on

Pra Perbandingan Samsung Galaxy S6 Edge Plus vs. Samsung Galaxy Note 5 vs. Motorola Moto X Style

Perbandingan Samsung Galaxy S6 Edge Plus vs. Samsung Galaxy Note 5 vs. Motorola Moto X Style lebih nyaman kami menyebutnya sebagai pra perbandingan mengingat bahwa perbandingan ini masih sekedar berdasar data-data teknis (spesifikasi) resmi yang diumumkan oleh Samsung. Sementara handset-nya sendiri belum tersedia di pasaran saat tulisan ini dibuat.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya konsumen loyal Samsung yang menggemari phablet selalu menanti kehadiran Galaxy Note seri terbaru dan tahun lalu mulai mendapat keleluasaan memilih berkat kehadiran Galaxy Note Edge maka tahun ini mereka diperhadapkan pada pilihan lebih banyak lagi yaitu Galaxy S6 Edge Plus. Di pihak lain bagi mereka yang tidak fanatik terhadap merek tertentu tahun ini pula Motorola menghadirkan phablet Android yang tak kalah fenomenalnya dan memosisikan diri sebagai “flagship killer” dalam wujud Motorola Moto X Style dengan banderol harga yang jauh lebih terjangkau.

Perbandingan Samsung Galaxy S6 Edge Plus vs. Samsung Galaxy Note 5 vs. Motorola Moto X Style


Sekilas Perbandingan Desain & Teknologi Samsung Galaxy S6 Edge Plus vs. Samsung Galaxy Note 5 vs. Motorola Moto X Style

Menurut data teknis resmi yang dirilis oleh pihak Samsung, Galaxy S6 Edge Plus memiliki dimensi 154.4 x 75.8 mm, Galaxy Note 5 153.2 x 76.1 mm sementara sang “flagship killer” sendiri berdimensi 153.9 x 76.2 mm. Artinya dari angka-angka tersebut saja bisa disimpulkan bahwa Galaxy S6 Edge Plus adalah yang paling kompak dari segi ukuran diantara ketiganya sementara Moto X Style berada di posisi kedua.

Lagi-lagi dari dimensi tebal Galaxy S6 Edge Plus kembali menjadi yang tertipis dengan tebal 6.9 mm diiukuti saudaranya Samasung Galaxy Note 5 dengan 7.6 mm sedangkan sisi paling tebal dari Motorola Moto X Style tercatat 11.06 mm yang membuatnya paling tebal diantara tiga kontestan perbandingan kali ini.

Baca juga: Impresi Awal Samsung Galaxy S6 Edge Plus

Bagaimana dengan nilai estetika desain ketiganya? Menilai penampilan tentu sangatlah subjektif, demikian pula kala membandingkan desain Samsung Galaxy S6 Edge Plus vs. Samsung Galaxy Note 5 vs. Motorola Moto X Style. Jika Anda termasuk tipe konsumen yang menilai penting keberadaan proteksi terhadap air yang mungkin merembes dan mengancam komponen di dalamnya maka Moto X Style adalah satu-satunya yang sudah mengantongi sertifikasi IP52. Duo phablet terbaru Samsung Galaxy sendiri tidak mengantongi fitur serupa namun casingnya terbuat dari bahan metal yang berkesan lebih premium.

Bicara soal kesan premium duo Samsung adalah pilhan yang lebih baik, sebaliknya penampilan Moto X Style lebih stylish berkat cover belakang unik yang tersedia dalam 18 opsi.

Pada poin kualitas layar ketiga phablet Android terbaru ini termasuk yang terbaik diantara kompetitor sekelas saat ini, namun masing-masing mengandalkan teknologi dan selling point yang berbeda. Sudah pasti bahwa layar Samsung Galaxy S6 Edge Plus adalah yang paling tampak memikat karena desain mengkurva pada dua sisi layarnya. Di luar itu ketiganya cukup berimbang karena memiliki tingkat resolusi serta kepadatan warna yang sama.

Mengandalkan teknologi IPS layar Motorola Moto X Style menghadirkan tingkat saturasi warna yang lebih agresif dan tampak hidup jika dibandingkan teknologi AMOLED sebagaimana digunakan oleh Samsung Galaxy S6 Edge Plus serta Samsung Galaxy Note 5. Pada sisi lain walau tingkat saturasi warna layar berteknologi AMOLED bukan selera kebanyakan orang namun warna hitam yang solid bagi sebagian konsumen dianggap berperan menjadikan warna keselurahhnya tampak natural dibanding lata LCD.

Di sektor kamera duo Samsung Galaxy menggunakan kamera yang sama yaitu kamera utama 16 MP dengan f/1.9 sebagaimana sudah banyak dibahas dalam review Samsung Galaxy S6. Karena sama persis dengan Galaxy S6 maka tak perlu diulas kembali. Demikian pula dengan kamera 21 MP F/2.0 milik Moto X Style sudah diulas pula dalam review Motorola Moto X Style.

Dengan nilai aperture yang lebih besar artinya lensa kamera duo phablet Samsung Galaxy mampu menerima cahaya sekitar 15% dibanding lensa f/2.0 pada Moto X Style. Namun sama halnya seperti nilai MP, nilai aperture pun tak selalu merepresentasikan kondisi aktual. Kualitas foto yang dihasilkan sendiri secara teoritis merupakan hasil kombinasi yang baik antara sensor, optik, sistem fokus serta perangkat lunak yang mendukungnya.

Baca juga: Kamera Smartphone Android Sukses Pecundangi iPhone

Berpegang pada catatan bahwa saat ini kamera Samsung Galaxy S6 hanya mampu ditaklukkan oleh kamera LG G4 maka kami berasumsi bahwa kamera Samsung Galaxy S6 Edge Plus dan Samsung Galaxy Note 5 juga masih lebih baik dibandingkan kamera Motorola Moto X Style.

Baca juga: Mengenal Motorola Moto X Style: Lawan Berat OnePlus 2

Performa komputasi di atas kertas lagi-lagi bakal berpihak pada duo Samsung Galaxy karena sudah menggunakan prosesor octa-core. Sedangkan Moto X Style menggunakan prosesor hexa-core. Kemampuan multitasking Moto X Style juga sedikit inferior dari duo Samsung Galaxy karena kapasitas RAM-nya defisit 1 GB.

Untuk perbandingan sistem operasi, meski ketiganya sama-sama menjalankan sistem operasi berbasis Android Lollipop namun pendekatan dua produsen ini sama sekali berbeda. Jika Samsung Galaxy S6 Edge Plus dan Samsung Galaxy Note 5 menggunakan tampilan antar muka TouchWiz yang terkenal kaya gimmick serta animasi maka Motorola justru menggunakan tampilan stock Android dengan penambahan beberapa aplikasi khas Motorola. Itu sebabnya di beberapa pasar nama Motorola Moto X Style dikenal juga sebagai Moto X Pure. Mana yang lebih baik sekali lagi akan kembali ke selera tiap konsumen.

Jika Anda menyukai pengalaman dan sensasi dengan Android murni pilihannya jelas Moto X Style, jika Anda membutuhkan dukungan S-Pen secara optimal mala Galaxy Note 5 sudah diperkaya dengan aplikasi pendukungnya sedangkan Galaxy S6 Edge Plus sendiri menawarkan berbagai aplikasi unik yang bisa dijalankan pada sisi mengkurva di layar.

Kesimpulan Perbandingan Samsung Galaxy S6 Edge Plus vs. Samsung Galaxy Note 5 vs. Motorola Moto X Style

Dari perbandingan Samsung Galaxy S6 Edge Plus vs. Samsung Galaxy Note 5 vs. Motorola Moto X Style di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa Galaxy S6 Edge Plus adalah yang paling fancy dan full of gimmicks, Galaxy Note 5 adalah yang paling konvensional namun optimal dalam menyediakan dukungan bagi S-Pen, dan Motorola Moto X Style yang adalah kuda hitam dalam perbandingan ini selain stylish juga menunjukkan potensi besar memberi ancaman bagi duo Samsung Galaxy lewat harga yang lebih murah dan performa serta fitur hanya selisih sedikit di bawahnya.