on

Perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. OnePlus One

Perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. OnePlus One cukup menarik dicermati. Sebab lewat Galaxy S6 Samsung melakukan begitu banyak perubahan untuk mempertahankan dominasi pasarnya yang sempat goyah sepanjang tahun 2014 lalu. Sementara di pihak lain OnePlus One meski sudah berusia sekitar setahun namun tahun lalu merupakan salah satu flagship killer yang turut menggoyang pasar Samsung Galaxy S5.

Dalam perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. OnePlus One nanti juga hendak diamati apakah setelah beberapa model flagship dari pabrikan ternama termasuk Samsung mengalami penyempurnaan di tahun ini, masihkah OnePlus One layak disebut sebagai flagship killer? Daripada menduga-duga silakan menyimak perbandingan keduanya berikut ini.

Perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. OnePlus One


Mengupas Perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. OnePlus One

Di atas kertas ditemukan beberapa kesamaan antara Samsung Galaxy S6 dan OnePlus One. Sebut saja misalnya kapasitas RAM yang sama-sama 3 GB, dimensi yang tak jauh berbeda satu sama lain, kapasitas internal memori 64 GB tanpa opsi memori eksternal, mounted speaker yang terletak di bawah dan juga keduanya sama-sama menawarkan kamera selfie 5 MP sebagai kamera sekunder. Fitur serta dukungan konektivitas/jaringan di antara keduanya juga identik seperti dual-band Wi-Fi, Bluetooth 4.1, GPS, NFC, microUSB port, microphone yang berfungsi sebagai noise cancelation dan juga sama-sama pula menggunakan non-removable battery.

Tabel di bawah ini akan memudahkan Anda untuk melihat beberapa persamaan dan perbedaan dalam perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. OnePlus One:


OnePlus One sebagai mana diketahui sejak beberapa bulan lalu merupakan salah satu produk tertinggi dari produsen asal Cina OnePlus yang mendapatkan apresiasi tinggi karena meski banderolnya miring namun dari sisi spesifikasi layak disejajarkan dengan ponsel kelas flagship besutan merek mapan.

Layar IPS LCD berukuran 5.5 inch dengan kepadatan 577 ppi yang diusungnya merupakan salah satu poin keunggulan OnePlus One yang menempatkannya nyaris sejajar dengan Galaxy S5, LG G3 atau HTC One M8. Chipset Snapdragon 801 berikut prosesor berkecepatan 2.5 GHz yang terintegrasi sudah membuatnya kompetitif berhadapan dengan rival-rivalnya di tahun lalu. Hanya saja memasuki era Android Lollipop tentu saja prosesor dengan arsitektur 32 bit tidaklah terasa optimal. Selain itu meski kapasitas RAM nya setara dengan Galaxy S6 namun karena masih menggunakan DDR3 RAM maka efektifitasnya tak sebaik DDR4 RAM milik ponsel Samsung Galaxy terbaru tersebut. Selain itu teknologi flash memory atau memori internal milik OnePlus One pun tergolong teknologi lawas yang kecepatannya juga tak sebanding dengan internal memori Samsung Galaxy S6.


Lazada Indonesia

Di sektor kamera, memang nila MP bukanlah patokan kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera tersebut. Namun dalam kasus ini sekalipun kamera utama 13 MP milik OnePlus One termasuk baik dari sisi detil maupun ketajaman warna tetap belum bisa menyamai kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera 16 MP pada Galaxy S6. Tak hanya itu kamera OnePlus ini juga belum dilengkapi OIS.

Kesimpulan Perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. OnePlus One

Pada perbandingan Samsung Galaxy S6 vs. OnePlus One sudah cukup jelas bahwa selama anggaran bukan soal maka Galaxy S6 merupakan pemenang dan pilihan yang lebih baik. Di sisi lain meski tak mampu menyamai kompetitornya yang berasal dari Korea itu namun OnePlus One tetap layak dipertimbangkan jika anggaran yang dimiliki tidak cukup untuk menebus harga Samsung Galaxy S6.