on

Perbandingan Samsung Galaxy A5 vs. Motorola Moto X Play

Perbandingan Samsung Galaxy A5 vs. Motorola Moto X Play mewarnai ketatnya kompetisi segmen menengah di tahun ini. Bersama dengan Moto X Pure dan Moto G 2015, Motorola Moto X Play mendapat respon positif yang dianggap sebagai kesuksesan memadukan spesifikasi mumpuni dengan harga terjangkau. Sementara Samsung Galaxy A5, well, nama besar Samsung sampai sekarang masih menjadi penentu utama sukses penjualan produk asal Korea tersebut.

Persaingan antara Samsung Galaxy A5 vs. Motorola Moto X Play mungkin tidak terlalu dinilai relevan bagi mayoritas konsumen di emerging markets dimana sebagian besar cenderung menutup mata terhadap merek lain ketika ada merek Samsung sebagai salah satu opsi. Namun meski demikian tetap ada kelompok konsumen yang bukan tipe following the masses dan pilih membentuk opini sendiri berdasar analisa pribadi. Untuk kelompok konsumen inilah kami menghadirkan perbandingan berikut.

Perbandingan Samsung Galaxy A5 vs. Motorola Moto X Play


Head-to-head Perbandingan Samsung Galaxy A5 vs. Motorola Moto X Play

Desain atau penampilan Samsung Galaxy A5 cenderung lebih mudah dicerna karena selain sudah bertahun-tahun Samsung tidak melakukan pembenahan di sektor desain juga dimensi yang ramping jelas merupakan selera kebanyakan orang. Dengan bobot 123 gram handphone Android kelas menengah buatan Samsung ini juga termasuk yang teringan di segmennya.

Sementara itu Motorola X Play tampak lebih “berisi” atau bulky dibanding kompetitornya yang berasal dari Korea. Namun jika Anda mau mengesampingkan faktor tersebut maka ada beberapa bagian desain ponsel terbaru kelas menengah buatan Motorola tersebut yang pantas diapresiasi. Salah satunya adalah cover bagian belakang. Meski bulky namun ukuran bezel super tipis yang mengelilingi layarnya menjaga kesan elegan dan modern. Bobotnya yang mencapai 168 gram memang sangat terasa dibanding Galaxy A5 namun berkat desain cover belakang mengkurva nyatanya Moto X Play tetap nyaman dalam genggaman.

Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy A5 vs. Motorola Moto X Play

Pada poin perbandingan desain dan build quality antara Samsung Galaxy A5 vs. Motorola X Play pantas rasanya menilai keduanya berimbang. Pastinya Moto X Play bisa menjadi alternatif bagi mereka yang bosan dengan penampilan Samsung Galaxy dimana sudah bertahun-tahun tidak berubah.

Di sektor layar, Samsung Galaxy A5 adalah smartphone kelas mid-low pertama dari Samsung yang mengadopsi layar berteknologi Super AMOLED. Tak heran jika semenjak pertama kali diumumkan calon konsumen demikian antusias menyambutnya. Layar berukuran 5 inch ini menampilkan resolusi maksimal 720 x 1280 (HD) dengan kepadatan warna 294 ppi. Samsung memberikan Corning Gorilla Glass 4 untuk meminimalisir goresan selama pemakaian.

Perbandingan Kamera Samsung Galaxy A5 vs. Motorola Moto X Play

Motorola X Play sendiri memiliki layar dengan ukuran sedikit lebih lebar yaitu 5.5 inch dengan teknologi IPS yang menampilkan resolusi maksimal 1080 x 1920 pixels atau setara FHD. Nilai kepadatan warnanya tercatat mencapai 403 ppi dan dilapis oleh Corning Gorilla Glass 3.

Layar Super AMOLED memang memiliki nilai tersendiri berkat warna hitam yang solid serta saturasi warna yang khas, namun dalam kasus ini ditilik dari sisi manapun layar milik Moto X Play tetap superior dibanding layar Galaxy A5.

Keunggulan Motorola Moto X Play atas Samsung Galaxy A5 kembali berlanjut di sektor performa kecepatan. Prosesor octa-core berkecepatan 1.7 GHz yang terintegrasi pada chipset Qualcomm Snapdragon 615 jelas bukan tandingan bagi Galaxy A5 yang masih sekedar mengandalkan chipset lawas Snapdragon 410 dengan prosesor quad-core berkecepatan 1.2 GHz terintegrasi. Kedua smartphone sama-sama memiliki RAM berkapasitas 2 GB.

Kedua smartphone kelas menengah ini sama-sama menawarkan kapasitas memori internal 16 GB, namun sementara Galaxy A5 hanya mendukung memori eksternal hingga 64 GB, pemilik Moto X Play bisa memanfaatkan hingga 128 GB.

Cukup jelas bahwa Motorola Moto X Play unggul dibanding Samsung Galaxy A5 pada poin ini.

Kala membandingkan kamera Samsung Galaxy A5 vs. Motorola Moto X Play di atas kertas saja sudah jelas Motorola kembali mengungguli Samsung. Benar bahwa nilai MP bukan satu-satunya penentu kualitas sebuah kamera, hanya saja dalam kasus ini nilai tersebut cukup merepresentasikan kondisi yang sebenarnya.

Kamera utama 13 MP pada Samsung Galaxy A5 termasuk salah satu yang terbaik di segmen mid-end sebelum kehadiran Moto G 2015 dan Moto X Play. Dengan dilengkapi oleh fitur auto-focus, flash, face detection, panorama, geo-tagging, dan video recording pada resolusi 1080p pada 30 fps tak heran jika Galaxy A5 sempat menjadi pilihan terbaik di masanya.

Namun kehadiran Moto X Play dan Moto G 2015 mengubah kondisi tersebut. Kamera utama 21 MP dengan lensa f/2.0 didampingi oleh auto-focus, LED flash, HDR, panorama, dan video recording pada 1080p at 30 fps dengan cepat menyingkirkan Samsung Galaxy dari singgasana.

Perbandingan Harga Samsung Galaxy A5 vs. Motorola Moto X Play

Di bagian depan kedua smartphone sama-sama mengusung kamera sekunder 5 MP yang kualitasnya tak perlu dibahas karena peruntukkannya pun sekedar untuk berfoto selfie/wefie dimana kualitas tidak menjadi relevan.

Di poin perbandingan konektivitas keduanya kembali berimbang dengan sama-sama menawarkan dukungan dual-SIM, 4G, Bluetooth 4.0, GPS (A-GPS and GLONASS), WiFi, dan NFC.

Opini Hasil Perbandingan Samsung Galaxy A5 vs. Motorola Moto X Play

Kecuali Anda sudah fanatik dengan merek tertentu maka sangat jelas bahwa Motorola Moto X Play unggul dari sisi manapun dibanding Samsung Galaxy A5. Banderol harga Motorola Moto X Play memang sekitar Rp 500 ribu lebih mahal jika dibanding harga Galaxy A5 namun harga tersebut sepadan dengan chipset yang lebih cepat dan lebih terkini, kapasitas memori eksternal lebih lega, kapasitas baterai lebih besar serta tentu saja kamera yang lebih baik.