on

Perbandingan Meizu M2 Note vs. Xiaomi Redmi Note 2

Tak dinyana ternyata rivalitas Meizu M2 Note vs. Xiaomi Redmi Note 2 di segmen phablet Android murah tahun ini cukup sengit dan layak disimak. Dua produsen handphone asal Cina ini berkompetisi sengit lewat pendekatan yang kurang lebih sama yaitu smartphone terjangkau dengan spesifikasi menjanjikan.

Banderol keduanya tidak berselisih jauh, sementara dua merek tersebut di mata konsumen sama-sama dipersepsi sebagai rising stars. Bukan hanya di pasar Asia saja dua produsen tersebut beroleh perhatian dan sambutan antusias, hal yang sama juga terjadi kala mereka memasuki pasar di negara-negara Barat. Lantas mana sebenarnya yang lebih baik dalam perbandingan antara Meizu M2 Note vs. Xiaomi Redmi Note 2?

Meizu M2 Note vs. Xiaomi Redmi Note 2


Bedah Perbandingan Meizu M2 Note vs. Xiaomi Redmi Note 2

Dari sisi dimensi sudah cukup jelas keduanya bukan termasuk smartphone dengan dimensi kompak, layar berukuran 5.5 inch saja sudah memberikan gambaran mengenai hal itu. Selain harga dan ukuran layar yang bisa dibilang identik ada beberapa kesamaan lain antara Meizu M2 Note dan Xiaomi Redmi Note 2 seperti kamera sekunder 5 MP, sensor light serta earpiece.

Namun terlepas dari hal-hal yang sudah disebut maka sisanya hanyalah perbedaan di antara kedua phablet Android harga terjangkau tersebut. Dari sisi desain serta tata letak misalnya Meizu hanya menyediakan satu physical button sedangkan Xiaomi memilih pendekatan yang lebih konvensional dengan memberikan tiga tombol.

Masih membicarakan poin desain, kedua phablet Android buatan produsen asal Cina ini tentu saja menggunakan plastik sebagai material casing mengingat harga jual yang harus dibuat sekompetitif mungkin. Namun dari sisi ini Xiaomi Redmi Note 2 sedikit lebih unggul karena menerapkan permukaan matt dan soft touch yang bukan saja lebih nyaman digenggam namun sekaligus relatif tidak mudah dikotori oleh bekas jari dibanding casing glossy pada Meizu M2 Note.

Pada fitur kamera seperti sempat disinggung bahwa keduanya sama-sama menawarkan kamera sekunder dengan optik 5 MP. Hal yang sama berlaku pula pada kamera primer dimana masing-masing mengusung lensa 13 MP. Bedanya Meizu melangkah sedikit maju dengan melengkapi kamera utama tersebut dengan dual tone dual LED flash yang lumayan memberikan pencahayaan lebih natural dibanding LED konvensional. Setidaknya demikian secara teoritis.

Meizu Kamera M2 Note vs. Xiaomi Redmi Note 2

Pada kenyataannya kala digunakan untuk mengabadikan objek di luar ruangan dengan kondisi ideal foto-foto yang dihasilkan oleh kamera Xiaomi Redmi Note 2 tampak lebih tajam, memiliki detil tinggi serta kontras dan dynamic range yang lebih baik dibanding foto yang dihasilkan oleh kamera Meizu M2 Note. Sayangnya hal tersebut tidak diimbangi dengan reproduksi warna yang akurat, akurasi warna dari kamera Meizu M2 Note tampak lebih akurat dibanding kompetitornya.

Kondisi serupa kembali terjadi kala membandingkan keduanya di malam hari. Foto yang dihasilkan oleh kamera Redmi 2 Note lagi-lagi lebih minim noise dan menghasilkan detil lebih baik. Kecepatan focus-nya pun juga lebih unggul dibanding Meizu M2 Note.

Pilih Meizu M2 Note atau Xiaomi Redmi Note 2?

Karenanya untuk perbandingan kamera Meizu M2 Note vs. Xiaomi Redmi Note 2 dengan mudah Xiaomi tampil sebagai pemenang meski dengan reproduksi warna yang tidak memuaskan.

Cover bagian belakang Xiaomi Redmi Note 2 merupakan tipe removable dimana di baliknya pengguna bisa mengakses removable battery, slot dual micro SIM dan slot microSD.
Sedangkan Meizu M2 Note meletakkan slot dual dual nano SIM card dimana bisa difungsikan juga menjadi kombinasi nano SIM card/microSD pada bagian samping (tray). Cukup jelas bahwa Meizu M2 Note tidak menggunakan removable battery sebagaimana disediakan oleh kompetitor senegaranya.

Xiaomi Redmi Note 2 lagi-lagi memilih penempatan tombol pengatur volume dan tombol daya yang konvensional yaitu di sisi kanan sementara Meizu M2 Note meletakkan pada sisi kiri sehingga butuh sedikit pembiasaan.

Secara keseluruhan dari sisi desain dan tata letak kedua phablet cukup imbang, namun Meizu M2 Note tampil sebagai pemenang dalam poin perbandingan kali ini berkat build quality yang lebih solid. Xiaomi Redmi Note 2 sendiri kala sedikit ditekan menghasilkan suara berdecit antara casing depan dengan belakang sehingga berkesan murahan meski sebenarnya pada sisi lain Xiaomi sudah melengkapi phablet-nya dengan IR blaster yang tak dimiliki oleh M2 Note.

Untuk perbandingan layar Meizu M2 Note vs. Xiaomi Redmi Note 2 lebih pas memberi nilai imbang untuk keduanya. Baik M2 Note maupun Redmi Note 2 sama-sama menawarkan layar 5.5 inch beresolusi FHD. Reproduksi warna layar Xiaomi Redmi Note 2 memang tampak lebih mencolok namun pada saat yang bersamaan juga tidak terlalu akurat dan kekuning-kuningan sehingga tak cukup memberikannya keunggulan atas Meizu M2 Note.

Masuk pada perbandingan performa kecepatan Meizu M2 Note vs. Xiaomi Redmi Note 2. Meizu mengandalkan chipset MediaTek MT6753 berikut RAM 2GB yang meski terbukti mampu menjalankan game Android terbaru dengan cukup lancar namun grafisnya tentu saja terkompensasi. Setidaknya gejala lag tidak terasa mengganggu selama pengujian.

Di sisi lain Xiaomi Redmi Note 2 tampak unggul di atas kertas karena sudah mengadopsi chipset MediaTek MT6795 yang lebih akrab disebut dengan nama Helio X10. Sama halnya dengan Meizu, Xiaomi pun memberikan RAM berkapasitas 2 GB untuk bertanggung jawab atas performa multitasking Xiaomi Redmi Note 2.

Kombinasi tersebut terbukti mumpuni menjalankan game-game terbaru dengan nyaris sempurna, layak diacungi jempol mengingat banderol harga Xiaomi Redmi Note 2 hanya di kisaran Rp 2 juta-an. Performa kecepatan serta fluiditasnya tentu masih di bawah flagship smartphones, namun dengan banderol harga tersebut siapa pula yang bakal membandingkannya dengan smartphone dengan harga tiga hingga empat kali lebih mahal.

Jelas bahwa pada poin ini Xiaomi Redmi Note 2 unggul atas Meizu M2 Note, memang ada sisi negatif dimana kala digunakan menjalankan game yang sama dalam kurun waktu yang sama cover bagian belakang Redmi Note 2 menjadi hangat sementara Meizu M2 Note tetap dingin. Namun hal tersebut bisa dianggap wajar dan tak pula dalam level mengganggu.

Perbandingan Harga Meizu M2 Note vs. Xiaomi Redmi Note 2

Keunggulan Xiaomi Redmi Note 2 dibanding Meizu M2 Note berlanjut di sektor audio sebab speaker phablet buatan Xiaomi ini menghasilkan suara yang lebih dalam sekaligus jernih dibanding speaker M2 Note. Malahan kualitas audio (speaker) menjadi kelemahan utama dari Meizu M2 Note.

Opini Perbandingan Meizu M2 Note vs. Xiaomi Redmi Note 2

Dalam perbandingan Meizu M2 Note vs. Xiaomi Redmi Note 2 secara keseluruhan Xiaomi tampil sebagai pilihan yang lebih baik. Namun Meizu M2 Note pun juga tak jauh ketinggalan dan tetap merupakan opsi menjanjikan di kelasnya. Saat tulisan ini dibuat harga Xiaomi Redmi Note 2 ada di kisaran Rp 2.2 juta-an sedangkan harga Meizu M2 Note di kisaran Rp 1, 9 juta-an.