on

Menyingkap Perbedaan LG G3 vs. LG G4

LG G4 yang pekan lalu diperkenalkan secara resmi tak pelak mengundang decak kagum demikian banyak pengamat dan pemerhati dunia teknologi utamanya telepon selular. Seolah tak mau kalah dari Samsung yang dinilai sukses membesut Galaxy S6, LG pun memiliki ambisi serta harapan yang sama. Namun sejauh apakah sebenarnya perbedaan antara LG G4 dengan LG G3 yang adalah pendahulunya?

Lewat artikel berikut kami akan membantu Anda mengidentifikasi perbedaan LG G3 vs. LG G4 sehingga baik konsumen yang saat ini tengah menggunakan LG G3 maupun yang sedang mempertimbangkan membeli LG G3 atau LG G4 memiliki informasi yang lebih memadai dalam proses pengambilan keputusan beli. Berikut adalah identifikasi LG G3 vs. LG G4 dalam pengamatan kami.

Perbandingan LG G3 vs. LG G4

Perbedaan Desain & Spesifikasi LG G3 vs. LG G4

LG G4  LG G3
OS Android 5.1 Lollipop, UX 4.0 Android 4.4.2 KitKat, Optimus UI
Display 5.5-inch, 2,560 x 1,440 pixels (QHD) 5.5-inch LCD, 2560 x 1440 pixels (QHD), 534 ppi
CPU Snapdragon 808, hexa-core, 1.8 GHz Qualcomm Snapdragon 801, quad-core, 2.5 GHz
RAM 3 GB DDR3 2/3 GB 
Internal memory 32 GB + microSD 16/32 GB + microSD
Battery 3,000 mAh removable battery, wireless-charging (with optional accessory) 3,000 mAh
Camera 16 MP with f/1.8  (rear), 8 MP (front) 13 MP, flash, auto-focus laser (rear), 2.1 MP (front)
Connectivity HSPA, 4G/LTE, NFC, Bluetooth 4.0, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac HSPA, 4G, NFC, Bluetooth 4.0, Wi-Fi
Dimensions 5.9 x 3 x 0.4 inches/149.1 x 75.3 x 8.9 mm 146.3 x 74.6 x 8.9 mm
Weight 155 g 149 g

Dari sisi desain sebenarnya tak terlalu banyak ubahan yang dilakukan oleh pabrikan asal Korea itu pada ponsel kelas high-end terbarunya dibanding tahun lalu. Meski demikian ubahan minor berupa cover belakang yang lebih mengkurva dan juga ubahan pada desain bagian samping rasanya sudah merupakan sebuah penyempurnaan yang layak dihargai. Lebih-lebih kali ini LG memutuskan menggunakan cover belakang berupa leather berkualitas tinggi yang proses penjahitannya saja dilakukan di Jerman.

Memang semestinya ubahan dari LG G3 ke LG G4 lebih ke arah penyempurnaan namun sayangnya tidak pula selalu demikian yang terjadi. Salah satu yang cukup mengecewakan adalah tombol pengatur volume dan lock di bagian belakang yang kini justru terasa tidak ergonomis jika dibandingkan LG G3. Di luar itu rasanya tak ada kekurangan di sektor desain maupun build quality yang perlu disoroti.

Perbandingan Kamera LG G3 vs. LG G4

Di sektor layar tahun lalu LG G3 sempat menggemparkan industri ponsel karena menjadi smartphone Android pertama yang mengusung layar dengan resolusi Quad HD. Memang pada LG G4 baik lebar layar maupun resolusi masih dipertahankan seperti sebelumnya. Namun bukan berarti kualitas layar LG G3 dan LG G4 sama, sebab pihak pabrikan kini menambahkan teknologi Quantum Pixels yang digunakan pula oleh televisi LG terbaru yang dipamerkan di awal tahun kemarin pada gelaran CES. Teknologi ini dimaksudkan untuk mereproduksi warna yang lebih akurat.

Lompatan besar yang membedakan LG G4 dengan LG G3 juga bisa dilihat di sektor performa. Sebab tahun lalu LG G3 masih menggunakan Snapdragon 801 dengan prosesor berkecepatan 2.5 GHz dan GPU Adreno 420 yang terintegrasi. Kali ini LG G4 sudah mengandalkan Snapdragon 808 yang memiliki prosesor enam inti dan GPU Adreno 418 terintegrasi.

Pihak produsen membangga-banggakan fitur kamera sebagai keunggulan utama dari LG G4. Namun sejauh apakah sebenarnya perbedaan kamera LG G4 jika dibanding LG G3? Sebagaimana diketahui bahwa tahun lalu LG G3 dilengkapi kamera utama 13 MP didukung OIS. Kamera ini bukan saja mampu menghasilkan foto dengan kualitas baik namun bahkan merekam video dalam resolusi 4K. Semenjak beberapa waktu terakhir pula kamera smartphone LG selalu identik dengan teknologi Laser Autofocus yang menjadikan AF-nya mampu bekerja dengan sangat cepat ketika menangkap objek.

Tahun ini lewat LG G4 perusahaan yang sama masih mempertahankan Laser Autofocus, namun selain sensornya kini menjadi 16 MP juga lensa ber-aperture f/1.8 berikut OIS dengan motor delapan penjuru membuat kecepatan serta tingkat akurasinya bahkan menjadi jauh lebih baik dibandingkan pendahulunya. Beberapa pengamat bahkan cukup yakin bahwa kamera LG G4 mampu menyingkirkan kamera Samsung Galaxy S6 yang saat ini dianggap sebagai yang terbaik.

Cek Harga LG G4
Harga LG G4
Harga LG G4
LG G4


Kesimpulan Perbedaan LG G3 vs. LG G4

Setelah melihat beberapa penyempurnaan yang sekaligus juga adalah perbedaan LG G3 vs. LG G4 memang cukup kentara bahwa dengan ubahan yang demikian signifikan rasanya melepaskan LG G3 untuk berganti ke LG G4 bakal terasa sangat layak. Namun sayangnya hingga detik ini pabrikan asal Korea itu belum merilis harga resmi LG G4. Padahal berapa harga LG G4 nantinya adalah juga faktor pertimbangan krusial dalam memutuskan layak tidaknya memilih G4 ketimbang G3.