on

Membandingkan Samsung Galaxy Note 7 vs. Samsung Galaxy Note 5

Perbandingan Samsung Galaxy Note 7 vs. Samsung Galaxy Note 5 menjadi rutinitas yang hampir pasti dilakukan oleh mereka yang saat ini sudah menggunakan Samsung Galaxy Note 5 (SGN 5) dan berencana melakukan upgrade. Namun rutinitas serupa tidak tertutup juga bagi yang saat ini menggunakan SGN seri di bawahnya.

Seperti disinggung pada artikel sebelumnya bahwa SGN 7 semestinya mengadopsi nama SGN 6 jika menilik urutan selama ini, namun dalam rangka menyejajarkan dengan seri Galaxy S maka sang produsen pilih menggunakan angka ‘7’. Selain itu dari sisi tampilan memang ada banyak kemiripan antara Samsung Galaxy Note 7 dengan Samsung Galaxy S7 Edge. Namun adakah perbedaan signifikan antara Samsung Galaxy Note 7 dengan Samsung Galaxy Note 5 yang adalah pendahulunya?

Membandingkan Samsung Galaxy Note 7 vs. Samsung Galaxy Note 5


Menyimak Perbedaan Samsung Galaxy Note 7 vs. Samsung Galaxy Note 5

Dari sisi dimensi Samsung Galaxy Note 5 tercatat memiliki dimensi 153.2 x 76.2 x 7.6 mm dengan bobot 171 gram. Sementara penerusnya memiliki dimensi 153.5 x 73.9 x 7.9 dan bobot 169 gram yang artinya memiliki bobot sedikit lebih ringan jika dibandingkan dengan SGN 5.

Jika menilik pada sisi desain semata beberapa hal yang membuat SGN 7 mencolok dibanding SGN 5 diantaranya adalah desain yang sudah mengadopsi IP68, layar mengkurva pada kedua tepi seperti Galaxy S7 Edge. Namun desain tepinya lebih mengkotak dibanding Galaxy S7 Edge karena Samsung tampaknya ingin menjadikan tampilan tersebut sebagai ciri khas seri Note.

Sama seperti yang sudah-sudah fitur S-Pen tetap menjadi fitur andalan bagi Samsung Galaxy Note 7, hanya saja selain tingkat presisi lebih baik dibanding SGN 5 juga bagian ujung pena dibuat lebih tipis sehingga lebih terasa seperti pena sungguhan. Dikombinasikan dengan tingkat tekanan (level of pressure) mencapai 4.096 tingkat responsivitasnya lebih sempirna dibanding para pendahulu termasuk SGN 5.

Sensor pemindai sidik jari yang sudah disematkan sejak masa SGN 4 masih dipertahankan, kali ini sang produsen bahkan menambah sensor iris untuk meningkatkan proteksi keamanan seperti yang lebih dulu sudah dilakukan oleh Microsoft pada Lumia 950 dan 950 XL.

Samsung tampaknya sudah cukup puas dengan tingkat resolusi serta tingkat kerapatan warna layar Samsung Galaxy Note, hal itu tercermin dari tingkat resolusi setara QHD dengan kerapatan warna 515 ppi yang masih bertahan semenjak Galaxy Note 4. Dari sisi spesifikasi tidak terkesan ada peningkatan, namun dari sisi experience jelas berbeda karena layar mengkurva memang memberi keunikan tersendiri dibanding layar konvensional seperti yang digunakan oleh SGN 5.

Fitur layar always-on yang sebelumnya dipekenalkan pada Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge diturunkan untuk Galaxy Note 7. Pengaplikasian fitur tersebut di SGN 7 sudah dikombinasikan dengan S-Pen sehingga pengguna bisa langsung menggunakan S-Pen dalam kondisi sleep.

Di samping itu fitur HDR mobile turut mendampingi Galaxy Note 7 yang artinya manakala konten HDR mobile tersedia phablet terbaru buatan Samsung ini sudah bisa menjalankannya. Fitur tersebut belum tersedia pada Galaxy Note 5.

Perbedaan mencolok antara Samsung Galaxy Note 7 vs. Samsung Galaxy Note 5 lainnya terletak di sektor kamera dimana SGN 7 mengadopsi kamera milik Samsung Galaxy S7/Edge yang untuk saat ini diakui sebagai kamera terbaik yang ada di smartphone.
Kamera Samsung Galaxy Note 7 memang di atas kertas memiliki resolusi lebih rendah dibanding Samsung Galaxy Note 5 bahkan Samsung Galaxy Note 4. Namun kualitas foto bukan semata-mata ditentukan oleh nilai MP dan SGN 7 menjadi salah satu buktinya.

Tahun lalu ketika merilis Samsung Galaxy Note 5 banyak pemilik Samsung Galaxy Note 4 yang kecewa bahkan memilih tidak melakukan upgrade karena SGN 5 tidak menawarkan memori eksternal. Samsung sudah belajar dari kesalahan tersebut, karenanya Samsung Galaxy Note 7 mendukung memori eksternal via microSD. Meski baterai 3500 mAh-nya tetap menggunakan tipe tanam (non-removable battery).

Samsung Galaxy Note 7 pun sudah mengadopsi USB C dimana baik Galaxy Note 4 maupun duo Samsung Galaxy 7 dan Galaxy S7 Edge masih menggunakan microUSB.

Kesimpulan Perbandingan Samsung Galaxy Note 7 vs. Samsung Galaxy Note 5

Ubahan yang dilakukan Samsung terhadap Galaxy Note 7 boleh dibilang signifikan, bahkan dari sisi desain saja keberadaan layar mengkurva serta IP68 sudah sangat layak diapresiasi. Kemauan sang produsen mendengar kekesalan konsumen seputar ketiadaan memori eksternal sudah terselesaikan, ditambah kualitas kamera yang jauh lebih baik berikut peningkatan performa rasanya cukup menjadi alasan bagi pengguna Galaxy Note 5 atau seri di bawahnya untuk beralih ke SGN 7 selama memiliki anggaran memadai.

Spesifikasi dan harga Samsung Galaxy terbaru bagian dari keluarga seri Note ini memang menunjukkan keseriusan sang produsen dalam mengembangkan lini tersebut, meski sayang hingga saat ini masalah baterai meledak pada Galaxy Note 7 berpotensi mengganjal penjualan produk itu sendiri termasuk merusak citra positif merek Samsung Mobile.