on

Pilih Samsung Galaxy S5 atau Samsung Galaxy Note 4?

Jika harus memilih antara Samsung Galaxy S5 atau Samsung Galaxy Note 4 mana yang akan Anda pilih? Kedua-duanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Meski posisi Samsung Galaxy S5 kini telah digantikan oleh Samsung Galaxy Alpha namun baik Samsung Galaxy Note 4 maupun Galaxy S5 sama-sama merupakan smartphone Android kelas high-end.

Samsung Galaxy Note 4 baru diperkenalkan pada ajang IFA di Berlin lalu. Sejak dirilisnya Samsung Galaxy Note 4 langsung menjadi bahan pembicaraan karena berbagai fitur baru dan peningkatan di berbagai sektor dibanding Galaxy Note 3. Tidak makan waktu lama bahkan kini Samsung Galaxy Note 4 pun sudah hadir di Indonesia secara resmi. Dari segi usia dan kebaruan fitur jelas bahwa Samsung Galaxy Note 4 yang hadir belakangan lebih segar ketimbang Samsung Galaxy S5.

Samsung Galaxy S5 sendiri sudah berusia lewat satu tahun sejak diperkenalkan. Namun sebagai tipe tertinggi di jajaran seri S tentu popularitasnya tidak surut begitu saja. Saat ini Galaxy S5 banyak dipandang sebagai alternatif yang lebih murah dari Samsung Galaxy Note 4. Dengan kualitas build quality yang baik serta spesifikasi tinggi rasa-rasanya memang Samsung Galaxy masih tetap layak dilirik.

Pilih Samsung Galaxy S5 atau Samsung Galaxy Note 4?


Faktor Teknis: Pilih Samsung Galaxy S5 atau Samsung Galaxy Note 4?

Kedua smartphone Samsung Galaxy ini sama-sama hadir dengan kualitas casing yang baik serta spesifikasi mumpuni. Namun ketika bicara soal layar keduanya memiliki resolusi berbeda. Samsung Galaxy S5 menawarkan resolusi full HD sementara Galaxy Note 4 qHD.

Dengan resolusi qHD jelas bahwa gambar, warna dan huruf yang ditampilkan oleh layar Samsung Galaxy Note 4 lebih baik jika dibandingkan dengan Galaxy S5 secara langsung. Bahkan kualitas layar Note 4 saat ini adalah salah satu yang terbaik di pasaran.

Ukuran layar keduanya juga cukup berbeda dimana Samsung Galaxy S5 menggunakan layar 5 inch dan Samsung Galaxy Note 4 5.7 inch. Soal ukuran masing-masing memiliki preferensi yang berbeda. Sebagian menyukai ukuran yang lebih kecil karena dianggap praktis sementara sisanya lebih menyukai ukuran lebih besar karena dianggap lebih berkesan modern.

Jadi sebelum memutuskan antara keduanya maka sebaiknya calon pembeli mempertimbangkan dulu preferensi mana yang merupakan pilihannya.

Fitur Samsung Galaxy S5 vs. Samsung Galaxy Note 4

Soal fitur pun seperti sudah diduga Samsung Galaxy Note mengusung lebih banyak fitur baru karena usianya yang juga masih belia. Salah satu yang paling menonjol tentu saja adalah S-Pen yang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari Samsung Galaxy Note sejak pertama kali muncul.

Pada Samsung Galaxy Note 4 S-Pen nya pun turut di upgrade sehingga kini terasa lebih mirip dengan pena sungguhan berkat penambahan tingkat sensitivitas. Bahkan menulis tangan pun kini terasa lebih mudah dengan S-Pen terbaru ini. Di luar itu ada beberapa fitur lain seperti S-Note, Air Command dan Voice Memo yang bisa didapat pada Galaxy Note 4 ini.

Samsung Galaxy S5 sudah jelas tidak dilengkapi dengan S-Pen, bahkan sejak awal memang tidak didesain untuk kompatibel dengan S-Pen. Soal kenyamanan maupun fungsionalitas tentu keberadaan Stylus ini sangat signifikan. Itu adalah salah satu alasan kenapa Samsung Galaxy Note 4 dibanderol lebih mahal ketimbang Samsung Galaxy S5.

Samsung Galaxy S5 Samsung Galaxy Note 4
Samsung Galaxy S5  Samsung Galaxy Note 4
beli-sekarang beli-sekarang
Gratis ongkos kirim dan bisa dibayar ditempat atau COD

Harga: Pilih Samsung Galaxy S5 atau Samsung Galaxy Note 4?

Harga Samsung Galaxy S5 vs. harga Samsung Galaxy Note 4 pada akhirnya juga menjadi salah satu faktor yang sudah pasti wajib dipertimbangkan.
Saat tulisan ini dibuat Galaxy S5 dibanderol di kisaran 6,7 hingga 7 juta-an, sementara harga Samsung Galaxy Note 4 yang baru resmi dirilis awal bulan Oktober lalu jauh lebih mahal yaitu Rp 8,8 hingga 9 jutaan.

Jika penawaran harga terbaik menjadi motivasi Anda maka pilih saja Samsung Galaxy S5, harganya sudah turun lumayan jauh dibanding pada saat baru dirilis tahun lalu, namun spesifikasinya masih lebih dari cukup untuk ukuran saat ini.
Sebaliknya jika kebaruan teknologi dan fitur lebih penting sudah pasti tak ada pilihan lebih baik selain Samsung Galaxy Note 4.

Bagaimana dengan Samsung Galaxy Note Edge? Layakkah ditunggu? Jujur saja jika Anda masih menunggu Samsung Galaxy Note Edge masuk Indonesia berarti Anda belum bangun dari mimpi. Kenapa? Silakan baca berita Samsung Galaxy Note Edge terkini.