on

Mengupas Spesifikasi Samsung Galaxy A5 2016

Bersamaan dengan Samsung Galaxy A3 2016 produsen yang sama juga memperkenalkan upgrade untuk keluarga Galaxy seri A lainnya yaitu Samsung Galaxy A5 2016. Tahun lalu respon konsumen cukup positif terhadap Galaxy A5 namun tingkat penjualannya masih jauh dari yang diharapkan oleh Samsung sendiri.

Lewat penyempurnaan Samsung Galaxy A5 2016 ini tentu sang produsen berharap menorehkan catatan penjualan lebih baik sekaligus berkontribusi terhadap penjualan global produk Samsung Galaxy yang jauh dari menggembirakan sepanjang tahun 2015 lalu. Sesignifikan apakah penyempurnaan Samsung Galaxy A5 2016 dibanding Galaxy A5 2015?

Samsung Galaxy A5 2016 Indonesia


Membedah Ubahan Pada Samsung Galaxy A5 2016

Harga Samsung Galaxy A5 2016 dibanderol di kisaran yang sama dengan LG Nexus 5X yang menjadi andalan Google di segmen menengah tahun ini. Maka hampir bisa dipastikan bahwa bakal terjadi kompetisi sengit antara kedua smartphone tersebut.

Sama halnya dengan Galaxy A3 terbaru, desain dan penampilan Samsung Galaxy A5 terbaru sangat mirip dengan Galaxy S6. Jika hanya melihat dari sisi bagian depan atau belakang saja cukup sulit menemukan perbedaan fisik antara Samsung Galaxy S6 dengan Samsung Galaxy A5 2016. Namun seperti halnya Galaxy A3 2016, Galaxy A5 teranyar ini juga sudah menerapkan desain 2.5D dimana perpaduan antara aluminium dengan gelas benar-benar menyatu sehingga tampak sebagai satu kesatuan.

Keunggulan dan Kelemahan Samsung Galaxy A5 2016

Berkat lapisan Gorilla Glass 4 sisi depan dan belakang Galaxy A5 terbukti cukup tahan terhadap goresan, kala digenggam ia juga terassa sangat solid. Namun sama seperti A3, kelemahan terletak pada bingkai aluminium di sekeliling handheld yang harus dijaga sedemikian rupa karena sedikit goresan saja meninggalkan bekas yang lumayan mengganggu estetika.

Penempatan tombol pengatur volume dan tombol daya berbahan aluminium terasa lebih pas pada Galaxy A5 ketimbang Galaxy A3. Secara menyeluruh dari sisi desain rasanya tak ada kritikan penting yang pantas dialamatkan kepadanya.

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A5 2016

Layar Super AMOLED berukuran 5.2 inch miliknya mampu menampilkan resolusi maksimal 1920 x 1080 pixels dengan komposisi warna, viewing angles serta tingkat kontras yang sangat baik.

Di sektor perangkat lunak Samsung mulai mengevaluasi kegagalan penjualan mereka tahun lalu dimana salah satunya disebabkan oleh tampilan antar muka TouchWiz yang boros sumber daya serta dijejali dengan terlalu banyak bloatware. Samsung saat ini memang tengah mendesain ulang tampilan antar muka tersebut dan belum siap dilepas ke pasaran. Namun sebagai solusi sementara produsen asal Korea tersebut sudah mengurangi jumlah bloatware serta membuat tampilan antar mukanya lebih mendekati stock Android. Samsung Galaxy A5 2016 dan Samsung Galaxy A3 2016 adalah dua smartphone pertama yang mengadopsi perubahan tersebut.

Samsung Galaxy A5 terbaru ini juga tidak menggunakan chipset terbaru, sebab Samsung masih mengandalkan Exynos 7580 yang tahun lalu sudah digunakan pada tablet Samsung Galaxy Tab S2 serta Samsung Galaxy View yang fenomenal itu. Didukung dengan RAM berkapasitas 2 GB dalam uji AnTuTu Galaxy A5 mencatat poin tak jauh beda dari kompetitor utamanya yaitu LG Nexus 5X.

Jelas bahwa point 40,931 tak membuatnya layak disejajarkan dengan smartphone kelas high-end namun dalam pengujian singkat dengan menjalankan browser serta membuka beberapa aplikasi semuanya di-handle sangat baik oleh smartphone kelas menengah buatan Samsung ini. Bahkan beberapa game kompleks juga dijalankan relatif mulus olehnya.

Di sektor audio, speaker tunggal bawaan Galaxy A5 sangat pas bagi mereka yang gemar mendengarkan musik klasik meski tidak dalam takaran istimewa. Seperti biasa kualitas maksimal bisa dinikmati dengan headphone. Aplikasi SoundAlive juga sudah menjadi bagian pendukung darinya.

Modul kamera yang dimiliki oleh Galaxy A5 terbaru masih sama seperti Galaxy A3, bedanya pada A5 sudah didukung oleh OIS sehingga gejala blurry atau kabur kala mengabadikan gambar di dalam ruangan atau malam hari yang kerap dialami oleh kamera Galaxy A3 2016 relatif teratasi di sini.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A5 2016

Bagaimanapun kualitas foto ideal hanya bisa dicapai pada kondisi pencahayaan ideal, karenanya jika Anda termasuk enthusiast di bidang fotografi rasanya kamera ini masih jauh dari ekspektasi.

Dibekali dengan baterai berkapasitas 2900 mAh Galaxy A5 terbaru sanggup bertahan selama lebih kurang satu setengah hari untuk penggunaan normal.


Opini Terhadap Samsung Galaxy A5 2016

Layar serta stamina baterai merupakan dua keunggulan utama dari Samsung Galaxy A5 2016 di luar desain dan build quality. Samsung juga menyediakan slot pendukung memori eksternal yang merupakan kabar baik bagi mayoritas calon konsumen.

Kelemahan Samsung Galaxy A5 terbaru terletak pada fitur kamera yang masih jauh di bawah harapan, juga performanya yang bahkan belum mampu menyamai flagship dua tahun lalu. Karenanya LG Nexus 5X bukan satu-satunya ancaman bagi Galaxy A5, beberapa flagship lawas juga berpotensi menjadi ancaman serius untuknya.