on

Samsung Galaxy Note 7: Impresi Awal

Samsung Galaxy Note 7 akhirnya resmi diperkenalkan oleh Samsung setelah berbagai rumor maupun leaked pictures beredar di dunia maya selama beberapa waktu terakhir. Awalnya berbagai rumor seputar Galaxy Note terbaru itu memberi kesan bahwa sang produsen melakukan berbagai perkembangan revolusioner, namun ternyata tidak semuanya terwujud.

Memang jika dibandingkan seri Note sebelumnya ada beberapa fitur baru berikut penyempurnaan ditawarkan oleh Samsung Galaxy Note 7. Namun bagi mereka yang sudah akrab dengan Samsung Galaxy seri S rasanya bakal kecewa karena beberapa fitur baru tersebut sudah pernah diadopsi oleh seri flagship tersebut. Seperti apakah sebenarnya Samsung Galaxy Note 7? Simak impresi awal berikut ini.

Harga Samsung Galaxy Note 7 Indonesia


Mengenal Spesifikasi Samsung Galaxy Note 7

  • 2.3GHz Exynos 8890 octa-core processor
  • 4GB of RAM
  • 5.7-inch QHD Super AMOLED display, 2560 x 1440 resolution
  • 64GB of storage (UFS 2.0), expandable via 256
  • 12-megapixel rear camera, OIS, f/1.7 aperture, 4K video capture
  • 5-megapixel rear camera, f/1.7 aperture
  • Dual SIM
  • 3G, LTE
  • WiFi, Bluetooth, GPS, A-GPS, Fingerprint scanner, Iris scanner, USB Type C, IP68 Water resistance, S-Pen
  • 3,500mAh battery, fast charging via USB Type-C

Dari sisi penamaan Samsung membuat banyak orang bertanya-tanya, pasalnya setelah sebelumnya menggunakan nama Galaxy Note 5 tiba-tiba sang penerus memilih nama Samsung Galaxy Note 7 bukannya Galaxy Note 6. Ketika keputusan seputar penamaan itu banyak yang berpersepsi “lompatan” seri menunjukkan sang produsen hendak memperkenalkan handheld generasi baru yang sama sekali berbeda dengan seri Note sebelumnya.

Namun ketika pada akhirnya resmi diperkenalkan jelaslah bahwa maksud sang produsen menggunakan nama Note 7 alih-alih Note 6 adalah dalam rangka menyamakan Galaxy S7 dengan Galaxy Note 7. Proses menyamakan bukan terbatas pada nama, namun dari sisi tampilan Samsung Galaxy Note 7 sangat mirip dengan Galaxy S7 Edge.

Samsung Galaxy Note 7 Dijual di Indonesia

Sama halnya dengan Galaxy S7 Edge, Galaxy Note terbaru ini juga menggunakan layar dengan tepi mengkurva di dua sisi. Perpaduan antara layar mengkurva dengan dimensi yang tipis menjadikan Galaxy Note 7 lebih nyaman digenggam jika dibandingkan pendahulunya (Galaxy Note 5).

Dari sisi penampilan memang kental sekali kemiripan Galaxy Note 7 dengan Galaxy S7 Edge, walau demikian dalam beberapa hal sang produsen pun melakukan beberapa upgrade dari sisi material. Salah satunya adalah lapisan Corning Gorilla Glass yang kini menggunakan generasi kelima (Gorilla Glass 5) dengan bingkai aluminium AL7000, perpaduan keduanya diklaim lebih tangguh dibandingkan material yang digunakan oleh Galaxy S7 Edge.

Penyempurnaan lain terdapat pada sertifikasi IP68 yang menunjukkan bahwa Samsung Galaxy Note 7 dirancang tahan air pada kedalaman dan jangka waktu tertentu, bahkan S-Pen bawaan-nya pun diklaim tetap berfungsi meski layarnya dalam kondisi basah.

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Note 7

Seperti biasa pada setiap generasi Samsung meningkatkan kinerja S-Pen milik Galaxy Note yang memang sejak awal menjadi key selling point dari seri Note. Tahun ini pun tidak berbeda, tingkat presisi serta sensitivitasnya meningkat dibanding S-Pen milik Galaxy Note 5.
Bagian ujung yang dipertipis menjadi hanya 0,7 mm saja membuatnya makin terasa bak pena sungguhan.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Note 7

Fitur baru yang diperkenalkan pada Samsung Galaxy Note 7 tak lain adalah iris scanner yang saat ini diyakini memberikan jaminan keamanan lebih baik dibanding fingerprints scanner. Sidik jari konon masih bisa dikloning namun tidak demikian halnya dengan iris.

Sensor tersebut bekerja dengan memanfaatkan kamera 5 MP f/1.7 yang berada di bagian depan. Dalam pengujian awal proses setting sensor ini ternyata lebih cepat dan mudah dibandingkan proses yang sama dengan pemindai sidik jari. Menariknya sekalipun pengguna mengenakan kacamata atau lensa kontak sensor tetap bisa bekerja secara akurat. Pada sisi lain sang produsen masih mempertahankan pula keberadaan sensor pemindai sidik jari.

Masuk ke fitur kamera Samsung Galaxy Note 7 masih mengandalkan kamera yang sama dengan Samsung Galaxy S7 Edge, yaitu dual kamera 12 MP, karenanya dari sisi performa maupun kualitas tidak tampak ada perbedaan dari kamera Galaxy S7 maupun Galaxy S7 Edge. Bukan kabar buruk mengingat kamera tersebut saat ini masih merupakan kamera terbaik yang ada di smartphone.

Foto Hasil Kamera Samsung Galaxy Note 7

Di sektor performa sang produsen juga masih mengandalkan chipset Exynos 8890 dengan prosesor octa-core didampingi RAM sebesar 4 GB serta kapasitas memori internal 64 GB. Performa serta fluiditas yang ditampilkan dalam pengujian awal memberikan kesan sangat positif.

Kapan Samsung Galaxy Note 7 Dijual di Indonesia?


Harga Samsung Galaxy Note 7
Onyx
Harga Samsung Galaxy Note 7
Jual Kamera Digital Nikon 1 J5

Menurut keterangan resmi dari PT SEI sendiri peminat Samsung Galaxy Note 7 di Indonesia sudah bisa mulai melakukan pre-order per tanggal 5 hingga 21 Agustus tahun ini, harga Samsung Galaxy Note 7 di Indonesia sendiri sudah dipastikan Rp 10.777.000,-. Sedangkan bagi yang sudah melakukan pre-order pada rentang waktu dimaksud sudah akan bisa menerima unit pesanan bulan berikutnya (September) meski untuk tanggal pastinya sendiri belum ada konfirmasi.