on

Pilih Samsung Galaxy S5 atau iPhone 5s?

Pilih Samsung Galaxy S5 atau iPhone 5s? Mana yang Anda pilih jika diperhadapkan pada situasi memilih salah satu diantara kedua ponsel papan atas tersebut? Terlepas pada fakta bahwa Samsung tengah mempersiapkan Samsung Galaxy S6 dan iPhone telah merilis iPhone 6 sebagai penerus iPhone 5s namun perbandingan keduanya masih layak untuk disoroti sampai hari ini.

Memilih antara Samsung Galaxy S5 atau iPhone 5s bukan semata-mata atas pertimbangan sistem operasi saja. Pada masa lalu memang stabilitas sistem operasi Android relatif meragukan dibanding iOS. Namun itu adalah cerita masa lalu, saat ini faktor tersebut tidak terlalu relevan dimasukkan sebagai pertimbangan kala memilih antara Samsung Galaxy S5 atau iPhone 5s.

Pilih Samsung Galaxy S5 atau iPhone 5s?


Pilih Samsung Galaxy S5 atau iPhone 5s – Desain

Seperti biasa dari sisi desain semua produk keluaran Apple menunjukkan idealisme dan cita rasa yang tanpa kompromi, tak terkecuali dengan iPhone 5s. Casing-nya mengandalkan bahan aluminum dengan dimensi yang ramping, layar berukuran wajar tipikal selera konsumen pria.
Pada sisi lain Samsung Galaxy S5 menggunakan casing dari bahan plastik dan mengusung layar lebar sehingga dari sisi kepraktisan sudah pasti tak bisa diandalkan. Walau demikian tak sedikit konsumen yang menggemari ponsel layar lebar, utamanya adalah konsumen wanita.

Meski tak sebesar layar Samsung Galaxy S5 namun layar iPhone 5s juga tidak termasuk kecil. Bahkan luas layar ini mendominasi sekitar 60% dari total luas casing bagian depan. Sisi positifnya selain soal kepraktisan juga mudah dioperasikan hanya dengan satu tangan. Layar berukuran 4 inch ini memiliki resolusi 1136 x 60 pixels yang menghasilkan kerapatan warna 337 ppi.

Sedangkan layar Samsung Galaxy S5 yang berukuran 5.1 inch pada satu sisi memang terasa sangat mengorbankan kepraktisan namun keunggulan layar lebar adalah kemampuannya memberikan kepuasan lebih kala digunakan untuk memutar film misalnya. Layar ini menawarkan resolusi 1920 x 1080 pixels dengan kerapatan warna 432 ppi.

Pilih Samsung Galaxy S5 atau iPhone 5s?

Fitur dan Performa Samsung Galaxy S5 vs. iPhone 5s

Apple menanamkan prosesor ARM v8 dengan laju maksimal 1.3 GHz, GPU VR G6430 dan RAM sebesar 1 GB sebagai penanggung jawab performa kecepatan pada iPhone 5s. Meski kapasitas RAM-nya terbatas untuk ukuran sebuah ponsel kelas high-end namun ekosistem yang baik pada sistem operasi iOS menjadikan performa kecepatan iPhone 5s secara keseluruhan pada dasarnya setara dengan ponsel kelas high-end lainnya.

Samsung Galaxy S5 sendiri mengandalkan prosesor Qualcomm Snapdragin 801 dengan kecepatan 2.5 GHz, GPU Adreno 330 dan RAM 2 GB. Standarnya ponsel Android Samsung Galaxy kelas atas ini menjalankan sistem operasi Android KitKat 4.4.2, namun saat ini sebagian besar sudah mendapatkan update Android Lollipop. Secara keseluruhan performa kecepatan Samsung Galaxy S5 terbilang baik maski terkadang masih tetap muncul gejala lag kala menjalankan aplikasi kompleks.

Di sektor media penyimpanan iPhone 5s ditawarkan dengan opsi internal memori 16, 32 dan 64 GB, sementara Samsung Galaxy S5 hanya menyediakan versi 16 dan 32 GB. Meski demikian pemilik Samsung Galaxy S5 diuntungkan karena ponsel ini mendukung memori eksternal hingga kapasitas 128 GB.

Masuk ke fitur kamera Samsung Galaxy S5 menawarkan kamera utama 16 MP dengan resolusi 5312 x 2988 dan sensor berteknologi ISOSCEL. Pada dasarnya kamera Samsung Galaxy S5 adalah salah satu yang terbaik diantara smartphone Android yang ada saat ini, kualitas foto yang dihasilkan tergolong superior meski sensornya sendiri lebih kecil dibandingkan kamera milik iPhone 5s.

iPhone 5s sendiri mengusung kamera utama 8 MP dengan resolusi 3264 x 2448 dengan sensor 1/3 in yang memiliki 1.5µm pixels. Sensor kamera iPhone 5s adalah salah satu yang terbesar di antara smartphone yang ada saat ini.

Pilih Samsung Galaxy S5 atau iPhone 5s – Harga

Perbandingan Harga Samsung Galaxy S5 dan iPhone 5s
iPhone 5s Samsung Galaxy S5
Harga iPhone 5s Harga Samsung Galaxy S5
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Harga Samsung Galaxy S5 maupun harga iPhone 5s tidak terlalu berbeda satu sama lain. Untuk versi internal memori 16 GB Samsung Galaxy S5 bisa ditebus di kisaran harga Rp 6,7 juta-an sementara iPhone 5s dengan kapasitas internal memori sama dibanderol sekitar Rp 7,3 juta-an.
Samsung Galaxy S5 tampak unggul dibanding iPhone 5s di beberapa sektor, hanya saja casing plastik yang diusungnya menjadikan tampilannya kalah jauh dibanding desains serta material yang ditawarkan oleh iPhone 5s.

Meski demikian oleh karena di luar estetika Samsung Galaxy S5 memiliki lebih banyak keunggulan maka jika harus menjawab pertanyaan “Pilih Samsung Galaxy S5 atau iPhone 5s?” maka kami cenderung merekomendasikan Samsung Galaxy S5.