on

Perbandingan Motorola Moto G 2015 vs. Asus Zenfone 2 Selfie

Motorola Moto G 2015 boleh dibilang sebagai primadona di segmen mid-low. Harga yang murah, kamera setara smartphone model flagship serta desain atraktif menjadi alasannya. Beberapa bulan sebelum Moto G generasi ketiga ini dirilis, perusahaan asal Taiwan: Asus merilis Zenfone 2 Selfie yang dibanderol di kisaran harga setara dan mengunggulkan kamera sebagai key selling point. Sudah dapat ditebak bahwa bagi konsumen yang mengedepankan kamera sebagai fitur penting dan terbatas anggarannya akan meihat kedua smartphone ini sebagai opsi ideal.

Karenanya perbandingan Motorola Moto G 2015 vs. Asus Zenfone 2 Selfie menjadi fokus sorotan kami kali ini. Tentu ada cukup banyak calon konsumen mana diantara kedua smartphone Android kelas mid-low dengan fitur kamera di atas rata-rata kompetitor sekelas ini yang lebih merupakan pilihan ideal. Perbandingan poin per poin berikut ini hendak menelaah perbedaan antara keduanya.

Perbandingan Motorola Moto G 2015 vs. Asus Zenfone 2 Selfie


Kupas Perbandingan Motorola Moto G 2015 vs. Asus Zenfone 2 Selfie

Dari sisi desain kedua smartphone Android segmen mid-low ini tampak bertolak belakang. Sama seperti seri Zenfone yang sudah-sudah, Asus melakukan terobosan yang berbeda dibanding smartphone pada umumnya kala membesut Zenfone 2 Selfie. Di sisi lain meski melakukan penyempurnaan untuk mempercantik tampilan Moto G generasi terbaru namun secara umum desain Moto G 2015 masih sangat konvensional dan sederhana.

Asus Zenfone 2 Selfie tersedia setidaknya dalam tiga pilihan warna yaitu putih, merah muda (pink) dan biru dengan back cover berwarna silver menyerupai logam. Smartphone Android terbaru keluaran Asus yang menyasar kelompok usia muda ini memiliki dimensi 156.5 x 77.2 x 10.8 mm dan bobot 170 gram.

Perbandingan Motorola Moto G 2015 vs. Asus Zenfone 2 Selfie

Layar IPS berukuran 5.5 inch pada bagian depannya menampilkan resolusi 1920 x 1080 pixels dan kepadatan warna 403 ppi serta dilapis oleh Corning Gorilla Glass 4 untuk meminalisir kemungkinan terjadinya goresan. Tak cukup sampai disitu saja keistimewaan layar Asus Zenfone 2 Selfie, sebab layar ini juga dirancang agar tetap bisa menerima perintah sekalipun penggunanya menggunakan sarung tangan.

Desain Moto G terbaru sendiri tak banyak berubah dibanding generasi sebelumnya, kecuali ubahan pada permukaan bagian belakang yang tampak lebih premium sekaligus atraktif dibanding sebelumnya. Ponsel dengan dimensi 142.1 x 72.4 x 6.1-11.6 mm dan bobot 155 gram ini meski tampil sederhana namun sudah dirancang kedap terhadap air, dan fitur ini sebagaimana sudah berkali-kali disebutkan belum ditemukan pada kompetitor di kisaran harga yang sama.


Desain bukan satu-satunya hal yang menunjukkan bahwa Motorola bersikap konvensional kala membesut Moto G 2015. Layar IPS berukuran 5 inch-nya juga masih sebatas menampilkan resolusi 720 x 1280 pixels dengan kepadatan warna 294 ppi sebagaimana pendahulunya. Motorola memberikan proteksi dengan Corning Gorilla Glass 3 yang versinya lebih lawas dibanding pelindung serupa pada layar Zenfone 2 Selfie. Selain itu layar ini juga tidak merespon kala pengguna mengenakan sarung tangan.

Masuk ke performa olah aplikasi dan grafis Zenfone 2 Selfie sekali lagi menunjukkan keunggulannya lewat penggunaan chipset yang lebih modern yaitu Snapdragon 615 dengan prosesor octa-core 64 bit serta GPU Adreno 405 terintegrasi. Kemampuan multitasking-nya ditangani oleh RAM dengan kapasitas 2 GB. Sedangkan pada kapasitas penyimpanan disediakan memori internal 16 GB dengan dukungan memori eksternal hingga 128 GB.


Motorola Moto G 2015 sekali lagi tampak kedodoran karena masih menggunakan chipset keluaran lawas yaitu Snapdragon 410 dengan GPU Adreno 306 terintegrasi. Pihak produsen menyediakan kapasitas RAM 2 GB untuk Moto G dengan kapasitas memori internal 16 GB dan memori eksternal hingga 32 GB.

Dari sisi perangkat lunak baik Asus Zenfone 2 Selfie maupun Motorola Moto G 2015 sama-sama menjalankan sistem operasi Android Lollipop. Bedanya dalam rangka mengkompensasi spesifikasi perangkat keras yang pas-pasan maka Motorola menggunakan tampilan stock Android, sedangkan Zenfone 2 Selfie menggunakan tampilan antar muka ZenUI.

Masuk ke perbandingan kamera Asus Zenfone 2 Selfie vs. Motorola Moto G 2015. Sebagaimana sudah dibahas dalam ulasan khusus untuk Zenfone 2 Selfie ini sang produsen menempatkan kamera utama dengan sensor 13 MP didampingi oleh dual LED Real Tone flash yang oleh Asus diklaim mampu menghasilkan tingkat pencahayaan/iluminasi paling natural di dalam ruangan. Selain itu kamera utama ini dilengkapi pula dengan lima elemen lensa, aperture f/2.0 serta blue glass infrared filter.

Perbandingan Motorola Moto G 2015 vs. Asus Zenfone 2 Selfie

Perbandingan Kamera Motorola Moto G 2015 vs. Asus Zenfone 2 Selfie

Dukungan fitur laser auto-focus yang menyertai kamera utama Asus Zenfone 2 Selfie ini memungkinkan waktu fokus terhadap objek yang sedemikian singkat yaitu 0.3 detik. Bahkan waktu fokus yang singkat itu pun bisa dicapai kala objek yang hendak diabadikan hanya berjarak 6 cm saja dari lensanya.

Kecanggihan kamera Asus Zenfone 2 Selfie tak sebatas pada perangkat keras namun berlanjut pula di perangkat lunak dimana selain aplikasi pendukungnya menyediakan segudang fitur untuk mempercantik foto juga tersedia setting manual layaknya kamera DSLR.

Dari sisi perangkat keras kamera Motorola Moto G 2015 pun tak kalah baiknya sebab ini adalah kamera yang digunakan pula oleh Nexus 6. Kondisi inferior kamera Moto G dihadapan Zenfone 2 Selfie lebih banyak terdapat pada dukungan perangkat lunaknya.

Kesimpulan Hasil Perbandingan Motorola Moto G 2015 vs. Asus Zenfone 2 Selfie

Berdasar beberapa poin perbandingan Motorola Moto G 2015 vs. Asus Zenfone 2 Selfie terihat bahwa sekalipun merupakan primadona di segmen mid-low namun Moto G 2015 menjadi begitu inferior kala dihadapkan dengan Asus Zenfone 2 Selfie.

Kondisi tersebut tentulah dapat dipahami mengingat harga Motorola Moto G 2015 tak lebih dari Rp 3 juta sedangkan harga Asus Zenfone 2 Selfie minimal akan dibanderol sekitar Rp 3,5 juta-an. Namun dengan selisih yang tak sampai Rp 1 juta kami dengan mudah menempatkan Zenfone 2 Selfie sebagai pemenang dalam perbandingan kali ini.