on

Perbandingan iPhone 6s vs.Sony Xperia Z5

Meski bagi kebanyakan orang persaingan antara iPhone 6s vs. Sony Xperia Z5 tak terlalu menarik dibandingkan antara iPhone 6s vs. Samsung Galaxy S6 misalnya, namun kehadiran flagship smartphone terbaru keluaran Sony tersebut sebenarnya cukup memengaruhi potensi penjualan iPhone 6s dan beberapa produk sekelasnya secara signifikan.

Apple dan Sony sama-sama mencoba melakukan ubahan terhadap smartphone andalannya tahun ini. Walau kedua produsen tersebut tidak tampak all-out dalam melakukan ubahan namun ada beberapa poin yang menjadikan masing-masing tetap layak diperhitungkan bersama Galaxy S6, Moto X Pure maupun LG G4.

Perbandingan iPhone 6s vs.Sony Xperia Z5


Bedah Perbedaan iPhone 6s vs. Sony Xperia Z5

Pada poin desain Apple kini menggunakan material aluminium 7000 series dalam rangka memperkuat sasis casing iPhone seri terbaru, pasalnya mereka tak ingin kecolongan skandal “bendgate” yang sempat mengusik penjualan iPhone 6 tahun lalu. Meski ubahan tersebut termasuk signifikan namun kala digenggam dan dioperasikan nyaris tak ada perbedaan antara iPhone 6s dengan pendahulunya. Mungkin satu-satunya yang kasat mata di sektor desain hanyalah opsi casing dengan warna rose gold yang baru dihadirkan pada generasi iPhone terkini.

Sony Xperia Z5 sendiri juga tak banyak berubah di bagian ini, perpaduan cover aluminium di bagian belakang dengan serat kaca di depan masih dipertahankan. Pihak produsen mengklaim bahwa casing Xperia Z5 lebih tahan terhadap noda jari dibandingkan Xperia Z3+.

Dari sisi estetika secara sujektif kami menilai Sony Xperia Z5 lebih menarik, meski pada sisi lain kekuatan aluminium 7000 series yang digunakan menyeluruh pada iPhone 6s secara teoritis jelas lebih kuat. Build quality iPhone 6s juga sedikit lebih baik karena tidak muncul suara apapun kala casing-nya ditekan sebagaimana terjadi pada Xperia Z5.

Sony bagaimanapun layak mendapat apresiasi ekstra sebab dengan port microSD serta audio jack 3.5 mm yang kini terekspos alias tidak dilindungi oleh flap masih mampu mempertahankan sertifikasi IP68.

Untuk poin perbandingan layar iPhone 6s vs. Sony Xperia Z5 teknologi TRILUMINOS dengan resolusi FHD pada layar 5.2 inch Xperia Z5 menampilkan warna dan gambar yang jauh lebih hidup dibanding layar Retina milik iPhone 6s. Penggemar game dan film hampir pasti menjatuhkan preferensi-nya pada Xperia Z5. Namun meski tidak sebaik Sony sebenarnya layar Retina iPhone 6s masih terbilang outstanding.

Pilih iPhone 6s atau.Sony Xperia Z5?

Lagipula ketika membicarakan viewing angle sampai saat ini layar Retina masih adalah yang terbaik dan belum ada yang bisa menyamai lebih-lebih mengunggulinya.
Keunggulan lain dari layar iPhone 6s yang tak dimiliki oleh kompetitornya adalah tambahan sensor 3D Touch sebagai salah satu lapisan tambahan pada layar iPhone terbaru tersebut yang bisa mendeteksi kekuatan tekanan.

Pada perbandingan sistem operasi keduanya, sampai saat ini sistem operasi iOS masih merupakan salah satu sistem operasi yang paling mudah dipahami dan dioperasikan, mungkin dalam hal ini hanya Windows Phone yang bisa menyamai. iOS sendiri menawarkan segudang fitur unggulan, namun untuk tahun ini 3D Touch-lah yang menjadi poin of sale dari iOS 9 sekaligus iPhone 6s.

Perbandingan Harga iPhone 6s vs.Sony Xperia Z5

Tampilan Android Lollipop 5.1 sendiri meski sudah meningkat pesat dibanding tahun-tahun sebelumnya namun masih bukan pilihan utama bagi mereka yang baru saja menggunakan smartphone. Namun untungnya Sony memberikan tampilan antar muka sederhana sekaligus menarik sehingga sama sekali tidak kalah sederhana jika dibanding iOS.

Untuk poin perbandingan performa komputasi iPhone 6s vs. Sony Xperia Z5, flagship smartphone unggulan Sony yang diteanagai oleh chipset Snapdragon 810 merupakan salah satu yang tercepat saat ini. Kemampuannya menjalankan game berat serta aplikasi kompleks nyaris tanpa cela meski sayangnya muncul kenaikan suhu cukup signifikan yang membuat tidak nyaman. Setidaknya gejala overheat yang dialami oleh Xperia Z3+ tidak pernah terjadi pada Xperia Z5.

Sementara itu Apple mengandalkan chipset terbaru A9 berikut RAM yang kapasitasnya meningkat dua kali lipat dibanding pendahulunya. Meski hanya menggunakan prosesor dual-core serta RAM dengan kapasitas yang lebih kecil namun performa komputasi iPhone 6s sama sekali tidak inferior dari smartphone Android kelas high-end yang diatas kertas tampak unggul.

Spesifikasi yang tinggi sudah pasti menuntut kapasitas baterai lebih besar. Sementara Sony memberikan baterai berkapasitas 2900 mAh yang dalam pengujian sanggup bertahan selama satu setengah hari untuk penggunaan normal, anehnya Apple justru memberikan baterai dengan kapasitas yang lebih kecil dari pendahulunya yaitu 1715 mAh. Semula keputusan Apple mengganti baterai dengan kapasitas daya lebih kecil dianggap sebagai indikator bahwa chipset A9 lebih efisien dibanding pendahulunya. Kenyataannya tidak demikian, sebab baterai iPhone 6s dalam pengujian riil bahkan tak sanggup bertahan sehari penuh dalam kondisi penggunaan wajar.

Tak hanya soal kapasitas dimana Sony Xperia Z5 unggul di sektor baterai atas iPhone 6s, sebab chipset buatan Qualcomm yang digunakan Xperia Z5 juga mendukung fast-charging.

Bagaimana dengan perbandingan kamera iPhone 6s vs. Sony Xperia Z5? Bukan rahasia bahwa Sony merupakan pemasok sensor kamera untuk Apple termasuk untuk pembuatan iPhone 6s ini. Secara teoritis mestinya cukup jelas bahwa kamera Sony Xperia Z5 lebih baik dibanding iPhone 6s karena produsennya lebih menguasai teknologi fotografi.

Perbandingan Kamera iPhone 6s vs.Sony Xperia Z5

Perbandingan Performa iPhone 6s vs.Sony Xperia Z5

Walau demikian peningkatan atau upgrade modul kamera iPhone 6s dari pendahulunya cukup bisa dirasakan setidaknya dari peningkatan detil serta komposisi warna yang lebih natural. Bahkan kamera selfie 5 MP di bagian depan pun sudah lebih dari cukup memuaskan penggemar aktivitas selfie dan wefie sekalipun Retina flash-nya lebih sering menurunkan kualitas ketimbang memperbaiki kualitas foto di dalam ruangan atau malam hari. Seperti apa kualitas kamera iPhone 6s sudah dibahas lengkap pada artikel sebelumnya.

Kamera selfie Sony Xperia Z5 tak berbeda dari iPhone 6s kecuali dalam komposisi warna, well, faktanya sebagian besar kamera sekunder dengan sensor 5 MP menghasilkan kualitas foto yang tidak jauh berbeda satu sama lain. Namun kondisinya berbeda ketika membandingkan kamera utama, sebab bukan saja sensor 23 MP milik Xperia Z5 mampu menghasilkan detil yang lebih baik serta gambar lebih tajam namun juga memiliki kemampuan menangkap cahaya dalam kondisi pencahayaan kurang ideal dengan lebih baik. Sony juga melengkapi kamera utama ini dengan mode manual serta IOS.

Kamera iPhone 6s lebih sesuai bagi mereka yang sekedar ingin mengabadikan moment atau objek dengan praktis, tinggal menyerahkan ke mode auto dan pasrah dengan hasilnya. Sedangkan bagi mereka yang lebih puas menentukan setting sendiri demi mendapatkan hasil foto yang optimal maka sudah pasti Sony Xperia Z5 merupakan pilihan lebih tepat.

Perbandingan Spesifikasi iPhone 6s vs.Sony Xperia Z5

Opini Perbandingan iPhone 6s vs. Sony Xperia Z5

Harga Sony Xperia Z5 memang lebih mahal dibandingkan harga iPhone 6s versi termurah. Namun harap dicatat bahwa kapasitas memori internal iPhone 6s lini terendah nyaris tidak berguna sehingga secara ekonomis bukan pilihan bijak. Padahal Sony Xperia Z5 bukan saja memiliki kapasitas memori internal dua kali lipat namun juga mendukung penambahan memori eksternal via microSD hingga 200 GB.

Memilih mana yang lebih baik dari keduanya adalah keputusan pribadi dan masing-masing calon konsumen tentu memiliki selera dan pertimbangan berbeda.