on

Oppo F1s Selfie Expert: Handphone Android Terbaru untuk Penggemar Selfie

Oppo kembali melahirkan handphone Android terbaru untuk penggemar selfie, kali ini adalah Oppo F1s Selfie Expert dengan kamera sekunder yang konon secara khusus dirancang untuk aktivitas selfie. Performa Oppo F1s memang tidak terlalu istimewa namun kamera yang diusungnya tampak bakal mampu mengakomodir ekspektasi selfie-mania. Harga handphone terbaru bermerek Oppo ini juga menjadi daya tarik tersendiri di mata calon konsumen.

Bukan pertama kalinya Oppo secara khusus menyasar kelompok konsumen yang memuja kamera selfie, dan saat ini pun mereka bukan pula satu-satunya produsen yang menawarkan keistimewaan tersebut. Lantaskah ia dipertimbangkan? Silakan menyimak ulasan Oppo F1s berikut:

Oppo F1s


Mengulas Spesifikasi Handphone Android Selfie Oppo F1s Selfie Expert

Penampilan Oppo F1s Selfie Expert sendiri sebenarnya tidak tampak istimewa, selain desainnya konvensional juga tak ada bahan aluminium terlihat pada casing-nya. Namun sama seperti handphone terbaru Huawei dan Oppo kali ini F1s juga mengadopsi 2.5D yang bagi beberapa konsumen dianggap sebagai kelebihan sementara bagi sisanya dianggap tak terlalu signifikan karena memang susah dibedakan dengan non 2.5D.

Selain penampilan yang konvensional Oppo juga masih mengimplementasikan dimensi bezel lebar pada bagian atas dan bawah sehingga memberi kesan kurang moden mengingat kebanyakan ponsel masa kini sudah mengadopsi bezel yang sangat tipis.

Spesifikasi Oppo F1s

Pada bagian tepi kiri sang produsen menempatkan tombol pengatur volume, sedangkan pada sisi kanan selain tombol daya terdapat pula tray hybrid dual SIM/microSD. Artinya Anda harus menentukan antara menggunakan dua kartu SIM atau satu kartu SIM dan satu keping microSD yang berperan sebagai memori eksteral.

Meski casing-nya tidak tampak menggunakan bahan logam namun sebenarnya tidak tepat demikian. Pasalnya pada cover belakang Oppo menggunakan bahan logam, hanya saja proses pembuatannya memang jauh dari konvensional alias berbeda dengan casing logam pada umumnya. Alhasil ia cenderung menyerupai plastik baik dari segi penampilan maupun kelenturan, namuna saat dipegang barulah terasa dingin seperti umumnya material logam.

Oppo F1s menggunakan layar berukuran 5 inch dengan resolusi setara HD dan teknologi IPS. Secara teoritis mestinya sudah cukup baik untuk ukuran smartphone di rentang harga tersebut, namun sayangnya tingkat kecerahan yang ditampilkan tidak tampak maksimal meski kala digunakan di luar ruangan masih bisa terbaca baik. Akurasi warna secara keseluruhan terbilang baik kecuali warna hitam yang jauh dari solid.

Harga Oppo F1s

Fitur yang diunggulkan tak lain adalah kamera utama 13 MP f2.2 dengan phase detection autofocus serta kamera sekunder 8 MP. Seperti umumnya kamera smartphone, kualitas foto yang dihasilkan lebih bergantung pada pemrosesan lewat perangkat lunak ketimbang perangkat kerasnya sendiri. Karenanya tak mengherankan jika pada kondisi pencahayaan ideal yaitu di luar ruangan dengan kondisi cuaca cerah mayoritas foto yang dihasilkan tampak baik. Sebaliknya di luar situasi tersebut tak ada keistimewaan didapat darinya, namun bahkan kamera smartphone kelas high-end pun kebanyakan mengalami hal yang sama.

Kamera Oppo F1s memang belum mendukung perekaman video 4K, namun untuk smartphone kelas menengah ia terbilang memiliki fitur komplet seperti Double Exposure, Super Macro, Slow Motion, RAW shooting dan Expert Mode.

Fitur menarik lain yang mendampingi kamera tersebut adalah mode UltraHD dimana pada mode tersebut kamera Oppo F1s akan mengambil 4 foto secara berkelanjutan untuk menghasilkan sebuah foto dengan resolusi 51 MP. Hasilnya cukup baik jika dibandingkan dengan foto yang sama pada mode normal, hanya saja tak tampak terlalu berbeda kala dibandingkan dengan mode HDR.

Untuk kamera selfie-nya sendiri baik performa kamera maupun mode beauty yang ditawarkan relatif memuaskan, kekurangan hanya terletak pada viewing angles yang sempit dimana berakibat foto menjadi kabur (blurry) kala digunakan berfoto wefie.

Di sektor perangkat lunak Oppo F1s menjalankan sistem operasi Android 5.1 dengan tampilan antar muka Color OS yang meski responsif namun tetap tidak juga dilengkapi dengan apps drawer sebagaimana diketemukan pada tampilan antar muka merek-merek buatan Korea atau Jepang.

Kelemahan sesungguhnya dari Oppo F1s Selfie Expert terdapat di sektor baterai dimana produsen belum melengkapinya dengan fitur quick charging. Walau demikian baterai berkapasitas 2500 mAh tersebut sanggup bertahan selama sehari mengingat spesifikasi serta resolusi layar Oppo F1s yang tergolong rendah.

Handphone Android Terbaru Oppo F1s

Performa kecepatan Oppo F1s Selfie Expert meski tidak istimewa namun juga tergolong baik, dalam uji AnTuTu mencatatkan poin hampir dua kali lipat lebih baik dibanding Motorola Moto G 2015. Kombinasi antara Snapdragon 616 dengan RAM 3 GB rasanya sudah cukup baik untuk smartphone kelas menengah seperti ini.

Harga Oppo F1s di Indonesia
Oppo F1s
Harga Oppo F1s
beli sekarang


Opini untuk Handphone Android Selfie Terbaru Oppo F1s Selfie Expert

Oppo F1s memiliki hampir semua aspek teknis yang diharapkan dari sebuah smartphone kelas menengah dengan kisaran harga Rp 4 juta-an. Desain yang biasa saja tak membuatnya tampak menarik namun bisa dimaklumi, kekurangan yang mungkin membuat calon konsumen berpikir ekstra sebelum membeli adalah layanan purna jual yang belum sebaik kompetitor dari Korea.