z3 Compact.

Samsung Galaxy Alpha vs. Sony Xperia Z3 Compact boleh dibilang merupakan pertarungan paling sengit di kategori smartphone Android kelas high-end dengan dimensi kompak. Meski Samsung masijh memiliki Samsung Galaxy S5 Mini namun mengingat spesifikasinya yang sudah di-downgrade dari Samsung Galaxy S5 standar maka tak layak memperbandingkannya dengan Sony Xperia Z3 Compact. Karena itu jika rasanya lebih tepat jika sorotan persaingan HP Android kompak kelas high-end ditujukan pada rivalitas antara Samsung Galaxy Alpha vs. Sony Xperia Z3 Compact.

Perbandingan Samsung Galaxy Alpha vs. Sony Xperia Z3 Compact


Perbandingan Dimensi Samsung Galaxy Alpha vs. Sony Xperia Z3 Compact

Sony Xperia Z3 Compact merupakan turunan langsung dari Sony Xperia Z3 berlayar lebar, pasalnya dari segi fitur maupun spesifikasi keduanya sangat identik. Sedangkan lewat Samsung Galaxy Alpha pabrikan asal Korea tampaknya sedang melakukan uji coba pasar terhadap cikal bakal Samsung Galaxy S6. Karenanya meski dalam beberapa hal ditemukan kemiripan antara Samsung Galaxy Alpha dengan Samsung Galaxy S5 namun dalam beberapa hal lainnya tampak saling berbeda antara keduanya.

Bicara soal dimensi Sony Xperia Z3 Compact sedikit lebih tebal dan lebih berat jika dibanding Samsung Galaxy Alpha. Pada satu sisi, layar milik Sony Xperia Z3 Compact lebih menonjol dan nyaman dioperasikan dibanding Samsung Galaxy Alpha. Namun pada sisi lain bagian casing belakang yang terbut dari serat kaca meski memberi kesan elegan sayangnya pada saat yang sama juga terasa licin. Sedangkan Samsung Galaxy Alpha yang menggunakan perpaduan polycarbonate pada bagian belakang dan metal di bagian tepi terasa lebih nyaman digenggam sekaligus tidak terasa licin.

Meski demikian baik Samsung Galaxy Alpha maupun Sony Xperia Z3 Compact sudah pasti bakal memenuhi harapan kaum pria yang menghendaki kepraktisan. Pasalnya selain dimensinya memungkinkan masuk ke dalam saku juga bisa dioperasikan hanya dengan satu tangan. Kesan solid serta premium mampu ditampilkan oleh kedua smartphon Android di kelas high-end ini.

Perbandingan Samsung Galaxy Alpha vs. Sony Xperia Z3 Compact

Perbandingan Performa Samsung Galaxy Alpha vs. Sony Xperia Z3 Compact

Sony Xperia Z3 Compact unggul pada sektor layar berkat layar IPS Triluminos yang mampu menghasilkan komposisi warna lebih baik sekaligus lebih cerah jika dibanding layar Super AMOLED pada Samsung Galaxy Alpha. Sayangnya layar IPS Triluminos ini memiliki sudut pandang yang terbatas jika dibandingkan Super AMOLED. Dan layar Super AMOLED sendiri meski unggul dalam reproduksi warna hitam dan sudut pandang luas namun warna lain cenderung oversaturated. Di atas kertas, tingkat resolusi layar keduanya berimbang. Hanya saja ada keunggulan lain dari Samsung Galaxy Alpha yaitu sudah dilindungi dengan lapisan Gorilla Glass 4 yang lebih tipis dan lebih kuat, sementara kompetitornya masih menggunakan Gorilla Glass 3

Performa kecepatan Samsung Galaxy Alpha dipercayakan pada Exynos 5260, sementara Sony Xperia Z3 Compact memercayakan pada Snapdragon 801. Pada pengujian (benchmark) keduanya menampilkan point yang berimbang.

Namun performa yang didasarkan pada perolehan point pada hasil benchmark pada dasarnya lebih bersifat teoritis. Pada prakteknya perbedaan hal-hal tertentu seperti tampilan antar muka dan sistem operasi bisa menghasilkan pengalaman yang berbeda. Untuk sistem operasi keduanya sama-sama menggunakan Android KitKat.

Menyebut mana yang lebih cepat antara Samsung Galaxy Alpha vs. Sony Xperia Z3 Compact tidaklah mudah. Dalam keseharian, keduanya sama-sama menunjukkan performa yang baik termasuk menjalankan aplikasi kompleks. Gejala lag yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S5 kala menjalankan aplikasi berat pun ternyata tidak diturunkan pada Samsung Galaxy Alpha yang menggunakan prosesor octa-core.

Perbandingan Kamera Samsung Galaxy Alpha vs. Sony Xperia Z3 Compact

Perbandingan Samsung Galaxy Alpha vs. Sony Xperia Z3 Compact

Sony Mobile menempatkan kamera utama milik Sony Xperia Z3 dengan sensor lebar dan resolusi 20.7 MP pada casing kompak milik Sony Xperia Z3 Compact. Sedangkan Samsung Mobile pilih menggunakan kamera 12 MP untuk Samsung Galaxy Alpha dan bukannya menggunakan kamera milik Samsung Galaxy S5.
Dari sisi hardware Sony Xperia Z3 Compact unggul bukan hanya berkat resolusi yang lebih tinggi namun juga dari sisi teknologi. Sayangnya sama seperti kasus pada Sony Xperia Z3 layar lebar keunggulan hardware ini tak didukung oleh software yang mampu mengimbangi. Di pihak lain meski kalah dari sisi hardware namun software bawaan Samsung Galaxy Alpha mampu mengkompensasi kekurangannya. Kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera Sony Xperia Z3 Compact memang sedikit lebih baik dibanding Samsung Galaxy Alpha, namun perbedaannya sangat tipis.

Pilih Samsung Galaxy Alpha vs. Sony Xperia Z3 Compact

Perbandingan Harga Sony Xperia Z3 Compact dan Samsung Galaxy Alpha
Samsung Galaxy Alpha Sony Xperia Z3 Compact
Harga Samsung Galaxy Alpha Harga Sony Xperia Z3 Compact
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Dari beberapa perbandingan Samsung Galaxy Alpha vs. Sony Xperia Z3 Compact di atas bisa dilihat bahwa secara keseluruhan Sony Xperia Z3 Compact lebih lengkap sebagai paket keseluruhan dibandingkan Samsung Galaxy Alpha. Namun demikian pada sisi lain fakta bahwa baterai Samsung Galaxy Alpha bisa diganti mungkin akan membuat calon konsumen lebih cenderung mempertimbangkannya.

Manapun yang Anda pilih kedua-duanya sama-sama layak ditebus sesuai banderol masing-masing. Dari sis performa kecepatan, desain serta fitur rasa-rasanya dua smarpthone Android kelas high-end tersebut adalah yang terbaik di kelasnya saat ini.