on

Komparasi Smartphone Segmen Menengah: Motorola Moto G 2015 vs. Microsoft Lumia 640 vs. Sony Xperia M4 Aqua

Motorola Moto G 2015 vs. Microsoft Lumia 640 vs. Sony Xperia M4 Aqua kemungkinan besar bakal mendominasi panasnya kompetisi smartphone segmen mid-low di tahun ini. Sejauh ini meski ada demikian banyak kompetitor yang bermain di segmen sama namun selain ketiga nama ini sanggup memberikan greater value for money juga ketiga produsennya memiliki reputasi positif dalam memberikan dukungan update untuk produk-produk buatannya.

Selain hal-hal yang sudah disebutkan di atas ada lagi kesamaan antara ketiga produk dimaksud, yaitu ketiganya sama-sama mengusung fitur kamera yang terbilang powerful untuk ukuran sebuah smartphone di kisaran harga ini. Untuk menilik perbedaan antara Motorola Moto G 2015 vs. Microsoft Lumia 640 vs. Sony Xperia M4 Aqua sekaligus menemukan mana yang terbaik maka berikut kami sajikan artikel “Komparasi Smartphone Segmen Menengah”.

Perbandingan Motorola Moto G 2015 vs. Microsoft Lumia 640 vs. Sony Xperia M4 Aqua


Perbandingan Motorola Moto G 2015 vs. Microsoft Lumia 640 vs. Sony Xperia M4 Aqua

Phone Moto G (2015) Xperia M4 Aqua Lumia 640
Size 142x72x11.6mm 146x73x7.3mm 141x72x8.8mm
Weight 155g 136g 145g
Screen size 5-inches 5-inches 5-inches
Screen resolution 720p 720p 720p
Processor Snapdragon 410 Snapdragon 615 Snapdragon 400
Storage 8/16GB + microSD 8/16GB + microSD 8GB + microSD
4G? Yes Yes Yes
Cameras 13MP + 5MP 13MP + 5MP 8MP + 0.9MP

Dari ketiga kontestan yang kami nilai sebagai calon pemain dominan di segmen mid-end Motorola Moto G 2015 adalah satu-satunya yang memberikan kebebasan luas bagi pengguna untuk melakukan kustomisasi penampilan. Mulai dari cover belakang hingga camera bar.

Baca juga: Kupas Tuntas Kelebihan dan Kekurangan Motorola Moto G 2015

Keleluasaan yang diberikan oleh Microsoft Lumia 640 pun sebenarnya juga tidak kalah menarik, sebab removable casing-nya memungkinkan kustomisasi personal meski tidak seleluasa Moto G.
Sony Xperia M4 Aqua pada sisi lain adalah yang paling konvensional karena sama sekali tak memberi kesempatan serupa, pengguna hanya bisa menentukan pilihan antara warna hitam, putih atau merah yang tak bisa diubah-ubah selamanya.

Baca juga: Sony Xperia M4 Aqua: Ponsel Android Anti Air

Sedangkan pada poin perbandingan layar Motorola Moto G 2015 vs. Microsoft Lumia 640 vs. Sony Xperia M4 Aqua tampaknya tak ada yang lebih superior maupun inferior satu sama lain. Sebab baik dari sisi teknologi layar, ukuran dan bahkan resolusi yang ditampilkan oleh ketiganya benar-benar identik. Layar IPS berukuran 5 inch dengan resolusi HD (720 pixels) menjadi pilihan ketiga pabrikan dalam mempersenjatai smartphone segmen mid-low tahun ini.

Sebagai perangkat multimedia berjalan ketiganya sudah tergolong layak. Layar berukuran cukup besar dengan tingkat ketajaman warna yang baik berikut dukungan jaringan 4G memungkinkan pengguna menikmati video streaming secara optimal, dengan catatan jaringan 4G yang disediakan oleh operator ideal tentu saja.

Sementara dari sisi performa dalam mengolah aplikasi termasuk game dari sisi perangkat keras Sony Xperia M4 Aqua memang mengusung chipset Snapdragon paling baru dibanding dua kompetitor lain. Namun baik Lumia 640 maupun Moto G 2015 sama-sama mampu menawarkan tingkat fluiditas serta kemampuan memproses aplikasi tak kalah baiknya. Rahasia Moto G 2015 terletak pada tampilan antar muka yang mirip stock Android sehingga tak membutuhkan sumber daya terlalu besar. Sedangkan Lumia 640 sendiri sebagaimana diketahui menjalankan sistem operasi WP yang sanggup berjalan dengan efektif sekalipun menggunakan chipset lawas.

Ketiga smartphone kelas mid-low ini sama-sama mampu menjalankan aplikasi kompleks dengan baik, hanya saja Lumia 640 memiliki sedikit kekurangan dibanding dua lainnya karena pilihan game serta aplikasi yang lebih terbatas.

Baca juga: Microsoft Lumia 540 Layakkah Untuk Dibeli?

Masuk ke poin perbandingan stamina baterai Motorola Moto G 2015 vs. Microsoft Lumia 640 vs. Sony Xperia M4 Aqua, baterai pada Moto G generasi terbaru sanggup bertahan selama sehari penuh kala digunakan untuk penggunaan normal meliputi menerima/berkirim pesan secara intensif (WA, SMS, BBM, LINE ,dll), menerima/melakukan panggilan singkat beberapa kali, browsing sewajarnya, menjalankan game sewajarnya serta berfoto.

Pada kondisi yang sama baterai Sony Xperia M4 Aqua bertahan sedikit lebih lama yaitu hingga satu setengah hari dan pemenangnya kali ini adalah Lumia 640 yang kala diuji dengan kondisi serupa dengan dua kontestan lainnya masih sanggup bertahan selama dua hari penuh.
Kala diuji dengan melakukan video streaming hasilnya juga tak jauh berbeda. Baterai Microsoft Lumia 640 mampu bertahan selama enam jam non-stop, Xperia M4 Aqua lima setengah jam dan Moto G 2015 bertahan selama lima jam.

Untuk perbandingan fitur kamera Motorola Moto G 2015 vs. Microsoft Lumia 640 vs. Sony Xperia M4 Aqua sebagaimana disinggung di awal bahwa ketiganya menawarkan kamera yang tergolong powerful mengingat banderol harga masing-masing. Namun jika harus membandingkan ketiganya head-to-head maka Moto G 2015 adalah pemenang telak dalam poin perbandingan ini.

Kamera utama 13 MP pada Motorola Moto G 2015 sebagaimana sudah pernah dibahas merupakan kamera yang sama digunakan pula Motorola Nexus 6, sekedar catatan banderol harga Nexus 6 sendiri saat tulisan ini di buat masih di atas Rp 8 juta-an. Terbukti memang bahwa kala dibandingkan dengan hasil foto dari kamera kedua kontestan lain maka tingkat reproduksi warna, ketajaman serta detil dari kamera Moto G 2015 dengan mudah mengungguli kedua lainnya.

Bahkan dengan mode Auto pun kualitas foto yang dihasilkan dari kamera Motorola Moto G 2015 sangat layak untuk dicetak. Dalam kondisi minim cahaya dual flash LED yang mendampingi kamera 13 MP ini masih cukup bisa diandalkan.

Di posisi kedua kamera Sony Xperia M4 Aqua pun sebenarnya juga tak terlalu jauh kualitasnya. Namun proses auto-focus yang lambat terkadang terasa cukup mengganggu. Di sisi lain aplikasi yang mendampingi kamera ini lebih komplet dan menarik dibanding aplikasi yang sama pada Moto G. Karenanya kemungkinan besar kelompok usia muda akan lebih tertarik pada Xperia M4 Aqua ketimbang Moto G 2015.

Secara teoritis kamera Lumia 640 yang paling inferior di antara ketiganya. Sebab Microsoft hanya memberikan sensor 8 MP bukannya 13 MP seperti Sony maupun Motorola. Meski demikian jangan pula dibayangkan bahwa kualitas foto yang dihasilkan jauh di bawah dua kompetitor dalam perbandingan ini. Dari sisi reproduksi warna, ketajaman serta detil pun kami menilainya tergolong baik. Apalagi Microsoft juga menyertakan fitur “Rich Capture” yang memungkinkan pengguna memperbaiki kontras foto yang telah dihasilkan.

Kesimpulan Perbandingan Motorola Moto G 2015 vs. Microsoft Lumia 640 vs. Sony Xperia M4 Aqua


Perbandingan Harga Moto G 2015 vs. Xperia M4 Aqua vs. Lumia 640
Moto G 2015 Xperia M4 Aqua Lumia 640
Harga Moto G 2015 Harga Xperia M4 AquaHarga Lumia 640
Sony Xperia Z2 beli sekarang beli sekarang


Dalam perbandingan Motorola Moto G 2015 vs. Microsoft Lumia 640 vs. Sony Xperia M4 Aqua ketiganya sama-sama menunjukkan kualitas, performa dan fitur yang solid sekaligus membuat konsumen tak bakal merasa dikecewakan karena sejumlah uang yang dibelanjakan terasa sepadan. Namun Xperia M4 adalah satu-satunya yang tak memiliki keunggulan spesifik di sektor tertentu, belum lagi banderolnya adalah yang paling tinggi.

Microsoft Lumia 640 kami nilai sebagai kontestan yang paling imbang dari berbagai sisi dan kebutuhan. Stamina baterainya yang sangat panjang membuatnya istimewa bagi pengguna yang sangat mobile. Hanya saja minimnya aplikasi sistem operasi Windows Phone merupakan kelemahan utama Lumia 640 dibanding dua kompetitor lain.

Terakhir, yang juga adalah smartphone favorit kami di segmen mid-low adalah Motorola Moto G 2015. Tanpa ragu kami menempatkannya sebagai pemenang dalam perbandingan ini. Kustomisasi personal yang leluasa serta kamera yang istimewa rasanya sudah lebih dari cukup menyebutnya mampu menawarkan best value for money diantara ketiga kontestan kali ini.