on

Mengenal Sosok Smartphone Android InFocus M330

InFocus kembali memperkenalkan smartphone Android terbarunya setelah sebelumnya perusahaan yang sama merilis smartphone Android kelas low-end InFocus M2. Kala itu InFocus M2 dikenal sebagai smartphone murah dengan kualitas kamera di atas rata-rata, meski di luar fitur tersebut hampir tiada keistimewaan dibanding kompetitor sekelasnya. Bagaimana dengan potensi InFocus M330 yang bermain di segmen lebih tinggi?

InFocus M330 diposisikan untuk bersaing di segmen menengah dengan mengandalkan prosesor Octa-core serta layar berukuran lebar yaitu 5.5 inch. Meski cukup menarik mengingat banderol yang murah, namun tak bisa dilupakan pula bahwa di segmen ini sudah ada Lenovo A6000 Plus dan Xiaomi Redmi Note yang lebih populer dibenak konsumen jika dibanding InFocus. Berikut kami sajikan liputan singkat smartphone Android InFocus M330.

Kamera Smartphone Android InFocus M330


Desain & Spesifikasi Smartphone Android InFocus M330

Sama seperti kala membesut M2, InFocus M330 pun masih menggunakan desain yang minimalis. Salah satu keunggulan di sisi desainnya adalah lensa kamera belakang yang rata dengan permukaan cover belakang sehingga relatif lebih aman dari goresan kala diletakkan di atas meja.

Dengan bobot yang hanya 170 gram sejujurnya smartphone Android buatan InFocus ini cukup nyaman dioperasikan dengan dua tangan. Material casing-nya sendiri tetap didominasi oleh plastik namun di bagian tepi Anda bisa menemukan bingkai metal trim.

Chipset MediaTek masih dipercayai oleh InFocus untuk bertanggung jawab atas performa kecepatan InFocus M330. Kali ini adalah MediaTek MT6592 SoC dengan GPU Mali MP-450 MP4 dan prosesor Octa-core berkecepatan 1.7 GHz yang terintegrasi. Performa multitasking-nya diladeni oleh RAM berkapasitas 2 GB yang diatas kertas mestinya sudah cukup mumpuni untuk ukuran smartphone Android kelas menengah.

Dugaan ini diperkuat dengan hasil uji GFXbench dan 3DMark Ice Storm, dimana smartphone Android InFocus ini mencatat skor 17 fps dan 7,597 point. Sementara pada uji AnTuTu mencatat 32,606 point dan 14,118 point pada Quadrant. Artinya di sisi performa InFocus M330 setara dengan ponsel Android sekelas buatan produsen lain.

Selain media penyimpanan internal berkapasitas 16 GB, InFocus M330 juga mendukung penambahan memori eksternal hingga kapasitas maksimal 64 GB.

Pada fitur kamera InFocus mengandalkan lensa Sony Exmor CMOS untuk kamera utama 13 MP di bagian belakang. Sementara sebagaimana umumnya ponsel masa kini pabrikan yang terkenal sebagai produsen proyektor itu menempatkan kamera 8 MP sebagai kamera sekundernya.

Spesifikasi Smartphone Android InFocus M330

Sayangnya keunggulan di atas kertas itu tak dirasakan di lapangan. Kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera 13 MP sama sekali tak lebih baik dibanding kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera InFocus M2 yang notabene harganya jauh lebih murah. Bahkan detil gambar serta tingkat akurasi warnanya jauh dari ekspektasi terhadap sebuah kamera yang menggunakan sensor Exmor CMOS buatan Sony.

Kamera sekunder 8 MP-nya sangat memuaskan selama digunakan untuk foto selfie namun di luar itu sama mengecewakannya dengan kamera utama. Lebih-lebih kala digunakan di malam hari foto yang dihasilkan nyaris tak berguna.

Hal lain yang mungkin bakal dianggap kekurangan bagi sebagian calon konsumen adalah fakta bahwa InFocus M330 belum mendukung jaringan 4G LTE. Di luar itu dukungan konektivitas dan jaringan yang ditawarkan cukup komplet termasuk Wi-Fi a/b/g/n dan Bluetooth v4.0.

Layar IPS berukuran 5.5 inch yang diusungnya menghasilkan resolusi 720 x 1280 pixels dan kepadatan warna 267 ppi. Tingkat saturasinya relatif ideal dan meski resolusinya tak terlalu tinggi namun font berukuran kecil juga tidak terlalu tampak pecah. Justru kelemahannya terletak pada tingkat brightness yang terasa kurang optimal sehingga layarnya tidak terbaca cukup jelas saat digunakan di luar ruangan. Kondisi ini masih diperparah lagi dengan tingkat refleksi yang cukup tinggi. Layar ini sendiri terlindung oleh Corning Gorilla Glass 2 untuk meminimalisir goresan.

Harga Smartphone Android InFocus M330

Kala menjalankan video dengan resolusi 1080 pixels smartphone Android InFocus M330 terasa lancar tanpa kesulitan dan hambatan, satu-satunya kelemahan muncul dari kualitas speaker mono yang pecah kala volumenya ditingkatkan. Baterainya juga sanggup bertahan selama 8 jam dan 58 menit kala menjalankan video loop.

Lazada Indonesia

Kesimpulan untuk Smartphone Android InFocus M330

Dengan harga di kisaran Rp 2 juta smartphone Android InFocus M330 sebenarnya tidak mengecewakan, hanya saja di kisaran harga sama ada sedemikian banyak kompetitor kuat termasuk Lenovo A6000 dan Lenovo A6000 Plus yang sejauh ini bisa disebut sebagai benchmark di kelasnya.