on

Perbandingan Huawei P8 vs. ZTE Nubia Z9

Perbandingan Huawei P8 vs. ZTE Nubia Z9 menarik untuk dikaji karena kedua smartphone Android kelas high-end ini bukan saja berasal dari negara yang sama namun juga sama-sama mengusung desain elegan nyaris tanpa bezel di sisi kanan maupun kiri. Dua perusahaan ini pun juga sudah memiliki sejarah kompetisi sebelum masing-masing memutuskan masuk ke industri ponsel.

Jika memang Anda sedang mempertimbangkan smartphone Android kelas high-end dan dana yang dianggarkan cukup besar tak ada salahnya mempertimbangkan dan membandingkan Huawei P8 vs. ZTE Nubia Z9. Lebih-lebih kedua smartphone tersebut juga mengusung keunggulan uniknya masing-masing dan dibanderol lebih murah jika dibanding ponsel sekelas dari pabrikan ternama. Berikut adalah perbandingan Huawei P8 vs. ZTE Nubia Z9:

Perbandingan Huawei P8 vs. ZTE Nubia Z9


Perbandingan Desain dan Spesifikasi Huawei P8 vs. ZTE Nubia Z9

Pada impresi awal pun Huawei P8 dan ZTE Nubia Z9 bakal membuat orang terpesona karena nyaris tidak ada frame di sisi kanan dan kiri layar lebar yang diusungnya.

ZTE sendiri kala memperkenalkan desain frameless ini menyebut bahwa sejauh ini dalam sejarah ponsel ada tiga lompatan penting. Pertama adalah saat Nokia memperkenalkan QWERTY keyboard di era 90-an, kemudian yang kedua saat Apple pertama kalinya memperkenalkan smartphone berlayar sentuh dan yang ketiga yaitu sedang terjadi saat ini adalah 3D edge touch dimana ponsel semakin meminimalisir keberadaan physical buttons dan menjadikan layar sebagai pusat kendali tunggal.
Dengan latar belakang pemikiran itulah ZTE meningkatkan rasio ukuran layar : dimensi ponsel dengan meminimalisir ukuran bezel.

Meski menganut desain yang tampak tak jauh berbeda namun Huawei memiliki latar belakang pemikiran yang tidak sama dengan kompetitornya itu. Huawei sendiri menyebut bahwa desain P8 terinspirasi dari keinginan mereka mengkombinasikan unsur estetika dengan teknologi. Desain Huawei P8 menurut sang produsen merupakan terjemahan dari beauty with wisdom, innovation and elegance all rolled into one device.

Layar IPS berukuran 5.2 inch dengan resolusi Full HD pada ZTE Nubia Z9 menghasilkan kepadatan warna 424 ppi. Tampilan antar muka Nubia UI 3.0 tampak begitu menarik dinikmati pada layar berkualitas tinggi ini. Baik penggemar games maupun film sudah pasti bakal mendapatkan pengalaman optimal dalam melakukan kegemarannya itu.

Huawei P8 pun mengusung layar dengan ukuran, resolusi serta tingkat kepadatan warna setara dengan Nubia Z9. Namun tak berhenti sampai di situ, Huawei pun memberikan Corning Gorilla Glass untuk meminimalisir terjadiya goresan pada layar P8. Emotion UI 3.1 pun terasa optimal dinikmati dengan layar P8 ini.

Performa keduanya juga sama-sama memuaskan selama pengujian awal meski masing-masing menggunakan chipset berbeda.

ZTE mengandalkan chipset Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810 dengan prosesor Octa-core (Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2 GHz Cortex-A57) dan GPU Adreno 430 terintegrasi. Kapasitas RAM sebesar 3 GB juga cukup mampu meng-handle multitasking secara optimal.

Huawei sendiri masih memercayakan performa smartphone Android buatannya kepada chipset HiSilicon Kirin 930 yang juga menggunakan prosesor Octa-core (Quad-core 2 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.5 GHz Cortex-A53). Namun GPU yang terintegrasi pada chipset ini adalah Mali-T628 MP4. Dengan kapasitas RAM 3 GB kemampuan multitasking-nya tak berbeda dengan ZTE Bubia Z9.

Di sektor kamera ZTE Nubia Z9 mengusung kamera utama 16 MP dengan lensa f/2.0 dan OIS, kualitas foto yang dihasilkan termasuk istimewa namun masih belum bisa menyamai kamera utama 13 MP pada Huawei P8 yang lensanya sudah mengenali empat warna (RGBW). Hasil fotonya memang belum setara dengan kamera DSLR namun dari sisi teknologi memang Huawei sudah mengadopsi teknologi yang sama seperti kamera DSLR. Hasilnya sejauh ini kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera utama Huawei P8 dianggap sebagai salah satu yang terbaik di kelasnya.

Sementara itu pada perbandingan kamera sekunder meski sama-sama menggunakan kamera 8 MP namun aplikasi pendukung yang disediakan oleh Huawei sedikit lebih baik dibandingkan ZTE sehingga kembali membawa Huawei P8 unggul atas ZTE Nubia Z9.

Kesimpulan Perbandingan Huawei P8 vs. ZTE Nubia Z9

Baik Huawei P8 maupun ZTE Nubia Z9 sama-sama memiliki potensi yang bisa mengancam penjualan flasghip model dari merek-merek besar mengingat harga keduanya yang relatif bersahabat. Namun jika harus memilih di antara keduanya kami cenderung menjatuhkan pilihan pada Huawei P8 oleh karena keunggulannya di sektor kamera, ditambah lagi harga Huawei P8 juga beberapa ratus ribu rupiah lebih murah dibandingkan harga ZTE Nubia Z9.