on

Spesifikasi HP Android Acer Liquid Jade S: Pesaing Motorola Moto G

HP Android Acer Liquid Jade S meski sekilas tampilannya tampak berkelas namun sebenarnya pabrikan asal Taiwan tersebut merancangnya untuk bermain di segmen yang sama dengan Samsung Galaxy Mega 2. Bezel yang tipis berikut sudut-sudut yang tidak didesain tajam memang mampu mendongkrak penampilannya secara menyeluruh dibanding rival-rival sekelas.

Desain memang merupakan keunggulan utama dari HP Android Acer Liquid Jade S. Dimensi yang tergolong tipis serta bobot yang ringan membuatnya nyaman dioperasikan hanya dengan satu tangan, sebuah kelebihan yang umumnya dicari oleh konsumen pria. Ketipisannya membuat Acer Liquid Jade S terkesan lebih elegan dibanding Galaxy Mega 2 atau Lenovo Vibe X2.

Spesifikasi dan Harga HP Android Acer Liquid Jade S


Ulasan dan Spesifikasi Acer Liquid Jade S

Desainer Acer Liquid Jade S tampak bekerja keras dalam mengupayakan agar ponsel Android kelas menengah ini tampak menonjol kala disandingkan dengan kompetitor sekelasnya. Tak hanya dari sisi estetika saja, segi kepraktisan pun turut menjadi perhatian. Salah satunya bisa dilihat dari kompartemen SIM card dan memori card yang diletakkan di sisi kanan sehingga proses memasang atau melepas menjadi jauh lebih mudah dibanding ponsel lain yang meletakkannya di balik cover bagian belakang.

Pada bagian depan terpasang layar LCD berukuran 5 inch berteknologi IPS, dan sekalipun tingkat kecerahan (brightness)-nya bukan yang terbaik di kelasnya namun layar beresolusi 720 pixels ini relatif tajam dan didukung pula oleh viewing anglesyang luas khas layar berteknologi IPS. Ketajaman gambar serta reproduksi warna yang ditampilkan secara umum bisa dibilang setara dengan layar Galaxy Mega 2. Tak hanya itu, layar Acer Liquid Jade S ini pun relatif tidak mudah ternoda oleh jari tangan pengguna.

Harga HP Android Acer Liquid Jade S

Kapasitas media penyimpanan internal yang disediakan adalah 16 GB, namun jika diperlukan baik dalam rangka menambah kapasitas maupun alasan kepraktisan maka pengguna masih bisa menambahkan memori eksternal yang didukung hingga kapasitas 32 GB.

Tampilan antar muka yang mendampingi sistem operasi Android 4.4 KitKat pada ponsel Android keluaran Acer ini memang bukan yang paling baik dari sisi estetika dibanding kompetitornya, namun selain ringan tampilan antar muka ini juga sederhana dan mudah dipahami sekalipun oleh mereka yang belum pernah menggunakan smartphone Android atau pernah menggunakan ponsel keluaran Acer sebelumnya.

Malahan ada kelebihan tampilan antar muka milik Acer yang tak dimiliki oleh ponsel dari merek yang lebih mapan sekalipun, yaitu kemampuannya untuk menampilkan dua jendela (windows) aplikasi secara bersamaan. Misalnya aplikasi browser pada bagian atas dan map pada bagian bawah. Multitasking memang sudah menjadi hal lumrah, namun menampikan keduanya untuk bisa terlihat secara bersamaan masih menjadi fitur yang langka untuk saat ini.

HP Android Acer Liquid Jade S

Sisi negatifnya, Acer menyertakan cukup banyak bloatware yang mungkin bagi pebisnis dan profesional dianggap penting keberadaannya namun bagi pengguna pada umumnya nyaris takkan digunakan.
Namun demikian tidak kesemuanya tak berguna, salah satunya adalah AcerNav yang memungkinkan pengguna mengunduh peta untuk nantinya digunakan secara offline. Dan database peta ini bukan saja mencakup Taiwan yang adalah negara asal Acer namun juga negara-negara di kawasan Asia Tenggara dan bahkan Eropa. Database-nya sendiri diambil dan disediakan langsung oleh TomTom yang namanya tentu sudah tidak asing lagi bagi para pemilik dan pengendara kendaraan bermotor.

Performa kecepatannya sendiri merupakan tanggung jawab dari prosesor octa-core yang terintegrasi dengan chipset besutan MediaTek. Meski ada kalanya muncul jeda (lag) misalnya seperti saat mode Airplane diaktifkan dan muncul jeda beberapa detik sebelum semua setting disesuaikan namun di luar itu performa kesehariannya relatif baik. Bahkan beberapa games kompleks masih tetap bisa dijalankan dengan lancar.

Performa baterainya sendiri tidaklah istimewa namun termasuk rata-rata untuk ukuran sebuah ponsel kelas menengah. Kala digunakan untuk streaming video misalnya, ponsel ini masih sanggup bertahan selama lebih kurang lima jam. Justru kelemahan pada baterai ponsel Acer terbaru ini muncul kala melakukan pengisian ulang daya baterai. Untuk mencapai angka 100% dari kondisi di bawah 5% membutuhkan waktu lima jam.

Kelebihan lain dari ponsel Android Acer Liquid Jade S adalah kamera utama 13 MP yang kaya dengan fitur termasuk perintah suara. Keleluasaan setting yang ditawarkan pun cukup beragam. Bahkan jika Anda bukan termasuk pengguna yang suka mengatak-atik setting kamera maka mode auto-nya pun mampu menghasilkan kualitas foto yang memuaskan untuk ukuran sebuah ponsel kelas menengah. Mode macro yang menyertai ponsel ini mampu merekam detil dengan sangat baik.

Kualitas Kamera HP Android Acer Liquid Jade S

Sementara itu pada bagian depan Acer menempatkan kamera 5 MP yang dijamin bakal mampu mengakomodir ekspektasi para penggemar aktivitas foto selfie.

Kesimpulan Ulasan dan Harga Acer Liquid Jade S

Acer Liquid Jade S (Hitam) Acer Liquid Jade S (Putih)
Harga Acer Liquid Jade S (Hitam) Harga Acer Liquid Jade S
beli-sekarang beli-sekarang
Gratis ongkos kirim dan bisa dibayar ditempat atau COD

Jika harapan perusahaan asal Taiwan ini adalah menaklukan Samsung Galaxy Mega 2 di segmen kelas menengah lewat kualitas produk dan fitur yang kaya sudah pasti harapan tersebut mampu terwujud lewat Acer Liquid Jade S. Namun demikian mengingat kualitas produk bukan satu-satunya penentu kesuksesan di pasaran maka masih perlu dilihat mampu tidaknya Acer memberikan dukungan purna jual yang memadai. Harga Acer Liquid Jade S sendiri saat ini dibanderol Rp 3,8 juta-an.