on

Pilih iPad Mini 2 atau iPad Mini 4?

Cukup menarik untuk disimak adalah ketika Apple resmi merilis iPad Mini 4 sebagai penerus dari iPad Mini 3, pada saat yang bersamaan perusahaan berbasis di Cupertino tersebut mendiskon harga iPad Mini 2 secara besar-besaran. Kondisi tersebut membuat calon konsumen berpikir serta mempertimbangkan antara membeli iPad Mini 4 yang menawarkan beberapa pembaruan serta dukungan resmi dalam jangka panjang atau iPad Mini 2 yang meski support pabrikan tidak lagi bisa diandalkan namun harganya sangat miring.

Sebagai calon konsumen tentu setiap orang memiliki pertimbangan yang berbeda. Beberapa menilai bahwa support produsen merupakan faktor yang tak bisa ditawar, sementara sisanya berpandangan selama harganya terjangkau dan masih bisa digunakan kenapa harus memberi yang terbaru? Untuk membantu Anda memutuskan mana diantara kedua generasi iPad Mini tersebut yang lebih sesuai kebutuhan berikut kami sajikan beberapa perbedaan antara iPad Mini 2 dengan iPad Mini 4.

Pilih iPad Mini 2 atau iPad Mini 4?


Perbandingan iPad Mini 2 vs. iPad Mini 4

Dari segi desain, penampilan iPad Mini 2 dan iPad Mini 4 nyaris tak bisa dibedakan. Namun kala menggenggam keduanya barulah terasa bahwa bobot iPad Mini sedikit lebih ringan, perbedaan tersebut juga tak terlalu signifikan karena hanya berselisih 31 gram saja. Keduanya cukup nyaman dipakai berlama-lama seperti membaca e-book misalnya tanpa membuat tangan penggunanya menjadi pegal. iPad Mini 4 dengan tebal 6.1 mm juga sedikit lebih tipis dibanding pendahulunya meski lagi-lagi selisihnya tidak signifikan.

Pilih iPad Mini 2 atau iPad Mini 4?

Hal paling membedakan iPad Mini 4 dengan iPad Mini 2 adalah fitur sensor pemindai sidik jari (TouchID) yang dua tahun lalu belum diintegrasikan oleh sang produsen pada iPad Mini generasi kedua. Fitur ini bagi beberapa orang dinilai sekedar gimmick namun bagi beberapa orang lainnya dinilai penting dari segi keamanan.

Di sektor layar baik iPad Mini 2 maupun iPad Mini 4 sama-sama menggunakan layar Retina berukuran 7.9 inch dengan resolusi 1536 x 2048 pixels dan kepadatan warna 326 ppi. Keduanya sama sekali tidak menampakkan perbedaan kala diperbandingkan secara langsung. Keduanya sama-sama menampilkan gambar jernih, warna tajam serta viewing angles yang luas.

Baik iPad Mini 4 maupun iPad Mini 2 sama-sama tidak mendukung penggunaan memori eksternal sebagaiman umumnya produk Apple sejak pertama kali diperkenalkan. Namun iPad Mini 4 tersedia dalam opsi kapasitas memori internal 16, 64 dan 128 GB dimana dua yang terakhir ideal bagi mereka yang gemar menyimpan file musik serta film di tablet. Sedangkan iPad Mini 2 hanya tersedia dalam pilihan 16, 32 dan 64 GB sehingga bagi penggemar hiburan mobile hanya versi 64 GB lah satu-satunya yang memenuhi syarat.

Jantung performa iPad Mini 2 masih mengandalkan chipset A7 yang untuk saat ini masih sangat reliable untuk berbagai aplikasi game maupun olah video. Namun dalam jangka panjang tentu saja iPad Mini 4 yang sudah menggunakan chipset A8 bakal terlihat sebagai investasi yang lebih menguntungkan mengingat kebutuhan aplikasi akan sumber daya cenderung meningkat.

Meski demikian pada sisi lain ada kompensasi peningkatan spesifikasi iPad Mini 4 yang berdampak pada stamina baterai. Jika pada iPad Mini 2 baterainya sanggup bertahan selama 10 jam lebih kala melakukan video streaming, baterai iPad Mini 4 hanya sanggup bertahan selama 8 setengah jam pada kondisi yang sama. Masih tergolong baik, namun selisih setidaknya satu setengah jam bisa sangat berarti bagi pengguna tertentu.

Pada perbandingan fitur kamera… well, siapapun tahu bahwa kamera utama tablet tidak pernah menjadi pilihan utama untuk mengabadikan objek/moment kecuali dalam kondisi sangat terpaksa. Namun jika harus membandingkan keduanya maka modul kamera 8 MP pada iPad Mini 4 jelas mampu menghasilkan kualitas foto yang lebih baik ketimbang kamera 5 MP pada iPad Mini 2.

Perbandingan iPad Mini 2 vs. iPad Mini 4

Kesimpulan: Pilih iPad Mini 2 atau iPad Mini 4

Pada perbandingan iPad Mini 2 vs. iPad Mini 4 di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa bagi pengguna yang banyak menjalankan aplikasi berat seperti game atau aplikasi olah video, juga bagi mereka yang gemar menyimpan banyak file musik dan video di tablet-nya maka iPad Mini 4 merupakan pilihan ideal. Sedangkan bagi casual user rasa-rasanya iPad Mini 2 sudah sangat memenuhi syarat dan jauh lebih ekonomis.