on

Spesifikasi dan Harga Terbaru Samsung Galaxy A5

Samsung Galaxy A5 akhirnya resmi diperkenalkan oleh pabrikan asal Korea bersamaan dengan rilis resmi Samsung Galaxy Alpha di beberapa negara baru-baru ini. Bersamaan dengan itu pihak pabrikan juga memperkenalkan keluarga Samsung Galaxy A lainnya yaitu Samsung Galaxy A3. Kedua produk pertama di jajaran seri Samsung Galaxy A tersebut akan hadir dengan casing unibody berbahan aluminium sama halnya dengan Samsung Galaxy Alpha dan Samsung Galaxy Note 4 yang lebih dulu mengadopsi material ini.

Samsung Galaxy A5 memiliki banyak kesamaan desain dengan Samsung Galaxy Alpha kecuali dimensinya yang tentu saja lebih kompak. Tak hanya itu tampilannya berkesan lebih ramping sekaligus berkelas jika dibandingkan produk HP Android Samsung Galaxy di kelas mid-end yang sudah ada selama ini. Keputusan Samsung Mobile untuk menggunakan desain unibody berikut material aluminium secara signifikan mampu meningkatkan impresi positif untuk Samsung Galaxy A5.

Harga Samsung Galaxy A5


Spesifikasi Samsung Galaxy A5

NETWORK
2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G Network HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
4G Network LTE 850 / 1800 / 2100
announced 2014, October
Release Date Coming soon. Exp. release 2014, November
SIZE
Dimension 139.3 x 69.7 x 6.7 mm (5.48 x 2.74 x 0.26 in)
Weight 123 g (4.34 oz)
DISPLAY
Type Super Amoled capacitive touchscreen, 16M colors
Size 720 x 1280 pixels, 5 inches, 294 ppi pixel density
SOUND
Alert Type Vibration, MP3, WAV ringtones
Speakerphone Yes
MEMORY
Storage 16GB Storage, 2GB RAM, microSD, up to 64 GB
DATA
GPRS Yes
EDGE Yes
Speed HSDPA, 42.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps; LTE, Cat4, 50 Mbps UL, 150 Mbps DL
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot
BlueTooth V4.0 with A2DP
USB MicroUSB v2.0
CAMERA
Primary 13 MP 4160 x 3120 pixels, Autofocus, Led flash
Video Yes, 720p@30fps
Secondary Yes 5 MP
FEATURES
Operating System (OS) Android OS, v 4.4.2 (KitKat)
Processor Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM, RSS
Browser HTML
Radio FM radio
Games Yes
Colors Pearl White, Midnight Black, Platinum Silver, Soft Pink, Light Blue, Champagne Gold
GPS Yes, with A-GPS support and GLONASS
BATTERY
Battery Non-removable Li-Ion 2300 mAh battery

Oleh karena casing bagian belakang Samsung Galaxy A5 bukan tipe removable maka kompartemen untuk meletakkan kartu SIM dan keping microSD diletakkan pada bagian samping kanan. Khusus untuk beberapa negara dimana konsumen mengapresiasi smartphone dengan dual SIM pihak pabrikan juga menyediakan opsi Samsung Galaxy A5 Dual SIM Card. Meski tampilannya premium namun tetap harus diingat bahwa Samsung Galaxy A5 adalah HP Android kelas mid-end, karena itu beberapa fitur unggulan yang ada pada Samsung Galaxy Alpha dan Samsung Galaxy S5 seperti detektor detak jantung dan pemindai sidik jari tak ditemukan pada Samsung Galaxy A5.

Lagi-lagi menilik spesifikasi Samsung Galaxy A5 orang akan kembali menyadari bahwa meski desainnya identik dengan ponsel model flagship namun spesifikasi yang diusungnya menunjukkan identitas sejatinya sebagai ponsel kelas menengah. Samsung Mobile sendiri mentargetkan kelompok usia muda sebagai pangsa pasar utama dari Samsung Galaxy A.

Samsung Galaxy A5 Sudah Dijual

Mendukung positioning Samsung Galaxy A5 sebagai ponsel kawula muda maka pihak pabrikan memberi perhatian lebih pada kualitas audio-nya. Salah satunya adalah fitur yang otomatis meningkatkan volume ketika sensornya mendeteksi suara lain yang berasal dari luar. Selain itu masih ada pula fitur WiseVoice yang berfungsi menjaga volume suara yang sampai ke telinga penggunanya tetap konstan meski posisi handset-nya sendiri berubah ataupun menjauh dari telinga. Kedua fitur ini tak hanya tersedia pada Samsung Galaxy A5 namun juga pada Samsung Galaxy A3 yang lebih murah.

Sistem operasi Android 4.4 KitKat bersama dengan tampilan antar muka TouchWiz menjadi standar bagi semua produk Samsung Galaxy A saat dirilis. Namun berbeda dengan HP Android Samsung Galaxy seri lainnya, pada jajaran seri A Samsung meletakkan tombol suara yang unik dan tak dimiliki oleh seri lain,

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A5

Penempatan dua kamera yang dirancan khusus untuk mendukung aktivitas selfie pada bagian depan dan belakang makin memperkuat positioning Samsung Galaxy A5 sebagai ponsel anak muda. Pada bagian belakang Samsung Galaxy A5 terdapat kamera 13 MP dengan fitur yang sama persis dengan Samsung Galaxy Note 4. Sementara pada bagian depan terdapat kamera 5 MP dengan lensa wide-angles yang mampu mengakomodir pengambilan foto beberapa orang sekaligus dalam sebuah kelompok/barisan.

Jika diinginkan pengguna juga bisa membuat foto animasi dengan resolusi 640 x 480 pixels yang kualitasnya cukup baik. Meski foto animasi dalam format GIF ini bisa dibagikan lewat MMS, WA dan sejenisnya namun sayangnya belum jelas apakah nantinya bisa diunggah ke media sosial.

Spesifikasi Samsung Galaxy A5

Harga Samsung Galaxy A5

Harga Samsung Galaxy A3 dan Samsung Galaxy A5
Samsung Galaxy A3 Samsung Galaxy A5
Harga Samsung Galaxy A3 Harga Samsung Galaxy A5
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Harga Samsung Galaxy A5 yang mulai dirilis di Cina dan akan berlanjut ke beberapa negara Asia lainnya ini dibanderol $430 (CNY 2599). Saat ulasan Samsung Galaxy A5 ini dibuat unitnya sudah resmi tercantum di situs resmi Samsung Mobile di negara tersebut berikut spesifikasi dan harga namun belum tersedia tombol untuk membeli. Sedangkan Samsung Galaxy A3 sampai saat ini masih belum di-listing pada situs tersebut. Di kelas yang sama Samsung Galaxy A5 bakal mendapat tantangan serius dari smartphone Xiaomi Mi3 dan smartphone Asus Zenfone 5, meski dari sejarahnya selama ini Samsung cenderung lebih berani mematok harga lebih tinggi dibanding merek lain.

Sumber spesifikasi dan harga Samsung Galaxy A5