on

Perbandingan Asus Zenfone 2, OnePlus One dan Xiaomi Mi4

Asus Zenfone 2, OnePlus One dan Xiaomi Mi4 ketiganya disebut-sebut merupakan ancaman paling serius bagi smartphone Android kelas high-end keluaran pabrikan mapan. Walau terdengar menjanjikan namun tidak mudah pula memilih satu diantara ketiganya. Banderol miring, spesifikasi tinggi beserta fitur kamera canggih sama-sama ditawarkan oleh ketiga smartphone Android murah tersebut.

Untuk meilhat mana diantara ketiganya yang paling pas berikut kami menyajikan perbandingan Asus Zenfone 2, OnePlus One dan Xiaomi Mi4 dilihat dari beberapa poin yang dipersepsi penting oleh konsumen.

Perbandingan Asus Zenfone 2, OnePlus One dan Xiaomi Mi4


Perbandingan Spesifikasi Asus Zenfone2, OnePlus One dan Xiaomi Mi4

Baik Asus Zenfone 2, OnePlus One maupun Xiaomi Mi4 sama-sama mengusung layar dengan resolusi full HD. Hanya saja karena ukuran layar Xiaomi Mi4 adalah yang terkecil dibanding dua lainnya maka ketajaman warnanya pun sedikit lebih baik sebagai hasil dari tingkat kepadatan warna yang lebih tinggi.
Asus dan OnePlus memercayakan perlindungan layar pada Corning Gorilla Glass 3 sedangkan Xiaomi pilih menggunakan JDI OGS (One Glass Solution) yang secara subjektif kami nilai masih belum mampu menyamai kekuatan Gorilla Glass 3.

Di sektor performa Asus Zenfone adalah satu-satunya yang tidak mengandalkan chipset besutan Qualcomm. Seperti seri Zenfone yang sudah-sudah pabrikan asal Taiwan tersebut masih memilih Intel sebagai mitra. Prosesor Intel® Atom™ Quad Core Z3580 memang tidak setenar Qualcomm Snapdragon 801 yang digunakan oleh OnePlus One dan Xiaomi Mi4. Bahkan selama ini prosesor Intel tersebut juga dikenal boros mengkonsumsi baterai dibanding MediaTek atau Qualcomm. Namun yang jarang dipahami oleh mayoritas konsumen adalah fakta bahwa Intel® Atom™ Quad Core Z3580 seperti yang digunakan oleh Zenfone 2 memiliki arsitektur 64 bit yang lebih baik dibandingkan Snapdragon 801.

Sebaliknya Snapdragon 801 unggul di sektor grafis karena memang performa GOU Adreno 330 masih lebih baik jika dibandingkan PowerVR G6430 milik Asus Zenfone 2. Jika Anda penggemar game maka OnePlus One dan dan Xiaomi Mi4 lebih bisa diandalkan. Namun jika game bukan kegiatan yang sering atau bahkan mungkin tidak pernah Anda lakukan di ponsel maka Anda takkan merasakan kelemahan Asus Zenfone 2 di sektor ini.

Asus Zenfone 2, OnePlus One dan dan Xiaomi Mi4 kembali imbang pada perbandingan perangkat lunak karena tampilan antar muka yang digunakan oleh masing-masing dari ketiganya terkenal ringan, sederhana dan minim bloatware. Hanya saja dan Xiaomi Mi4 masih menjalankan Android KitKat padahal Zenfone 2 dan OnePlus One saat ini sama-sama sudah menjalankan sistem operasi Android Lollipop.

Kemampuan multitasking Asus Zenfone 2 adalah yang terbaik diantara ketiga ponsel Android ini. Bukan saja karena di atas kertas smartphone Android keluaran Asus ini mengusung RAM paling besar yaitu 4 GB sementara dua lainnya hanya 3 GB, namun dalam prakteknya juga berlaku kondisi serupa. RAM yang bebas (free RAM) pada Xiaomi Mi4 sekitar 1.5 GB dari 3 GB, OnePlus One masih menyisakan 1.9 GB dari 3 GB dan Asus Zenfone masih memiliki 2.7 GB dari 4 GB.

Asus Zenfone 2, OnePlus One dan Xiaomi Mi4 dibekali kamera utama 13 MP namun karena perangkat lunak yang mendukung kamera Zenfone 2 dan Xiaomi Mi4 lebih baik dibanding OnePlus One maka OnePlus menjadi inferior di hadapan kedua rivalnya.

Asus Zenfone 2 lagi-lagi unggul dibanding kedua kompetitor lain karena menggunakan lensa paling lebar dibanding OnePlus One maupun Xiaomi Mi4.

Poin perbandingan yang mungkin paling sering dilewatkan bahkan nyaris tak pernah dibahas adalah tingkat radiasi dari masing-masing smartphone. Di AS sebuah ponsel harus memiliki tingkat radiasi di bawah 1.6W/kg pada penggunaan normal. Lantas bagaimana dengan Asus Zenfone 2, Xiaomi Mi4 dan OnePlus One?

Berikut adalah hasilnya:
  • Asus Zenfone 2 – 0.349 W/kg
  • OnePlus One – 0.75 W/kg
  • Xiaomi Mi 4 – 1.360 W/kg

Asus Zenfone lagi-lagi adalah yang paling unggul pada poin ini dan kembali menempatkannya pada posisi di atas OnePlus One maupun Xiaomi Mi4.

Lazada Indonesia

Kesimpulan Perbandingan Asus Zenfone 2, OnePlus One dan Xiaomi Mi4

Untuk meringkas hasil perbandingan kali ini kami memberikan nilai 1 untuk setiap poin perbandingan Asus Zenfone 2, OnePlus One dan Xiaomi Mi4. Berikut adalah hasilnya:
Phone / PointsOnePlus OneXiaomi Mi4Asus Zenfone 2
Display1-1
Processor and GPU111
Operating System-11
RAM--1
Camera--1
Battery111
Others--1
Variants, Pricing and Availability--1
Total338