on

Perbandingan LG G4 vs. LG Nexus 5X

Selain LG G4 dan LG V10 sebenarnya masih ada satu lagi flagship smartphone buatan pabrikan asal Korea itu di tahun yang sama. Memang resminya flagship ketiga ini tidak mengusung nama LG dan bukan bagian dari portofolio produk mereka. Namun karena diproduksi oleh perusahaan yang sama maka tak ada salahnya melihat posisi Nexus 5X dibanding LG G4.

Perbandingan LG G4 vs. LG Nexus 5X hendak mengupas adakah perbedaan keduanya atau justru LG menempatkan DNA LG G4 ke dalam smartphone Android Marshmallow pertama pesanan Google tersebut. Silakan menyimak ulasan berikut untuk menilik kesamaan dan perbedaan antara keduanya.

Perbandingan LG G4 vs. LG Nexus 5X


Membandingkan LG G4 vs. LG Nexus 5X

Lagi-lagi di jantung performa LG kembali masih memercayakan chipset Snapdragon 808 buatan Qualcomm untuk Nexus 5X sebagaimana sudah pula digunakan pada LG G4 dan LG V10. Dukungan konektivitas serta interface yanf ditawarkan keduanya juga relatif identik kecuali pada port USB dimana LG G4 masih menggunakan USB 2.0 sementara pada Nexus 5X sudah mengadopsi USB tipe C.


LG Nexus 5X tercatat sebagai seri Nexus ketiga yang pernah diproduksi oleh LG. Berawal dari sukses mereka di tahun 2012 ketika dipercaya oleh Google membesut LG Nexus 4 yang tak lain adalah kembaran dari LG G2 produsen asal Korea itu kembali mendapat kepercayaan yang sama pada tahun 2013 untuk memproduksi LG Nexus 5 dan LG Nexus 5X dua tahun kemudian. Pada tahun 2014 Google sempat menyerahkan mandat pada Motorola namun tidak dianggap memenuhi ekspektasi hingga akhirnya kepercayaan kembali diserahkan pada LG disamping Huawei.

Jika pada LG G4 sang produsen menempatkan layar IPS Quantum berukuran 5.5 inch dengan resolusi QHD maka untuk Nexus 5X mereka hanya memberikan layar 5.2 inch dengan resolusi FHD. Tidak cukup jelas alasan apa dibalik pemilihan layar yang lebih inferior tersebut, namun demikian kualitas layar Nexus 5X sendiri masih terbilang sangat baik selama tidak dibandingkan langsung dengan LG G4.

Perbandingan LG G4 vs. LG Nexus 5X

Di dapur pacu sekalipun sama-sama menggunakan chipset Snapdragon 808 namun Nexus 5X hanya didampingi oleh RAM sebesar 2 GB dimana LG G4 mengusung RAM 3 GB. Pada kenyataannya perbedaan itu tidak terlalu signifikan karena tampilan antar muka stock Android pada Nexus 5X tidak mengkonsumsi RAM dalam jumlah besar. Pada poin ini justru kelemahan LG Nexus 5X yang paling nyata dibanding LG G4 adalah ketiadaan dukungan memori eksternal.

Kekuragan LG Nexus 5X lainnya dibanding LG G4 bisa dilihat pada fitur kamera dimana Nexus menggunakan modul kamera Sony IMX377 12.3 MP tanpa fitur OIS. Sedangkan kamera LG G4 yang diakui sebagai salah satu smartphone dengan kamera terbaik sepanjang tahun 2015 lalu mengandalkan sensor 16 MP dengan dukungan fitur lebih komplet termasuk OIS. Kondisi yang sama kembali terjadi pada kamera sekunder dimana Nexus 5X hanya dilengkapi kamera 5MP sedangkan kamera sekunder LG G4 bukan saja memiliki resolusi lebih tinggi namun juga lensa lebih lebar.

Pada sisi lain LG Nexus 5X juga memiliki kelebihan yang tak dimiliki oleh LG G4, satu diantaranya adalah sensor pemindai sidik jari yang cukup mengherankan tidak menjadi bagian dari LG G4. Selain itu sudah jelas bahwa Nexus 5X sudah menjalankan sistem operasi terbaru Android 6.0 Marshmallow dan mengusung port USB tipe C.

Opini Hasil Perbandingan LG G4 vs. LG Nexus 5X

Berbeda dengan perbandingan LG V10 vs. LG G4 lalu yang pemenangnya cukup mudah ditentukan, pada perbandingan LG G4 vs. LG Nexus 5X kondisinya sedikit lebih kompleks. LG G4 tampak lebih superior, namun ada beberapa fitur penting yang tidak dimiliki olehnya sementara Nexus 5X justru sudah memiliki. Salah satu yang dimaksud tentu saja adalah sensor pemindai sidik jari yang pada saat ini sudah bukan lagi merupakan fitur gimmick namun sudah menjadi kebutuhan.

Bagaimanapun LG G4 memiliki lebih banyak keunggulan daripada kelemahan kala diperbandingkan dengan LG Nexus 5X, karena itu kami memilihnya sebagai pemenang dalam perbandingan ini.