on

Perbedaan Samsung Galaxy Note 3 dan Samsung Galaxy Note 4

Perbedaan Samsung Galaxy Note 3 dan Samsung Galaxy Note 4 masih tetap relevan untuk dibahas hingga saat ini. Meski Galaxy Note 3 sudah berusia lebih dari satu tahun saat ini, namun harganya masih relatif stabil dan hanya berselisih beberapa ratus ribu Rupiah dibanding Galaxy Note 4. Calon pembeli manapun pasti akan bertanya-tanya, mengapa bisa demikian?

Perbedaan Samsung Galaxy Note 3 dan Samsung Galaxy Note 4 yang hendak dibahas kali ini bertujuan membantu calon pembeli yang masih mempertimbangkan dua phablet keluaran Samsung tersebut. Tanpa memberikan pengantar panjang lebar silakan menyimak perbedaan Samsung Galaxy Note 3 dan Samsung Galaxy Note 4 berikut.

Perbedaan Samsung Galaxy Note 3 dan Samsung Galaxy Note 4

Perbedaan Desain Serta Spesifikasi Samsung Galaxy Note 3 dan Samsung Galaxy Note 4

Perbandingan Samsung Galaxy Note 3 vs. Samsung Galaxy Note 4 dari sisi dimensi tidaklah mencolok. Keduanya juga sama-sama mengusung layar dengan ukuran 5.7 inch serta dilengkapi oleh S-Pen.
Jika pada Galaxy Note 3 hanya tersedia pilihan warna hitam, putih dan merah muda (pink) maka pada Galaxy Note 4 muncul pilihan warna baru yaitu copper gold.

Perbandingan Samsung Galaxy Note 3 vs. Samsung Galaxy Note 4

Di sisi desain perbedaan utama antara Samsung Galaxy Note 3 dan Samsung Galaxy Note 4 terletak pada material bingkai dimana Note 4 sudah mengadopsi material logam yang sanggup memberikan kesan lebih premium.

Meski sama-sama menggunakan layar Super AMOLED berukuran 5.7 inch namun Galaxy Note 4 menawarkan resolusi yang lebih tinggi yaitu Quad HD setara dengan LG G3. Sedangkan Galaxy Note 3 yang diperkenalkan pada tahun 2013 kala itu masih menawarkan resolusi Full HD. Kepadatan warna Galaxy Note 4 mencapai 515 ppi, sementara pendahulunya hanya mencapai 386 ppi. Walau demikian kualitas layar Galaxy Note 3 pun sebenarnya juga sudah terbilang sangat baik.

Jika membandingkan performa kecepatan antara Samsung Galaxy Note 3 dan Galaxy Note 4 maka mudah ditebak bahwa Galaxy Note 3 yang masih mengandalkan perpaduan prosesor Quad-core 1.9 GHz Cortex-A15 & quad-core 1.3 GHz Cortex-A7 bukanlah tandingan bagi kombinasi Quad-core 1.3 GHz Cortex-A53 dan Quad-core 1.9 GHz Cortex-A57 pada Galaxy Note 4. Galaxy Note 3 masih tergolong smartphone dengan kecepatan istimewa untuk saat ini, namun Galaxy Note 4 jauh lebih cepat lagi.

Sementara itu untuk konektivitas serta dukungan jaringan keduanya masih berimbang dengan menawarkan dukungan jaringan 4G, 802.11a/b/g/n/ac Wi-Fi, Wi-Fi Direct, NFC, Bluetooth 4.0, GPS, DLNA, MHL, 3.5mm headset jack dan Micro-USB. Sedikit perbedaan yang bisa diketemukan adalah keberadaan fitur Download Booster pada Galaxy Note 4. Fitur ini pertama kali dimunculkan oleh Samsung Galaxy S5 yang fungsinya menggabungkan antara koneksi 4G dengan WiFi untuk mengoptimalkan kecepatan unduh.

Pada fitur kamera perbandingan Samsung Galaxy Note 3 dan Samsung Galaxy Note 4 kembali tampak signifikan karena bukan saja Galaxy Note menawarkan sensor 16 MP yang 3 MP lebih tinggi dibanding Galaxy Note 3 namun juga meng-upgrade LED flash-nya dari single menjadi dual. Keduanya sama-sama mampu menghasilkan kualitas foto yang superior, namun Galaxy Note 4 lagi-lagi lebih unggul dibanding Galaxy Note 3.

Perbandingan Samsung Galaxy Note 3 vs. Samsung Galaxy Note 4

Untuk menarik minat penggemar selfie maka kamera depan Galaxy Note pun menawarkan sensor 3.7 MP dengan lensa f1.9 serta mode Wide Selfie. Aktivitas selfie kala munculnya Galaxy Note 3 di tahun 2013 masih belum terlalu marak, sehingga kala itu produsennya hanya menempatkan kamera 2 MP untuk keperluan video calls.

Di sektor perangkat lunak saat ini baik Samsung Galaxy Note 3 maupun Samsung Galaxy Note 4 tinggal menunggu waktu sebelum mendapatkan update Android Lollipop. Keduanya juga sama-sama menggunakan tampilan antar muka ToucWiz sebagaimana halnya dengan seri Samsung Galaxy lainnya. Hanya saja penyempurnaan S Pen pada Galaxy Note 4 dengan 2048 level tekanan menjadikan penggunaannya lebih optimal dibanding Galaxy Note 3. Belum lagi tambahan beberapa fitur gimmick seperti S-Health dan pemindai sidik jari yang cukup menghibur.

Kesimpulan Perbandingan Samsung Galaxy Note 3 vs. Samsung Galaxy Note 4

Samsung Galaxy Note 3 Samsung Galaxy Note 4
Samsung Galaxy Note 3  Samsung Galaxy Note 4
beli-sekarang beli-sekarang
Gratis ongkos kirim dan bisa dibayar ditempat atau COD

Dari perbandingan Samsung Galaxy Note 3 vs. Samsung Galaxy Note 4 di atas jelaslah bahwa selisih harga beberapa ratus ribu jelas layak dibayarkan untuk menebus segala penyempurnaan dan kelebihan yang dimiliki Galaxy Note 4 dibanding pendahulunya. Kecuali harga Galaxy Note jatuh hingga di kisaran Rp 5 juta-an tampaknya untuk saat ini lebih masuk akal membeli Samsung Galaxy Note 4.