on

Kupas Tuntas Lenovo Vibe Shot

Lenovo Vibe Shot resmi dirilis oleh Lenovo sekitar satu bulan yang lalu dengan menyasar segmen menengah dan menawarkan fitur kamera sebagai key selling point-nya. Penampilannya lebih mirip kamera saku (point-and-shoot camera) ketimbang smartphone. Walau demikian kesan premium tetap melekat padanya.

Kamera smartphone dalam dua tahun belakangan ini memang mulai menggeser pasar point-and-shoot camera. Hanya saja sejauh ini kondisi itu baru bisa dilakukan oleh kamera smartphone kelas high-end seperti Galaxy S6, LG G4 atau iPhone 6. Sementara kamera smartphone kelas di bawahnya masih belum menawarkan performa serta kualitas yang membuatnya dapat menggantikan kamera saku. Lantas apakah Lenovo Vibe Shot yang penampilannya mirip kamera saku dan mengandalkan kamera sebagai daya pikat utamanya bakal mengubah kondisi tersebut?

Kelenohan dan Kekurangan Lenovo Vibe Shot


Mengulas Desain Serta Spesifikasi Lenovo Vibe Shot

Lenovo Vibe Shot Z90-7 specs

5-inch IPS 1080p FHD IPS LCD, 441ppi (720HD Z90-3)
7.3mm thick, 145g weight
Gorilla Glass 3
Snapdragon 615 octa chipset
3GB RAM
32GB internal, microSD max 128GB
16MP camera, HDR, Optical Image Stabilization, Tricolor LED flash, 1080p video, AF focus assists
8MP selfie, 1080p video
Dual 4G LTE, WiFi a, Bt 4.1, GPS, FM Radio
Android 5.0 Lollipop
3000mAh
Crimson Red, White, Grey

Dengan desain yang mengkotak serta rata, sekilas penampilan Lenovo Vibe Shot sangat mengingatkan pada bentuk kamera Sony Cybershot TX. Bingkai metal yang mengelilingi memberi kesan elegan, pihak pabrikan sendiri menyediakan opsi warna merah metalik, silver serta putih sebagai pilihan bagi konsumen.

Sayangnya untuk warna merah metalik menurut opini subjektif kami cenderung berkesan murahan jika dibanding dengan dua opsi lainnya. Tentu saja penilaian itu sangat subjektif bergantung pada selera masing-masing.

Bobotnya yang mencapai 145 gram terasa pas di dalam genggaman, tidak terlalu ringan hingga memberi kesan murah dan tidak juga terasa berat hingga mengganggu mobilitas. Perpaduan material serat kaca dengan metal yang membentuk casing Lenovo Vibe Shot juga terasa solid serta nyaman.

Spesifikasi dan Harga Lenovo Vibe Shot

Keberadaan capacitive buttons berwarna hitam yang terletak pada bagian bawah layar nyaris tak terlihat kala layar Lenovo Vibe Shot dalam kondisi tidak menyala. Pada kondisi ini satu-satunya hal menonjol pada cover depan hanyalah lensa kamera 8 MP serta earpiece yang terletak pada bagian atas layar.

Sisi menonjol dari desain Lenovo Vibe Shot terletak di cover bagian belakang. Bagian berwarna metalik menguasai sekitar seperempat dari total luas yang tersedia di sini. Sementara logo Lenovo ViBE dicetak di atasnya dengan ukuran yang cukup besar. Di tepi lainnya tampak lensa kamera berikut Tricolor LED flash serta focus assist beam. Cukup menimbulkan pertanyaan mengingat posisi lensa di tepi kiri atas cenderung mudah tertutup oleh tangan, namun pastinya desainer Lenovo memiliki alasan tertentu menempatkan lensa tersebut di sana. Salah satu alasan yang bisa diduga adalah dalam rangka menjaga dimensi smartphone Lenovo Vibe Shot tetap ramping.

Kamera Lenovo Vibe Shot

Pada cover depan, layar berukuran 5 inch yang menampilkan resolusi 1080 pixels dan teknologi IPS dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3 untuk meminimalisir terjadinya goresan. Dengan kepadatan warna mencapai 441 ppi, gambar serta reproduksi warna yang ditampilkan tampak memukau untuk ukuran smartphone kelas menengah. Smartphone Lenovo memang terkenal dengan kualitas layarnya, namun kami tetap dibuat kagum olehnya.

Layar Lenovo Vibe Shot

Kualitas reproduksi warna serta warna yang sangat kaya membuatnya nyaris setara dengan kualitas layar Super AMOLED yang biasa ditemukan pada smartphone Samsung Galaxy. Tingkat brightness yang tinggi juga menjadikan layar ini tetap terbaca baik di luar ruangan.

Lenovo dengan percaya diri mengklaim kamera Lenovo Vibe Shot layak disejajarkan dengan kamera Galaxy S6, LG G4 serta iPhone 6 yang merupakan kamera smartphone terbaik saat ini. Fitur Tricolor LED flash yang menyertai kamera utamanya adalah yang pertama terdapat pada sebuah smartphone. Di samping itu masih ada pula fitur OIS dan focus assist beam yang mendampingi kamera dengan sensor 16 MP tersebut.

Pada pengujian kamera, foto-foto yang dihasilkan memang sangat baik dengan warna tajam serta detil tinggi, hanya saja pada mode HDR reproduksi warnanya cenderung oversaturated dan merusak kualitasnya secara keseluruhan.




Tricolor LED-nya sendiri jauh di bawah ekspektasi, sebab kala digunakan di dalam ruangan atau malam hari masih tak mampu membantu kamera 16 MP-nya untuk menghasilkan kualitas foto yang layak. Secara umum kualitas kamera Lenovo Vibe Shot menurut kami tak berbeda jauh dibanding Lenovo K3 Note. Superior untuk ukuran smartphone kelas menengah namun berlebihan jika mengklaim kualitasnya setara dengan Samsung Galaxy S6, iPhone 6 atau lebih-lebih LG G4.

Di sektor performa, sama halnya dengan Sony Xperia M4 Aqua Lenovo pun mengandalkan chipset Snapdragon 615 didampingi RAM berkapasitas 3 GB sebagai jantung performanya. Perpaduan tersebut terbukti sanggup menghasilkan kecepatan dan fluiditas yang sangat baik, di sisi ini sama sekali tak berbeda dari smartphone kelas high-end.

Dalam uji benchmark AntuTu memang poin yang diraih jauh di bawah smartphone kelas high-end, namun dalam keseharian feel yang didapat tidak jauh berbeda.

Kualitas audio Lenovo Vibe Shot juga membawanya dalam posisi lebih unggul atas Asus Zenfone 2 yang tengah menjadi bintang di segmen menengah. Kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker Vibe Shot lebih terdengar jernih dengan volume yang tinggi pula. Di segmen ini hanya speaker Microsoft Lumia 640 XL serta Sony Xperia C4 yang mampu mengungguli Lenovo Vibe Shot sejauh ini.

Lenovo Vibe Shot Indonesia

Baterai dengan kapasitas 3.000 mAh yang diusungnya terbukti pula memiliki stamina baik. Kala diuji memutar film beresolusi 1080 pixels dengan volume serta brightness diposisikan maksimal (100%), mode “Airplane”, baterai Lenovo Vibe Shot bertahan selama 8 jam. Sedangkan dalam penggunaan normal sanggup bertahan selama dua hari tanpa kesulitan.


Kesimpulan Review Lenovo Vibe Shot

Menyebut kamera Lenovo Vibe Shot setara dengan flasghip smartphones memang terbukti berlebihan. Walau demikian untuk ukuran smartphone kelas menengah baik build quality, desain, kamera, speaker serta kecepatan yang ditawarkan oleh Lenovo Vibe Shot sangat layak diapresiasi. Satu-satunya kelemahan Lenovo Vibe Shot adalah banderol harga yang sekitar Rp 5,5 juta-an, padahal hanya dengan menambah beberapa ratus ribu rupiah saja calon konsumen sudah bisa membeli flagship smartphone buatan tahun lalu seperti LG G3 atau Samsung Galaxy S5.