on

Perbandingan LG V10 vs. LG G4

Tahun lalu produsen asal Korea LG merilis dua flagship smartphones sekaligus masing-masing adalah LG V10 dan LG G4. Kehadiran lebih dari satu flagship cenderung membuat konsumen ragu dalam membuat keputusan pembelian meski tentu saja pada sisi lain memberi opsi yang lebih fleksibel.

Perbandingan LG V10 vs. LG G4 diangkat sebagai topik kali ini untuk membantu calon konsumen membuat keputusan beli. Sekilas lalu LG V10 memang tampak lebih menarik dengan dual display, namun selisih harga keduanya yang lumayan biasanya kembali membuat calon konsumen mempertimbangkan layak tidaknya sejumlah uang yang harus mereka bayarkan. Silakan menyimak perbandingan keduanya berikut ini untuk membantu Anda mempertimbangkan salah satu diantara keduanya.

Perbandingan LG V10 vs. LG G4


Perbandingan Desain & Spesifikasi LG V10 vs. LG G4

Selain perbedaan sebenarnya ada cukup banyak pula kesamaan antara LG V10 dengan LG G4. Sebut saja misalnya layar berteknologi IPS dengan resolusi QHD meski pada LG V10 ukurannya sedikit disunat dalam rangka memberi tempat pada layar kedua. Keduanya juga mengandalkan chipset yang sama yaitu Snapdragon 808 dengan prosesor hexa-core besutan Qualcomm. Baik V10 maupun G4 mendukung penggunaan memori eksternal meski kapasitas maksimal yang didukung masing-masing tidak sama.

Kesamaan keduanya kembali berlanjut pada sektor dukungan konektivitas dan interface yang meliputi Wi-Fi, Bluetooth 4.1, GPS, NFC, a built-in IR Blaster dan microUSB port. Di bawah ini adalah tabel perbandingan LG V10 vs. LG G4 untuk melihat persamaan dan perbedaan keduanya secara lebih mendetil:


Sejarah dan nama LG G4 sudah pasti lebih akrab bagi konsumen karena ia adalah penerus dari LG G3 yang menjadi andalan perusahaan yang sama tahun sebelumnya. LG G4 yang merupakan penyempurnaan hadir dengan balutan desain yang atraktif, unik sekaligus stylish jika dibanding para pendahulunya.

Namun sebenarnya lompatan paling penting yang dilakukan LG untuk memperbaiki LG G3 terletak pada layar. Meski tercatat sebagai smartphone pertama yang mengadopsi layar beresolusi QHD namun faktanya reproduksi warna layar LG G3 tak setajam yang diharapkan, karena itu lewat LG G4 sang produsen memperkenalkan teknologi IPS Quantum yang terbukti mampu mengatasi kesalahan mereka sebelumnya.

Pilih LG V10 atau LG G4?

Sementara itu di sektor performa alasan LG pilih menggunakan Snapdragon 808 alih-alih 810 adalah pengalaman buruk mereka bersama chipset tersebut kala dipasangkan di LG G Flex 2 beberapa bulan sebelum kehadiran LG G4. Pada uji benchmark LG G4 menjadi inferior dibanding flagship smartphones lain sekelasnya. Pada prakteknya meski perbedaan tersebut memang nyata terjadi namun LG G4 masih terbilang handal menjalankan berbagai aplikasi kompleks sekalipun.

Dibandingkan LG V10 sendiri peningkatan di sektor performa tampak pada penambahan kapasitas RAM yang sebelumnya hanya 3 GB menjadi 4 GB. Alhasil kemampuan multitasking LG V10 secara teoritis sedikit lebih baik jika dibandingkan LG G4.

Pada fitur kamera sudah diakui bahwa kamera LG G4 adalah salah satu yang terbaik di antara flagship smartphone keluaran tahun 2015 lalu. Karena itu tidak mengherankan jika pabrikan tersebut memutuskan mempertahankan modul kamera yang sama untuk LG V10. Perbedaan fitur kamera terdapat pada modul kamera sekunder dimana kamera 8 MP single FCC sudah digantikan posisinya oleh kamera 5 MP dual FCC yang lebih canggih.

Sama halnya dengan LG G4 sang produsen pun kembali mengaplikasikan baterai tipe removable untuk LG V10 setelah mendengar ekspektasi konsumen yang rata-rata enggan menyerahkan handheld-nya ke Service Center sekedar untuk mengganti baterai. Sayang sekali pihak pabrikan belum bersedia meningkatkan kapasitas daya baterai sebagaimana diharapkan pula oleh konsumen setianya selama ini.

Keunggulan LG V10 dibanding LG G4 lainnya bisa dilihat dari perpaduan apik antara pemindai sidik jari dengan modul NFC yang menjadikan proses pembayaran nirkabel bakal terasa lebih praktis sekaligus aman.

Perbandingan LG V10 vs. LG G4

Opini Terhadap Hasil Perbandingan LG V10 vs. LG G4

Dari hasil perbandingan LG V10 vs. LG G4 di atas jelas sudah bahwa V10 memiliki cukup banyak keunggulan dibanding saudaranya itu. Build quality lebih baik, performa lebih baik serta peningkatan fitur diantaranya adalah kamera sekunder, layar kedua serta pemindai sidik jari menjadikannya layak dipertahankan hingga beberapa tahun kedepan atau lebih lama ketimbang LG G4.

Di sisi lain jika anggaran menjadi pertimbangan Anda maka tak ada salahnya memilih LG G4, meski minim fitur dibanding V10 namun masih termasuk salah satu opsi terbaik setidaknya hingga tahun depan.