on

Pilih Samsung Galaxy A7 atau iPhone 6 Plus?

Samsung Galaxy A7 dan iPhone 6 Plus adalah dua phablet Android kelas high-end yang populer saat ini. Memang dari pihak Samsung sendiri masih adalah Samsung Galaxy Note 4, namun berhubung Galaxy Note 4 tak bisa dipisahkan dari S-Pen maka rasanya lebih fair jika membandingkan iPhone 6 Plus dengan Samsung Galaxy A7. Samsung Galaxy A7 sendiri hadir dengan ukuran layar yang sama dengan iPhone 6 Plus yaitu 5.5 inch.

Perbandingan Samsung Galaxy A7 dan iPhone 6 Plus kali ini perlu dipahami sebatas ulasan dan informasi seputar Samsung Galaxy A7 yang ada sampai tulisan ini dibuat. Pasalnya sampai saat ini Samsung Galaxy A7 sendiri belum resmi masuk di Indonesia. Sementara di sisi lain iPhone 6 Plus sudah beredar selama beberapa bulan di Indonesia sehingga pengetahuan terhadapnya lebih akurat. Artikel berikut hendak membantu Anda menentukan pilihan antara Samsung Galaxy A7 atau iPhone 6 Plus.

Pilih Samsung Galaxy A7 atau iPhone 6 Plus?


Pilih Samsung Galaxy A7 atau iPhone 6 Plus? – Perbandingan Spesifikasi


Samsung Galaxy A7

Apple iPhone 6 Plus

Processor

Exynos 5430 octocore 32-bit

Apple A8 64-bit + M8 co-processor

Graphics processor

Mali T628 MP6

PowerVR GX6450

Operating System

Android 4.4 KitKat

iOS 8

Screen

5.5in full-HD (1920x1080, 401ppi) sAMOLED

5.5in full-HD (1920x1080, 401ppi)

Storage

16GB

16/64/128GB

RAM

2GB

1GB

Back camera

13Mp with LED flash, 1080p video recording

8Mp with OIS+ and dual-tone LED flash. 1080p, 240fps video recording

Front camera

5Mp

1.2Mp

Cellular

4G/LTE/HSPA+

4G/LTE/HSPA+

SIM

Not stated

nano

Wi-Fi

802.11a/b/g/n (2.4/5GHz dual band)

802.11a/b/g/n/ac (2.4/5GHz dual band)

Bluetooth

4.0

4.1

NFC

Yes

Yes

GPS

A-GPS

A-GPS

Video output

Not stated

HDMI via adaptor, or AirPlay

Battery

2600mAh non-removable

mAh non-removable

Colours

Pearl White, Midnight Black, Champagne Gold

Silver, Gold, Space Grey

Dimensions

151 x 76.2 x 6.3 mm

158.1 x 77.8 x 7.1mm

Weight

141g

172g

Sama halnya dengan keluarga Galaxy seri A lainnya, satu hal paling mencolok dari Samsung Galaxy A7 adalah desain yang elegan serta premium. Tak bisa dipungkiri pula bahwa dari sisi desain Samsung Galaxy A7 banyak meniru desain iPhone. Namun jika diletakkan bersebelahan secara langsung antara Samsung Galaxy A7 dan iPhone 6 Plus keduanya tidak terlalu identik, sebab Galaxy A7 lebih tepat disebut sebagai iPhone 5 yang dimensinya diperbesar.

Di bagian belakang Samsung Galaxy A7 pun tidak menunjukkan banyak kesamaan dengan seri Samsung Galaxy lainnya kecuali kontur faux leather. Penempatan kamera, LED flash serta speaker di bagian belakang pada Samsung Galaxy seri A memang unik dibandingkan Samsung Galaxy lainnya.
Dari sisi dimensi Samsung Galaxy A7 terasa lebih ramping sekaligus ringan jika dibandingkan iPhone 6 Plus.

Sementara itu untuk perbandingan layar Samsung Galaxy A7 vs. iPhone 6 Plus meskipun di atas kertas keduanya tampak berimbang dari segi ukuran, resolusi maupun kerapatan warna namun kualitas keduanya tidak sama satu sama lain. iPhone mengandalkan layar tipe IPS LCD, sementara Samsung Galaxy seperti biasa mengandalkan Super AMOLED.

Pada satu sisi gambar yang ditampilkan oleh Super AMOLED lebih terasa nyata karena layar tipe tersebut menggunakan lapisan yang lebih tipis. Selain itu keunggulan Super AMOLED bisa dilihat dari sisi efisiensi sumber daya yang dibutuhkan serta refleksi yang minim sehingga bekerja lebih baik ketika digunakan di luar ruangan.

Namun demikian dalam hal saturasi warna sampai saat ini Super AMOLED masih belum mampu mengimbangi layar IPS LCD. Karena itu jika Anda cenderung menyukai layar dengan warna tajam sekaligus natural sudah barang tentu iPhone 6 Plus lebih mampu mengakomodir selera tersebut.

Layar IPS LCD yang digunakan oleh iPhone 6 Plus sendiri memiliki karakter dan kualitas yang berbeda dengan IPS LCD pada smartphone lain. Rasion kontras yang tinggi adalah salah satu pembeda, bahkan jika dibandingkan layar iPhone 5s pun tampak ada peningkatan signifikan di sektor kualitas layar iPhone 6 Plus.

Sama halnya dengan Samsung Galaxy Alpha, Samsung Galaxy A7 pun menggunakan prosesor Exynos 5430 32 bit, meski untuk beberapa pasar tertentu tersedia pula versi dengan Snapdragon 615 64 bit. Belum jelas versi mana yang nantinya akan masuk ke Indonesia. Namun jika versi Exynos yang akhirnya beredar di Indonesia maka sudah jelas iPhone 6 Plus yang menggunakan prosesor A8 64 bit lebih unggul dibanding Galaxy A7.

Sementara di sektor media penyimpanan Samsung Galaxy A7 unggul di sisi media penyimpanan eksternal karena hingga saat ini iPhone masih belum bersedia memberikan dukungan memori eksternal. Meski demikian dari sisi memori internal iPhone 6 Plus menyediakan lebih banyak opsi dibanding Samsung Galaxy A7 yang hanya tersedia dengan kapasitas 16 GB saja.

Untuk perbandingan kamera Samsung Galaxy A7 vs. iPhone 6 Plus memang di atas kertas Galaxy A7 tampak unggul dengan sensor 13 MP dimana iPhone 6 Plus hanya 8 MP. Namun seperti sudah berulang kali disinggung bahwa nilai MP pada kamera sama sekali bukan satu-satunya patokan penentu kualitas sebuah kamera. Dan faktanya siapapun tahu bahwa kualitas kamera iPhone selama ini masih salah satu yang terbaik lebih-lebih jika dibandingkan kamera milik smartphone berbasis Android.

Namun bagi mereka yang gemar melakukan foto selfie rasa-rasanya Samsung Galaxy A7 bakal lebih mampu mengakomodir ekspektasinya karena kamera depan HP Samsung Galaxy terbaru tersebut menggunakan sensor 5 MP sementara iPhone 6 Plus hanya menawarkan kamera 1.2 MP yang memang tidak dirancang untuk selfie.

Pilih Samsung Galaxy A7 atau iPhone 6 Plus? – Kesimpulan

Cek Harga Samsung Galaxy A7 dan iPhone 6 Plus
Samsung Galaxy A7 iPhone 6 Plus
Harga Samsung Galaxy A7 Harga iPhone 6 Plus
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Pada perbandingan Samsung Galaxy A7 vs. iPhone 6 Plus kali ini kami merasa masih terlalu dini untuk membuat kesimpulan. Sebab semua pemahaman seputar Samsung Galaxy A7 masih sebatas teoritis, karena itu kesimpulan baru bisa diambil ketika Samsung Galaxy A7 sudah masuk Indonesia nantinya.