on

Beli LG G6 atau Samsung Galaxy S8?

Dan sekali lagi bagi orang-orang (baca:konsumen) berduit muncul kembali dilema setahun sekali; handphone kelas flagship mana yang harus dibeli? Pilih beli LG G6 atau Samsung Galaxy S8? Itupun pilihannya masih bisa jadi lebih kompleks beberapa bulan kedepan jika Apple sudah merilis iPhone 8.

Sementara waktu biarlah dilema tersebut hanya sebatas memilih antara LG G6 vs Samsung Galaxy S8. Saat artikel ini dipublikasikan konsumen di Indonesia sudah bisa melakukan pre-order untuk kedua handphone Android terbaik tersebut. Harga LG G6 memang lebih murah dibanding Galaxy S8, tapi selisihnya tak terlalu jauh hingga membuat orang cenderung memilihnya.

Beli LG G6 atau Samsung Galaxy S8?


Lebih Baik Beli LG G6 atau Samsung Galaxy S8 dari Sisi Penampilan?

Tak diragukan baik LG G6 maupun Samsung Galaxy S8 sama-sama punya penampilan yang menarik, tapi berhubung LG bermain aman dengan desain konvensional sementara Samsung lebih futuristik jelaslah bahwa Galaxy S8 merupakan pilihan lebih baik.

LG G6 sudah belajar dari kesalahan tahun lalu (LG G5) dimana kompetitor Samsung tersebut menyamarkan material logam yang digunakan dan memberi coating menyerupai plastik untuk alasan durabilitas ketika terjatuh. Meski alasannya masuk akal tapi kebanyakan konsumen tidak menerima dengan baik, bagi kebanyakan konsumen coating tersebut justru membuat LG G5 terlihat kurang premium. Karenanya kali ini tak ada lagi coating untuk melapis material logam pada LG G6. Dan memang harus diakui bahwa penampilannya tampak lebih mewah.

Samsung di lain sisi tidak lagi memproduksi versi flat seperti tahun lalu. Galaxy S8 hanya tersedia dengan layar curved edge, Infinity Display sebagaimana istilah yang digunakan oleh Samsung merupakan sisi kuat dari estetika desain yang ditampilkan oleh Galaxy S8.

Sayangnya kelebihan itu sekaligus merupakan kekurangan Samsung Galaxy S8, pasalnya desain layar melengkung di kedua sisi belum lagi material serat kaca yang mendominasi handphone terbaru Samsung tersebut menjadikannya rentan mengalami kerusakan ketika terjatuh.

LG G6 juga mengadopsi material serat kaca yang cukup banyak, tapi desain layar yang konvensional membuatnya relatif aman terhadap benturan kala terjatuh. Jalur antena LG G6 juga dipindahkan tidak terlalu dekat dengan tepi, umumnya jalur antena yang dekat dengan tepi ini menjadi penyebab bocornya lapisan waterproof jika bagian tersebut mengalami benturan.

Pada akhirnya terserah kepada pertimbangan Anda sendiri, memang sangat mungkin memberi pelindung casing Samsung Galaxy S8 yang saat ini sudah banyak beredar di pasaran tapi itu berarti juga mengurangi estetika penampilan dari ponsel itu sendiri.
Sementara itu jika Anda punya cukup banyak pengalaman menjatuhkan ponsel rasanya LG G6 lebih masuk akal dipilih.
Namun mengingat bahwa kebanyakan orang cenderung mengedepankan estetika dibanding durabilitas maka dari poin desain memang Samsung Galaxy S8 unggul atas LG G6.


Perbandingan Harga Samsung Galaxy S8 vs LG G6 dan Spesifikasi

Samsung Galaxy S8 LG G6
OS Android 7.0 Nougat Android 7.0 Nougat
Layar 5.8in QuadHD+ (2960x1440, 570ppi) SuperAMOLED, dual-edge 5.7in Quad-HD+ (2880x1440, 565ppi) LCD
SoC Exynos 8895 Qualcomm Snapdragon 821
GPU ARM Mali G71 Adreno 530
RAM 4GB 4GB
ROM 64GB, microSD support 32GB/64GB, microSD support
Kamera 12Mp, f/1.7 rear; 8Mp selfie with autofocus Dual 13Mp rear cameras, 5Mp selfie
Keamanan Fingerprint scanner, iris scanner Fingerprint scanner
Konektivitas 802.11ac Wi-Fi, Bluetooth 5.0, GPS, NFC, USB-C 802.11ac Wi-Fi, Bluetooth 4.2, GPS, NFC, USB-C
Waterproofing IP68 IP68
Baterai 3,000mAh, fast wired- and wireless charging, Quick Charge 4.0 3,300mAh, Quick Charge 3.0
Dimensi 148.9x68.1x8.0mm 148.9x71.9x7.9mm
Berat 155 g 163 g
Harga Lihat di sini Lihat di sini

Mau Layar Bagus, Beli LG G6 atau Samsung Galaxy S8?

Sejak beberapa tahun lalu layar selalu menjadi salah satu pertimbangan utama ketika konsumen hendak membeli sebuah handphone. Jika tidak demikian maka pabrikan takkan berlomba-lomba memberikan layar makin memukau dari tahun ke tahun.

Samsung bahkan berani menempuh resiko berinovasi dengan layar melengkung, ketika akhirnya terbukti diterima dengan baik oleh publik maka desain layar itu menjadi ciri khas untuk semua ponsel kelas high-end -nya.

Samsung selama bertahun-tahun memang kentara sekali mendedikasikan dirinya untuk pengembangan layar berbasis OLED. Bukan hanya untuk ponsel namun juga untuk produk lain seperti televisi hingga tablet. Pengalaman dan penguasaan mereka atas teknologi tersebut diterapkan untuk Samsung Galaxy S8.
Sangat masuk akal jika Infinity Display pada Samsung Galaxy S8 benar-benar yang terbaik di kategorinya dan dimasanya. Bahkan layar iPhone 7 pun tidak tampak istimewa ketika diperhadapkan langsung dengan layar Galaxy S8.

LG pada lain pihak juga memanfaatkan teknologi OLED ini untuk produk-produk televisi selama beberapa tahun belakangan, tapi untuk kategori ponsel memang mereka masih mengandalkan IPS LCD kecuali untuk LG Flex dan LG Flex 2 yang sayangnya kurang diterima baik oleh konsumen.

Meski menggunakan teknologi IPS LCD layar LG G6 tetap terlihat superior dibanding beberapa kompetitor yang memanfaatkan teknologi serupa, tapi menghadapi Samsung Galaxy S8? LG harus mengakui kembali keunggulan kompetitor senegaranya tersebut di poin ini.

Kamera LG G6 vs Samsung Galaxy S8, Sama-sama “Cerita Lama”

Tahun ini LG dan Samsung sama-sama tak tampak menfokuskan diri di sektor kamera.
Samsung berkilah bahwa kamera Samsung Galaxy S7 masih superior untuk ukuran saat ini, karenanya mereka tidak merasa perlu melakukan banyak penyempurnaan agar sumber daya yang ada bisa difokuskan ke bagian lain.

LG tidak memberi banyak penjelasan mengenai alasan mereka mempertahankan kamera tahun lalu. Rumor yang beredar mereka menyimpan kejutan sebenarnya untuk LG V30, tapi sampai sekarang semua masih sebatas rumor.

Terlepas dari fakta bahwa keduanya sama-sama mempertahankan kamera tahun lalu memang tak bisa ditampik bahwa kualitas kamera LG G6 maupun Samsung Galaxy S8 termasuk yang terbaik dibanding kamera ponsel lainnya.

Kamera Samsung Galaxy S7 tahun lalu hanya bisa ditandingi oleh kamera Google Pixel yang notabene tidak dijual resmi di Indonesia. Tahun ini penyempurnaan image processing yang mereka lakukan menjadikan kamera Samsung Galaxy S8 memiliki low light performance lebih baik dibanding Galaxy S7.

LG G6 sementara itu adalah ponsel paling sukses menerapkan standar dual lens camera, setidaknya sampai saat ini.
Performa kamera LG G6 memang tidak seresponsif kamera Galaxy S8, low-light performance -nya meski istimewa juga masih kalah dari Galaxy S8. Tapi foto wide angle yang ditawarkan oleh LG G6 benar-benar unik, bukan saja tidak dimiliki oleh Galaxy S8 tapi juga tak bisa ditandingi oleh kamera ponsel lain yang sama-sama menawarkan wide angle photo.

Jika menilai dan membandingkan kamera LG G6 vs Samsung Galaxy S8 dari sisi single camera performance yang meliputi kualitas serta kecepatan maka Galaxy S8 adalah pemenangnya.
Tapi dari sisi value for the money Gizmi Je-Jo menilai kamera LG G6 lebih baik, sebab selain kualitasnya baik, kecepatannya meski tidak secepat Galaxy S8 tetap masih dalam kategori responsif juga ia menawarkan fitur wide angle photo yang kerap diperlukan hampir di berbagai kesempatan.

Kesimpulannya Pilih Beli LG G6 atau Samsung Galaxy S8?

Sebenarnya masih ada beberapa poin yang bisa dibahas seperti performa, sistem operasi (UI) hingga kualitas audio.

Tapi Gizmo Je-Jo sengaja tidak menguraikan secara spesifik, alasannya dari sisi performa meski menggunakan chipset berbeda pada penggunaan sehari-hari keduanya tidak terasa berbeda.

Dari sisi UI meski TouchWiz tidak seresponsif dan sepraktis LG UX Gizmo Je-Jo tidak pernah mendapati pengguna yang komplain dengan situasi tersebut.

Sedangkan untuk kualitas audio LG G6 memang secara teoritis menang telak berkat Quad-DAC, namun untuk bisa merasakan keunggulan sebenarnya dari teknologi ini diperlukan wired speaker ataupun headset berkualitas baik, singkatnya tidak mudah mengukur kualitas sebenarnya dari Quad-DAC juga tidak setiap pengguna bersedia membelanjakan sejumlah uang untuk perangkat audio yang layak.

Berdasar pertimbangan-pertimbangan tersebut maka sampai –lah pada poin kesimpulan.
Mula-mula dari sisi value Samsung Galaxy S8 dengan RAM 4 GB dan ROM 64 GB dibanderol Rp 10,5 Juta-an sedangkan meski harga LG G6 tak sampai menyentuh Rp 10 Juta tapi kapasitas ROM –nya hanya 32 GB. Itu sebabnya di awal Gizmo Je-Jo sudah menyebutkan bahwa selisih harga tak cukup menjadi patokan dalam memilih satu diantara keduanya.

Bagaimanapun kalau dana Anda benar-benar mepet, maka membeli LG G6 worth the money. Alasan lain untuk membeli LG G6 dibanding Samsung Galaxy S8 adalah jika Anda menghendaki ponsel dengan kemampuan wide angle pada kameranya.

Di luar dua alasan tersebut dengan berat hati Gizmo Je-Jo yang adalah penggemar LG (tapi tidak sampai dalam taraf fanboy) memfavoritkan Samsung Galaxy S8 sebagai pilihan terbaik.
Desain yang estetis, kaya fitur belum lagi sensasi menggunakan Infinity Display yang memang harus diakui benar-benar “wow” rasanya cukup menjadi alasan untuk menyebut Samsung Galaxy S8 lebih baik dibanding LG G6.