on

Menelusur Perbedaan Huawei Mate 8 vs. Huawei Mate 7

Huawei Mate 8 menjadi kuda hitam diantara high-end phablet keluaran tahun 2016 ini. Namun selain posisinya tersebut ia juga didaulat menggantikan Mate 7 yang merupakan salah satu andalan pabrikan asal Cina itu pada tahun sebelumnya. Di Eropa Huawei Mate 7 mendapat respon positif, karenanya tugas berat menanti Mate 8.

Perbandingan atau perbedaan Huawei Mate 8 vs. Huawei Mate 7 menjadi pembahasan kali ini untuk melihat sejauh mana penyempurnaan yang dilakukan pihak pabrikan terhadap phablet terbaru mereka. Selain itu perbandingan ini juga dimaksudkan sebagai bahan pertimbangan bagi pemilik Huawei Mate 7 yang sedang mempertimbangkan melakukan upgrade ke Huawei Mate 8.

Perbedaan Huawei Mate 8 vs. Huawei Mate 7


Perbedaan Desain, Fitur & Spesifikasi Huawei Mate 8 vs. Huawei Mate 7

Dari sisi desain Huawei Mate 8 maupun Mate 7 sama-sama sudah mengadopsi casing berbahan logam dengan build quality solid, keduanya pun sudah dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari serta baterai dengan kapasitas daya yang besar.

Pada poin ini perbedaan yang mula-mula tampak adalah ukuran bezel pada Mate 8 yang lebih tipis ketimbang pendahulunya. Menurut penjelasan pihak Huawei layar pada Mate 8 juga sudah mengadopsi teknologi 2.5D namun sejujurnya sulit untuk membedakan perubahan tersebut dibanding Mate 7 atau smartphone lain yang belum mengadopsinya.

Perbedaan keduanya untuk poin desain memang bisa dibilang minor. Selain desain laayar 2.5D dan ukuran bezel perbedaan lainnya hanya berupa sudut yang pada Mate 8 dibuat lebih tegas serta bagian belakang yang semula mengkotak kini menjadi melingkar.

Perbedaan Huawei Mate 8 vs. Huawei Mate 7

Untuk sektor performa perubahan terlihat lebih jelas, setidaknya secara teoritis. Chipset Kirin 925 yang menjadi jantung performa Huawei Mate 7 kini telah digantikan oleh Kirin 950. Lagi-lagi secara teoritis mestinya Huawei Mate 8 lebih memuaskan penggemar game karena menawarkan performa lebih baik ketimbang pendahulunya. Namun jika dibandingkan smartphone sekelas buatan pabrikan lain yang sama-sama diproduksi di tahun 2016 tampaknya dalam waktu singkat Huawei Mate 8 bakal keteteran ketika kompetitor sudah mengadopsi Snapdragon 820 nantinya.


System chip
HiSilicon Kirin 950 HiSilicon Kirin 925

Processor
Octa-core, 2300 MHz, ARM Cortex-A72 and ARM Cortex-A53, 64-bit Octa-core, 1800 MHz, ARM Cortex-A15 and ARM Cortex-A7
Graphics processor ARM Mali-T880 MP4 Mali-T628 MP4

System memory
4096 MB RAM 3072 MB RAM
Built-in storage 128 GB 32 GB
Storage expansion microSD, microSDHC, microSDXC up to 128 GB microSD, microSDHC, microSDXC up to 128 GB

Jika tahun lalu Huawei Mate 7 hanya tersedia dalam opsi kapasitas RAM 3 GB dan memori internal 32 GB saja maka untuk Huawei Mate 8 calon konsumen bisa memilih antara kapasitas RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB seperti sebelumnya atau dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

Membandingkan layar Huawei Mate 8 vs. Mate 7 tampak tidak ada perbedaan antara keduanya, rupa-rupanya pihak produsen masih merasa bahwa layar yang mereka gunakan sebelumnya masih cukup mumpuni.

Perbedaan Huawei Mate 8 vs. Huawei Mate 7

Ubahan kembali terlihat pada fitur kamera dimana sensor 13 MP milik Mate 7 sudah disingkirkan oleh modul kamera 13 MP dengan sensor 1/2.8″ Sony IMX298. Meski merupakan peningkatan namun kami sendiri cenderung lebih menyukai hasil foto dari kamera Huawei Mate 7, sebab dalam pandangan subjektif hasil foto dari kamera Huawei Mate 8 cenderung overexposing.
Sebaliknya ubahan pada kamera sekunder dimana sebelumnya menggunakan modul 5 MP menjadi 8 MP tampak sebagai sebuah kemajuan karena perbedaan detilnya cukup kentara.

Huawei Mate 7:

Perbedaan Huawei Mate 8 vs. Huawei Mate 7

Huawei Mate 8:

Perbedaan Huawei Mate 8 vs. Huawei Mate 7

Huawei menggantikan baterai 4100 mAh pad Mate 7 dengan baterai 4000 mAh untuk Mate 8. Walau demikian dalam pengujian keduanya mencatatkan stamina yang tak beda jauh, bisa jadi layar serta chipset Huawei Mate 8 lebih efisien mengkonsumsi daya baterai ketimbang pendahulunya.

Perbedaan Huawei Mate 8 vs. Huawei Mate 7

Opini Terhadap Hasil Perbandingan Huawei Mate 8 vs. Huawei Mate 7

Dari hasil perbandingan Huawei Mate 8 vs. Huawei Mate 7 di atas rasanya adil mengatakan bahwa Mate 8 menawarkan ubahan yang cukup signifikan dibanding pendahulunya, namun pada saat yang bersamaan pihak pabrikan juga mematok harganya lebih mahal. Pada akhirnya layak atau tidak mengganti Huawei Mate 7 yang Anda miliki dengan Huawei Mate 8 yang lebih baru kembali pada pertimbangan Anda masing-masing.