on

Pilih OnePlus One atau Samsung Galaxy S5? Perbandingan Smartphone Android High-end

OnePlus One menjadi salah satu alternatif diantara smartphone Android kelas high-end bersama merek-merek mapan seperti Samsung Galaxy S5. Meski bermain di segmen yang sama namun banderol harga OnePlus One dan Samsung Galaxy S5 berselisih cukup banyak. Sebenarnya sudah cukup layakkah flagship model keluaran OnePlus tersebut disejajarkan dengan flagship model keluaran produsen mapan seperti Samsung?

Perbandingan OnePlus One dan Samsung Galaxy S5 sendiri menjadi menarik setelah salah satu produsen smartphone asal Cina yang sedang naik daun tersebut memutuskan menjual OnePlus One di Indonesia secara resmi baru-baru ini. Konsumen di tanah air tentu semakin serius mempertimbangkannya sebagai kandidat mengingat selisih harga yang lebih dari Rp 1 juta jika dibandingkan Samsung Galaxy S5. Namun dibalik selisih harga tersebut tentu timbul pertanyaan apakah memilih OnePlus One dibanding Samsung Galaxy S5 memang merupakan pilihan bijak dan ekonomis? Jawabnya bisa Anda temukan lewat perbandingan OnePlus One vs. Samsung Galaxy S5 berikut ini:

Perbandingan OnePlus One dan Samsung Galaxy S5


Pilih OnePlus One atau Samsung Galaxy S5? - Perbandingan Desain dan Spesifikasi

Perbandingan antara OnePlus One vs. Samsung Galaxy S5 dalam hal desain tentu pada akhirnya kembali ke soal selera. OnePlus One yang mendapat julukan sebagai ”flasghip killer” tersebut hadir dengan desain yang cenderung mengkotak sehingga memberikan kesan layarnya lebih lebar. Sementara di sisi lain Samsung Galaxy S5 sama halnya dengan desain ponsel Android Samsung Galaxy yang muncul sejak tiga tahun belakangan ini tepinya tampak lebih mengkurva.

Dari sisi material yang digunakan keduanya juga menganut pendekatan yang berbeda. OnePlus One cukup inovatif dengan menggunakan casing magnesium yang kuat sekaligus ringan. Sedangkan Samsung Galaxy S5 meski menggunakan kombinasi plastik dan faux leather namun sertifikasi IP-67 membuktikan bahwa kekuatannya terutama dalam menahan debu serta air jelas lebih handal.

Di bagian belakang OnePlus One lagi-lagi tampak menarik karena casing bagian belakangnya bisa dilepas dan diganti. Pihak produsen sendiri menyediakan beberapa alternatif kontur pilihan menarik seperti kevlar, bambu maupun denim. Namun sayangnya meski bagian belakang ini bisa diganti baterainya sendiri merupakan baterai non-removable. Standarnya sendiri OnePlus menyediakan casing belakang dengan kontur mirip amplas yang bukan saja unik namun juga nyaman digenggam serta tidak mudah kotor.

Sedangkan pada Samsung Galaxy S5 meski kontur faux leather mulai terasa membosankan namun pada sisi lain baterai yang digunakan merupakan tipe removable. Dan harus diakui bahwa sebagian besar calon konsumen cenderung merasa aman dengan baterai yang bisa diganti ketimbang menghadapi potensi handsetnya tidak mampu lagi berfungsi bersamaan dengan tidak berfungsinya baterai yang menghidupinya. Selain itu casing faux-leather juga terasa sedikit lebih nyaman digenggam.

Pilih OnePlus One atau Samsung Galaxy S5?

Untuk layarnya sendiri di atas kertas memang layar OnePlus One sedikit lebih besar dibandingkan Samsung Galaxy S5, hanya saja karena ukuran bezel Galaxy S5 lebih tebal maka dimensi keduanya cukup berimbang satu sama lain.
Sedangkan dari sisi kualitas layarnya sendiri Samsung Galaxy S5 dengan layar Super AMOLED mampu menampilkan gambar serta warna yang lebih tajam dan lebih hidup jika dibandingkan layar LTPS milik OnePlus One. Memang saturasi warna layar Super AMOLED terkadang terasa berlebihan yang memberi kesan kurang natural, namun dengan sedikit pengaturan maka kendala ini bisa teratasi.

Pada sisi lain kualitas layar OnePlus One sendiri juga tidak kalah jauh dibanding Super AMOLED milik Samsung. Pasalnya dengan nilai kerapatan warna yang seimbang yaitu di atas 400 ppi ukuran layar yang sedikit lebih lebar memberi pengalaman lebih baik ketika menyaksikan klip atau memainkan game.

Perbandingan Kualitas Layar OnePlus One vs. Samsung Galaxy S5

OnePlus OneSamsung Galaxy S5
Display5.5-inch LTPS IPS with TOL display, 1080p (1920 x 1080), 401 ppi. 5.1-inch Super AMOLED, 1080p (1920 x 1080), 432 ppi
Processor2.5 GHz quad-core Snapdragon 801

Adreno 330
2.5 GHz quad-core Snapdragon 801

Adreno 330
RAM3 GB2 GB
Storage16/64 GB, no expansion16/32 GB, expandable
Camera13 MP rear LED flash, Sony Exmor RS sensor, 6p lens, f 2.0, 4K, HDR

5MP front, f 2.0, 80 degrees field of view
16 MP ISOCELL sensor, LED flash

2.1 MP front
Battery3,100 mAh2,800 mAh
ConnectivityGPS, GLONASS, microUSB 2.0, Wi-Fi a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.1, NFCGPS, GLONASS, microUSB 3.0, Wi-Fi a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.0 LE
NetworksGSM/WCDMA/FDD-LTE/TD-LTE3G, LTE Cat. 3 2X2 MIMO
SoftwareCyanogenMod 11S based on Android 4.4 KitkatAndroid 4.4 Kitkat
Dimensions152.9 x 75.9 x 8.9 mm

162 grams
142 x 72.5 x 8.1 mm,

145 grams

Perbandingan spesifikasi OnePlus One vs. Samsung Galaxy S5 di atas kertas menempatkan OnePlus sedikit unggul berkat kapasitas RAM yang 1 GB lebih besar dibandingkan Samsung. Namun spesifikasi di atas kertas tidak selalu mencerminkan performa sebenarnya di lapangan karena ada faktor lain. Salah satunya efisiensi perangkat lunak smartphone yang bersangkutan dalam menggunakan sumber daya yang ada.

Di sisi perangkat lunak OnePlus One menggunakan ROM besutan pihak ketiga yaitu CyanogenMod 11S yang popularitasnya makin menguat belakangan ini. Sedangkan Galaxy S5 seperti biasa mengandalkan tampilan antar muka TouchWiz yang bukan merupakan selera setiap orang karena dianggap terlalu berlebihan dan boros sumber daya. Namun pada versi terbarunya ini Samsung tampak telah melakukan penyempurnaan yang signifikan untuk memperbaiki performa tampilan antar muka TouchWiz.

Performa keduanya cukup berimbang karena itu dalam hal perangkat lunak hanya masalah selera yang menjadi penentunya. Jika Anda adalah tipe pengguna yang suka mengutak-atik tampilan maka CyanogenMod 11S pada OnePlus One bakal terasa lebih ideal bagi Anda. Namun jika Anda tipikal konsumen yang puas dengan apa yang ditawarkan oleh produsen, menghargai animasi serta fitur yang kaya sudah pasti TouhWiz-lah yang bakal memenuhi ekspektasi tersebut.

Samsung Galaxy S5 seperti halnya flagship model keluaran Samsung yang sudah-sudah selalu unggul dalam hal fitur, sekalipun sebagian besar diantaranya tak lebih dari gimmick. Pada Galaxy S5 ini fitur unggulan yang masih langka ditemukan pada kompetitor sekelasnya adalah detektor detak jantung serta pemindai sidik jari. Penting atau tidaknya fitur-fitur tersebut tergantung pada persepsi dan penilaian masing-masing calon konsumen.

Performa baterai keduanya juga relatif berimbang meski Samsung Galaxy S5 diuntungkan oleh dukungan ultra-power saving yang mampu menghemat baterai cukup signifikan meski konsekuensinya adalah mengurangi kualitas layar serta mematikan beberapa fungsi yang dimiliki.

Perbandingan kualitas kamera utama Samsung Galaxy S5 vs. OnePlus One menempatkan Samsung kembali sebagai pemenang. Bukan saja karena sensor 16 MP di atas kertas lebih unggul dibanding kamera 13 MP milik OnePlus One, namun memang kualitas kamera Samsung Galaxy S5 adalah salah satu yang terbaik di antara smartphone masa kini. Predikat tersebut masih tetap bertahan, dan OnePlus One masih perlu kerja keras untuk bisa menyamai kualitas kamera Samsung Galaxy. Bahkan dalam mode otomatis (Auto) pun kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera Galaxy S5 90% masuk dalam kategori istimewa untuk ukuran sebuah kamera ponsel.

Pada sisi lain meski kualitas kamera OnePlus One tak sebaik Galaxy S5 namun untuk ponsel dengan harga kurang dari Rp 5 juta tetap tergolong superior. Untuk mengkompensasi hardware-nya yang tak sebaik flagship model lainnya maka pihak produsen pun menyertakan perangkat lunak yang interaktif, mudah dipahami dan secara digital cukup mampu mengkoreksi kelemahan yang dimiliki.

Perbandingan Kamera OnePlus One vs. Samsung Galaxy S5

Pilih OnePlus One atau Samsung Galaxy S5? – Perbandingan Harga dan Kesimpulan

Perbandingan Harga OnePlus One dan Samsung Galaxy S5
OnePlus One Samsung Galaxy S5
Harga OnePlus One Harga Samsung Galaxy S5
OnePlus One beli sekarang


Samsung bagaimanapun masih membuktikan diri sebagai salah satu produsen smartphone Android yang disegani. Pada perbandingan Samsung Galaxy S5 vs. OnePlus One terbukti bahwa Galaxy S5 masih unggul di beberapa sektor. Namun pada saat yang bersamaan OnePlus pun menunjukkan potensinya sebagai kuda hitam yang tak bisa dipandang sebelah mata. Memang di beberapa sektor seperti kualitas kamera serta fitur OnePlus One masih inferior dibanding Galaxy S5, namun jangan lupa bahwa dengan selisih harga lebih dari Rp 1 juta sudah pasti OnePlus perlu melakukan penghematan di beberapa bagian untuk menekan biaya produksi.

Untuk jawaban atas pertanyaan: “Pilih OnePlus One atau Samsung Galaxy S5?” sendiri kami pilih mengembalikan jawabnya pada masing-masing dari pembaca. Setelah melihat uraian keduanya di atas harapan kami lebih mudah bagi Anda calon konsumen untuk menentukan pilihan.