on

Inikah Spesifikasi Samsung Galaxy S6?

Samsung Galaxy S6 sempat lolos dari perhatian publik. Alasannya belakangan ini perhatian publik lebih tertuju pada berita terkini mengenai Samsung Galaxy Note Edge. Selain itu pabrikan asal Korea itu juga telah merilis Samsung Galaxy Alpha yang diduga merupakan penerus dari Samsung Galaxy S5.

Ternyata tidak demikian, Samsung Mobile masih tetap berkomitmen mengembangkan Samsung Galaxy seri S. Dan itu berarti bahwa Samsung Galaxy S6 tetap bakal dirilis sebagai pengganti Samsung Galaxy S5. Bahkan beberapa waktu lalu sebuah laman asal China bahkan merilis detil spesifikasi Samsung Galaxy S6.

Spesifikasi Samsung Galaxy S6



Samsung Galaxy S6 menurut laman tersebut bakal mengusung layar berukuran 5.2 inch Super AMOLED 4K dengan resolusi 3840x2160 pixels. Mendukung layar dengan resolusi tinggi itu pihak pabrikan diyakini juga akan menanamkan prosesor octa-core 64-bit Snapdragon 810 di balik casing Samsung Galaxy S6. Tak cukup sampai di situ kapasitas RAM nya pun diperbesar 2x lipat dibanding smartphone sekelasnya menjadi 4 GB.

Meski masih sebatas rumor namun sejauh ini diyakini bahwa kamera Samsung Galaxy S6 bakal memiliki sensor 20 MP dilengkapi optical image stabilization. Untuk menempatkan dirinya sejajar dengan iPhone 6 dikabarkan ada beberapa fitur baru yang akan melengkapi kecanggihan ponsel Samsung Galaxy terbaru ini diantaranya adalah pemindai sidik jari dan pemindai retina.

Jika benar bahwa Samsung Galaxy S6 akan menggunakan layar 5.2 inch dengan resolusi 3840x2160 pixels maka perbedaan dan perkembangan dari Samsung Galaxy S5 ke S6 bakal terasa sangat signifikan. Pasalnya Galaxy S5 sendiri saat ini menggunakan layar 5.1 inch dengan resolusi full HD, karena itu perubahan ke layar qHD merupakan sebuah lompatan serius. Meski terdengar muluk namun bukan berarti tidak mungkin. Pasalnya saat ini predikat smartphone Android terbaik dipengang oleh HP Android buatan pabrikan asal Korea lainnya yaitu LG G3 yang notabene unggul karena layar dengan resolusi qHD-nya. Karenanya cukup masuk akal jika Samsung berambisi menyejajarkan Samsung Galaxy S6 dengan rivalnya tersebut.

Untuk menjawab kritik terhadap casing Samsung Galaxy S5 yang berkesan murahan karena terbuat dari plastik, besar kemungkinan bahwa Samsung akan menggunakan casing metal pada Samsung Galaxy S6 sebagaimana halnya dengan dua gadget terbaru mereka yaitu Samsung Galaxy Alpha dan Samsung Galaxy Tab S.

Meski tidak disebut mengenai perubahan tampilan antar muka namun banyak penggemar HP buatan Samsung yang berharap perusahaan tersebut bakal melakukan pengembangan terhadap TouchWiz yang sudah tidak pernah di-upgrade sejak dirilisnya Samsung Galaxy S3 beberapa tahun lalu.