on

Perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. Sony Xperia Z3

Perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. Sony Xperia Z3 mungkin tak dirasa cukup adil mengingat Galaxy S6 baru dirilis beberapa pekan lalu sementara Xperia Z3 sudah berumur lebih kurang satu tahun. Namun mengingat bahwa Sony Mobile sendiri sampai tulisan ini dibuat masih merahasiakan spesifikasi resmi Sony Xperia Z4 maka membandingkan kedua model yang sudah ada di pasaran terasa lebih relevan dan masuk akal ketimbang mereka-reka.

Perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. Sony Xperia Z3 lebih terasa relevan lagi jika melihat fakta bahwa ada cukup banyak calon konsumen yang hendak membeli ponsel flagship untuk saat ini dan tidak hendak menunggu hingga saatnya Xperia Z4 dirilis. Karena kami masih memandang perbandingan keduanya cukup beralasan maka berikut kami hadirkan perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. Sony Xperia Z3.

Perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. Sony Xperia Z3


Perbandingan Desain dan Spesifikasi Samsung Galaxy S6 vs. Sony Xperia Z3

Dari sisi desain baik Samsung Galaxy S6 maupun Sony Xperia Z3 sama-sama mengandalkan perpaduan antara casing berbahan logam (aluminium) yang dilapis dengan serat kaca untuk menjadikannya bukan sekedar kuat namun juga elegan dari sisi estetika. Pada bagian sudut Samsung memilih menggunakan pendekatan yang lebih mengkurva sementara Sony menjadikannya bersudut tajam.

Kedua ponsel kelas flagship ini mengandalkan layar berukuran 5.1 inch dan sama-sama mennyediakan dukungan konektivitas berupa dual-band Wi-Fi, Bluetooth, GPS, NFC, active noise cancellation dan microUSB v2.0. Meski sampai titik ini keduanya tampak sama, namun kesamaan itu ternyata berhenti pada titik ini pula. Untuk melihat detil perbandingan spesifikasi Samsung Galaxy S6 vs. Sony Xperia Z3 silakan menyimak tabel di bawah ini:


Memang dari sisi desain Sony Xperia Z3 masih menggunakan bezelberukuran tebal yang mulai ditinggalkan oleh ponsel-ponsel kelas high-end keluaran tahun 2015 termasuk Samsung Galaxy S6. Meski demikian secara keseluruhan penampilannya masih terbilang sangat menarik serta tentu saja elegan sebagaimana umumnya HP Android seri Xperia selama ini.

Layar berukuran 5.2 inch dengan resolusi 1920 x 1080 pixels yang menghasilkan kepadatan warna 434 ppi memang tak tampak setajam layar dengan kepadatan 577 ppi pada Samsung Galaxy S6, namun demikian jika tak diperhatikan secara mendetail perbedaan ketajamannya tak jauh beda. Lebih-lebih karakteristik keduanya relatif berbeda karen Sony mengandalkan teknologi IPS sementara Samsung tetap mengandalkan Super AMOLED.

Kesenjangan Sony Xperia Z3 dibanding Samsung Galaxy S6 yang mencolok tentu saja terletak pada sektor performa. Xperia Z3 yang dirilis tahun lalu mengandalkan chipset Snapdragon 801 dengan prosesor quad-core berkecepatan maksimal 2.5 GHz yang terintegrasi serta didukung oleh RAM berkapasitas 3 GB. Meski di tahun lalu hampir semua ponsel di kelas ini mengandalkan spesifikasi setara namun menjadi terasa tertinggal ketika bandingannya adalah smartphone Android keluaran tahun ini. Lebih-lebih Samsung Galaxy S6 menggunakan chipset Exynos 7420 yang bukan saja lebih baik dalam efisiensi daya namun juga adalah yang tercepat hingga saat ini.

Jika mau disebut keunggulan kecil Sony Xperia Z3 atas Samsung Galaxy S6 di sektor spesifikasi adalah fakta bahwa Sony memberikan dukungan tambahan memori eksternal hingga kapasitas 128 GB dimana Samsung Galaxy S6 tidak memberikan dukungan serupa demi mempertahankan dimensi yang langsing.

Di sektor kamera keduanya cukup berimbang, sebab Sony Xperia Z3 dengan kamera utama 20.7 MP masih cukup mampu mengimbangi kamera utama Samsung Galaxy S6 yang didukung oleh teknologi ISOCELL. Keunggulan Samsung Galaxy S6 atas Sony Xperia Z3 pada poin ini terletak pada kamera depan dimana Sony Xperia Z3 masih mengandalkan kamera 2 MP sementara Galaxy S6 sudah menawarkan kamera sekunder 5 MP yang lagi-lagi juga kembali didukung oleh teknologi ISOCELL seperti halnya kamera utama di bagian belakang.

Namun tak selamanya pula Sony Xperia Z3 kalah dari Samsung Galaxy S6, satu hal yang paling mencolok adalah fakta bahwa casing Xperia Z3 sudah mengantongo sertifikasi IP65 dan IP68 yang membuktikan bahwa casingnya tahan terhadap debu maupun rembesan air tawar untuk kedalaman dan jangka waktu tertentu. Sebaliknya, meski sang pendahulunya memiliki fitur serupa namun justru fitur tersebut lenyap pada Samsung Galaxy S6.

Kesimpulan Perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. Sony Xperia Z3

Pada perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. Sony Xperia Z3 memang sekali lagi Samsung Galaxy S6 membuktikan diri layak dipilih sebagai pemenang sekalipun casingnya tidak mampu menahan debu maupun air tawar seperti Xperia Z3.

Perbandingan Harga Sony Xperia Z3 dan Samsung Galaxy S6
Sony Xperia Z3 Samsung Galaxy S6
Harga Sony Xperia Z3 Harga Samsung Galaxy S5
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Prosesor 64 bit serta DDR4 RAM pada Galaxy S6 jelas mampu memberikan kinerja yang lebih baik dibandingkan prosesor 32 bit serta DDR3 RAM yang masih menjadi andalan Sony Xperia Z3. Kapasitas serta performa baterai Galaxy S6 juga tak sebaik Sony Xperia Z3, hanya saja fakta bahwa baterai Galaxy S6 bisa diisi ulang hanya dalam waktu 10 menit untuk sanggup bertahan selama 4 jam rasa-rasanya mampu mengkompensasi kekurangannya.

Sony Xperia Z3 sendiri adalah salah satu ponsel Android terbaik pada masanya, namun karena perkembangan kompetitor yang begitu pesat maka tak mungkin lagi menempatkannya sebaga salah satu kandidat unggulan di tahun ini, itu sebabnya Sony tengah mempersiapak Xperia Z4 yang kabarnya akan resmi diperkenalkan dalam beberapa pekan kedepan.