on

Perbandingan OnePlus One vs. LG Nexus 5: Pertarungan Duo Flasghip Killer

OnePlus One dan LG Nexus 5 sama-sama layak disebut sebagai “flagship killer”, pasalnya dengan harga yang relatif lebih murah dibanding umumnya flagship model merek mapan namun dari spesifikasi keduanya tidak jauh berbeda dengan sederetan ponsel yang umumnya dibanderol di atas Rp 6 juta itu. Melihat fakta tersebut maka cukup wajar jika calon konsumen yang sedang mencari smartphone Android dengan spesifikasi mumpuni namun dengan harga masuk akal akan mempertimbangkan keduanya sebagai alternatif utama.

Perbandingan OnePlus One dan LG Nexus 5 seperti biasa akan dilihat dari beberapa poin meliputi spesifikasi, desain dan build quality serta fitur-fitur penting di dalamnya terutama kualitas layar dan kualitas kamera. Tanpa berpanjang lebar, silakan simak perbandingan OnePlus One vs. LG Nexus 5 berikut:

Perbandingan OnePlus One vs. LG Nexus 5


Perbandingan Desain dan Spesifikasi OnePlus One vs. LG Nexus 5

LG Nexus 5 atau yang sebenarnya lebih tepat disebut sebagai Google Nexus 5 sesuai namanya menawarkan layar berukuran 4.95 inch yang pada spesifikasi resminya dibulatkan menjadi 5 inch. Layar IPS LCD ini memiliki resolusi 1290 x 1080 pixels dengan kepadatan warna mencapai 445 ppi.
Sedangkan ukuran layar OnePlus One sedikit lebih besar yaitu 5.5 inch. Namun demikian karena resolusi yang ditawarkan identik dengan resolusi Neuxs 5 maka konsekuensinya kepadatan warna layar OnePlus One hanya mencapai 401 ppi.

Perbedaan ukuran layar keduanya di atas kertas mungkin terasa tidak terlalu relevan. Namun jika Anda sering memainkan game atau memutar film dengan smartphone maka perbedaan tersebut bakal menjadi signifikan. Di atas kertas dengan kepadatan warna lebih rendah memang layar OnePlus One inferior dibanding G Nexus 5, namun pada prakteknya perbedaan tersebut nyaris tidak tersadari.

Pada poin perbandingan layar OnePlus One vs. LG Nexus 5 hal yang perlu menjadi catatan justru adalah reproduksi warna layar OnePlus One yang cenderung cold, namun dengan sedikit penyesuaian fenomena ini bisa diatasi secara efektif. Sementara untuk tingkat akurasi warnanya sendiri kedua ponsel tersebut relatif imbang.

Pada poin perbandingan ini OnePlus One layak diunggulkan karena dengan kualitas serta akurasi warna seimbang ukuran layarnya sedikit lebih besar dibandingkan LG Nexus 5.

Perbandingan Harga OnePlus One vs. LG Nexus 5

Dari sisi desain serta build quality baik OnePlus One maupun LG Nexus 5 sama-sama masih mengandalkan casing dengan material plastik. Karenanya jika dibanding flagship model yang menggunakan casing metal seperti HTC One M8 bahkan ponsel kelas menengah Oppo R1C jelas kedua “flagship killer” tersebut menjadi tampak murahan. Bagaimanapun dengan harga yang jauh lebih murah kondisi ini tentunya wajar untuk dimaklumi.

Sebagai konsekuensi dari ukuran layar yang lebih besar maka dimensi OnePlus One menjadi sedikit lebih besar pula jika dibandingkan LG Nexus 5. One memiliki tinggi 153 mm, sedangkan Nexus 5 hanya 134 mm, tak heran jika mayoritas konsumen pria cenderung memilih Nexus 5 karena alasan dimensi yang kompak ini. Sedangkan dimensi OnePlus One relatif besar karena hampir setara dengan Samsung Galaxy Note 3.

Bobot LG Nexus 5 yang hanya 130 gram pun jika terasa lebih ringan dibandingkan OnePlus One yang mencapai 160 gram. Sementara untuk build quality keduanya berimbang. Karena itu untuk perbandingan dimensi LG Nexus 5 unggul atas OnePlus One.

Display4.96-inch IPS LCD, Full HD (1920 x 1080), 444 ppi5.5-inch LTPS IPS with TOL display, 1080p (1920 x 1080), 401 ppi.
ProcessorQualcomm Snapdragon 800 MSM8974, quad-core Krait 400 @ 2.3GHz, Adreno 330 GPUQualcomm Snapdragon 2.5 GHz quad-core Snapdragon 801, Adreno 330
RAM2GB3GB
Storage16GB/32GB, no expansion16GB/64GB, no expansion
Battery2300 mAh non-removable, wireless charging3100 mAh non-removable
Cameras8 MP rear, OIS, autofocus, LED flash, 1.3 MP front 13 MP rear LED flash, Sony Exmor RS sensor, 6p lens, f 2.0, 4K, HDRn 5MP front, f 2.0, 80 degrees field of view
NetworksLTE (2, 4, 5, 17, 25, 26, 41)n3G (850, 900, 1700, 1900, 2100)nGSM (850, 900, 1800, 1900)GSM/WCDMA/FDD-LTE/TD-LTE
ConnectivityNFC, A-GPS, GLONASS, microUSB, Wi-Fi a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.0 LEGPS, GLONASS, microUSB 2.0, Wi-Fi a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.1, NFC
OSAndroid 4.4 KitKatCyanogenMod 11S based on Android 4.4 Kitkat
Dimensions137.84 x69.17 x 8.59mm, 130g152.9 x 75.9 x 8.9 mmn162 grams
ColorsBlack/White/RedSilk White/Sandstone Black

Untuk perbandingan performa kecepatan OnePlus One yang hadir belakangan alias lebih baru kembali unggul atas LG Nexus 5 berkat chipset Qualcomm Snapdragon 801 dengan prosesor berkecepatan 2.5 GHz yang terintegrasi didukung oleh RAM berkapasitas 3 GB. LG Nexus 5 sendiri menggunakan generasi chipset satu generasi sebelumnya yaitu Snapdragon 800 yang prosesornya dipatok dengan laju maksimal 2.3 GHz didukung RAM 2 GB.

Di atas kertas jelas OnePlus One unggul atas LG Nexus 5, namun kecuali Anda menjalankan aplikasi berat dan melakukan multitasking secara intensif sebenarnya perbedaan keduanya tak terlalu dirasakan pada prakteknya. Namun tetap saja untuk poin perbandingan ini OnePlus One tampil sebagai pemenang.

Oleh karena umumnya mereka yang memilih HP Android seperti OnePlus One maupun Nexus 5 adalah mereka yang gemar melakukan kustomisasi dan personalisasi maka perbandingan software pada OnePlus One vs. LG Nexus 5 menjadi lebih relevan dibandingkan poin yang sama pada komparasi ponsel lain.
Sekalipun keduanya sama-sama menjalankan sistem operasi Android KitKat namun perbedaan tampilan antar muka bakal menjadi penentu pilihan konsumen atas salah satu diantara keduanya. Nexus 5 yang adalah representasi dari Google sudah pasti menawarkan pengalaman menggunakan sistem operasi Android secara otentik. Bagi golongan purist sudah pasti LG Nexus 5 dirasa memenuhi ekspektasi dibanding One.

Di lain pihak secara default OnePlus One pilih menggunakan CyanogenMod 11S yang tak lain adalah CM11 yang dirancang secara khusus untuk OnePlus One. ROM Cynagogen adalah salah satu yang paling populer diantara ROM lain. Dan karena versi ini dirancang khusus untuk OnePlus One maka ada beberapa keunggulan yang bisa didapat oleh pengguna baik dalam hal performa maupun kompabilitas. Namun demikian kemitraan antara Cynagogen dan OnePlus tampaknya tidak cukup langgeng, OnePlus sendiri sudah resmi mengumumkan bahwa selanjutnya mereka akan menggunakan ROM versi mereka sendiri yang dinamai “Oxygen”. Seperti apa tampilan, kelebihan, implementasi dan dampaknya bagi pemilik OnePlus One sendiri baru akan tercerahkan pada tengah pekan kedua bulan Februari nanti.

Perbandingan kamera OnePlus One vs. LG Nexus 5 juga kembali menempatkan HP Android buatan Cina itu unggul atas HP Android buatan Korea berkat kamera utama 13 MP dengan lensa f/2.0 serta LED flasg dibanding kamera 8 MP f/2.4 dan dual LED flash milik Nexus 5.

Perbandingan Kamera OnePlus One vs. LG Nexus 5

Keunggulan itu bukan hanya di atas kertas, pada prakteknya sensor yang lebih lebar serta resolusi lebih tinggi yang dimiliki kamera OnePlus One mampu mengambil foto lebih cepat dengan detil yang lebih baik dibandingkan kamera LG Nexus 5. Namun pada sisi lain saat mengambil gambar dalam kondisi minim cahaya peluang blurry lebih minim pada kamera LG Nexus 5 yang dilengkapi dengan Optical Image Stabilization. Memang OnePlus pun melengkapi kameranya dengan Image Stabilization, namun tak seperti Nexus yang menggunakan tipe Optical pada OnePlus One adalah Digital yang kinerjanya tak sebaik OIS.

Sedangkan dari sisi perangkat lunak pendukungnya lagi-lagi OnePlus One unggul telak atas Nexus 5. Karena itu secara keseluruhan smartphone keluaran OnePlus ini kembali memenangkan ronde kali ini.

Perbandingan Harga OnePlus One vs. LG Nexus 5 Serta Kesimpulan

Perbandingan Harga OnePlus One dan LG Nexus 5
OnePlus One LG Nexus 5
Harga OnePlus One Harga LG Nexus 5
OnePlus One beli sekarang


Harga OnePlus One yang resmi dijual di Indonesia secara eksklusif di Lazada beberapa waktu lalu dibanderol Rp 4,6 juta dengan kapasitas memori internal 64 GB. Sementara harga resmi LG Nexus 5 di Indonesia adalah Rp 4,3 juta dengan memori internal 32 GB meski beberapa retailer berani memasang harga hingga Rp 5,8 juta terutama untuk warna-warna yang banyak diminati calon konsumen.

Berdasar beberapa poin perbandingan OnePlus One vs. LG Nexus 5 di atas cukup adil menempatkan OnePlus One sebagai pemenang kecuali jika Anda memandang bahwa dimensi kompak adalah poin penting dalam mempertimbangkan sebuah smartphone. Kelemahan keduanya adalah ketersediaannya yang di Indonesia relatif sulit didapat dibanding merek lain.