on

Perbandingan Samsung Galaxy S5 vs. Sony Xperia Z3

Samsung Galaxy S5 vs. Sony Xperia Z3 mungkin adalah rivalitas paling populer di segmen high-end meski faktanya masih ada pilihan lain seperti LG G3 dan HTC One M8 yang setara dengan Samsung Galaxy S5 maupun Sony Xperia Z3 dari segi performa pun kualitas. Bagaimanapun popularitas serta citra merek Samsung Galaxy meningkat pesat saat mereka merilis Samsung Galaxy S generasi pertama, meski setelah Samsung Galaxy S3 tidak lagi ada revolusi berarti namun dalam persepsi konsumen nama Samsung Galaxy sudah terlanjur dipersepsi positif. Pada sisi lain Sony Mobile semenjak rilisnya seri Sony Xperia Z selalu dikenal dengan teknologi kamera yang di atas kompetitor. Itu sebabnya persaingan antara Samsung Galaxy S5 dan Sony Xperia Z3 menjadi rivalitas yang layak diberi porsi lebih dibanding persaingan lainnya.

Samsung Galaxy S5 vs. Sony Xperia Z3 meski dianggap sebagai rivalitas terpanas di segmen ponsel Android high-end namun keduanya tidak banyak memiliki kesamaan satu sama lain kecuali fakta bahwa keduanya menjalankan sistem operasi Android serta sama-sama mengandalkan Qualcomm 801 di sektor performa.

Perbandingan Samsung Galaxy S5 vs. Sony Xperia Z3


Perbandingan Desain Samsung Galaxy S5 vs. Sony Xperia Z3

Sony Xperia Z3 mengandalkan casing dari material serat kaca yang dilapis dengan monolith, sementara pada bagian tepi dipercantik dengan metal. Jika dibandingkan Sony Xperia Z2 dimensinya jelas lebih tipis serta ringan. Namun masih tidak seringan Samsung Galaxy S5. Samsung Galaxy S5 sendiri tampaknya bakal menjadi device terakhir pabrikan asal Korea itu yang masih menggunakan casing plastik. Penggunaan casing plastik ini menjadikan Samsung Galaxy S5 tak mampu menghadirkan kesan premium sebagaimana layaknya para kompetitor di kelas high-end.

Namun pada sisi lain Samsung Galaxy S5 menggunakan casing belakang dari polycarbonate yang selain lebih nyaman juga tidak licin sebagaimana casing serat kaca yang digunakan oleh Sony Xperia Z3.
Masih seputar casing, baik Samsung Galaxy S5 maupun Sony Xperia Z3 sama-sama sudah mengantongi sertifikat Ingress Protection untuk perlindungan terhadap air maupun debu. Secara teoritis baik Sony Xperia Z3 maupun Samsung Galaxy S5 mampu bertahan kala terendam air tawar dengan kedalaman maksimal 1.5 meter selama 30 menit.

Masuk ke soal detail meski keduanya sama-sama menawarkan fitur canggih namun dari sisi kepraktisan dan fungsionalitas rasa-rasanya detil yang ditawarkan oleh Sony Xperia Z3 seperti peletakkan speaker stereo di bagian depan dan digital noise cancelling lebih bermanfaat ketimbang pemindai sidik jari dan pendeteksi detak jantung pada Samsung Galaxy S5.

Perbandingan Layar Samsung Galaxy S5 vs. Sony Xperia Z3

Keduanya sama-sama dikenal memiliki kualitas layar yang baik dalam hal reproduksi warna maupun ketajaman. Meski demikian masing-masing mengandalkan teknologi yang berbeda. Sony Xperia Z3 menggunakan layar IPS Triluminos sementara Samsung Galaxy S5 seperti biasa mengandalkan Super AMOLED. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Kelebihan dari layar IPS Triluminos pada Sony Xperia Z3 adalah kemampuannya menghasilkan warna yang cerah, tajam serta reproduksi warna yang mendekati aslinya. Namun pada sisi lain layar ini memiliki kelemahan berupa viewing angles yang terbatas. Karenanya gejala distorsi lebih sering dirasakan manakala posisi handset/layar tidak pada sudut yang tepat.
Sedangkan layar Super AMOLED pada Samsung Galaxy S5 selain menawarkan viewing angles yang luas juga mampu menampilkan warna hitam serta kontras lebih baik. Sayangnya reproduksi warna-warna lain cenderung saturated lebih-lebih jika dibandingkan dengan layar tipe IPS Triluminos.

Perbandingan Samsung Galaxy S5 vs. Sony Xperia Z3

Perbandingan Performa Samsung Galaxy S5 vs. Sony Xperia Z3



Sony Xperia Z3 specs

Samsung Galaxy S5 specs

Screen 5.2 inch, 1080 x 1920 px, IPS Triluminos panel 5.1 inch, 1080 x 1920 px, Super AMOLED panel
Hardware Qualcomm Snapdragon 801 MSM8974AC 2.5 GHz + Adreno 330 graphics Qualcomm Snapdragon 801 MSM8974AC 2.5 GHz + Adreno 330 graphics
Memory 3 GB RAM 2 GB RAM
Storage 16/32 GB + microSD cards up to 128 GB 16/32 GB + microSD cards up to 128 GB
Connectivity

4G/LTE, Wireless AC, Bluetooth 4.0, GPS, NFC 4G/LTE, Wireless AC, Bluetooth 4.0, GPS, NFC
Ports microUSB 2.0, nano-SIM microUSB 3.0, micro-SIM, microSD, IR
Cameras 20.7 MPx main camera, 2.2 MPx front camera 16 MPx main camera, 2 MPx front camera
Battery 3100 mAh, encased 2800 mAh, removable
OS Android 4.4.4 KitKat Android 4.4.2 KitKat
Size - 142 x 72.5 x 8.1 mm (5.59 x 2.85 x 0.32 inches)
Weight - 145 g (5.11 oz)
Others metallic edges, front-mounted speakers, IP68 certified side-mounted speaker, Fingerprint reader, pulse-reader, IP67 certified

Seperti sudah disebut bahwa kedua HP Android high-end ini sama-sama menjalankan versi Android KitKat dengan spesifikasi hardware tercanggih yang ada saat ini yaitu chipset Qualcomm Snapdragon 801 dengan GPU Adreno 330. Bedanya jika Sony Xperia Z3 dibekali RAM dengan kapasitas lebih besar yaitu 3 GB sementara Samsung Galaxy S5 hanya 2 GB.

Namun yang perlu diingat bahwa masing-masing pabrikan memiliki resep kombinasinya sendiri termasuk kebutuhan sumber daya untuk tampilan antar muka dan aplikasi. Karena itu meski kapasitas RAM keduanya berselisih 1 GB namun pada prakteknya perbedaan performa hanya sedikit dirasakan. Ketika memutar video, browsing dan aktivitas rutin lainnya tak ada perbedaan yang terasa. Namun kala menjalankan aplikasi yang lebih kompleks baru terasa bahwa performa Sony Xperia Z3 lebih baik dibanding Samsung Galaxy S5.

Bicara soal tampilan antar muka, kedua pabrikan menggunakan pendekatan berbeda satu sama lain. Sony Mobile lebih mengutamakan penampilan yang ringkas dan sederhana seolah tak ingin merusak pengalaman pengguna terhadap sistem Android KitKat sendiri. Sementara Samsung Mobile melakukan perombakan cukup signifikan serta memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk melakukan kustomisasi tampilan serta widget

Bicara performa kecepatan erat kaitannya dengan performa baterai, karena secanggih apapun spesifikasi Samsung Galaxy S5 dan Sony Xperia Z3 rasanya bakal sia-sia jika tak diimbangi dengan baterai yang layak. Beruntung keduanya sama-sama dibekali dengan baterai yang mampu mengimbangi spesifikasi hardware-nya. Meski demikian Samsung Galaxy S5 dpersepsi unggul bagi sebagian konsumen karena baterainya bisa diganti, dan tidak demikian halnya dengan Sony Xperia Z3.

Perbandingan Kamera Samsung Galaxy S5 dan Sony Xperia Z3

Seperti sudah berkali-kali kami singgung bahwa berdasarkan studi terkini mengenai perilaku konsumen ponsel, kamera adalah fitur kedua yang dianggap penting setelah layar. Tentu saja Samsung Mobile maupun Sony Mobile sangat menyadari akan hal itu.

Meski sama-sama dibekali kamera berteknologi canggih namun lagi-lagi pendekatan Samsung Galaxy S5 dan Sony Xperia Z3 tidak sejalan. Samsung Galaxy S5 mengandalkan kamera dengan sensor 16 MP yang menitikberatkan pada kecepatan fokus, sedangkan Sony Xperia Z3 dengan kamera 20.7 MP lebih mengedepankan sensor yang lebar. Sulit menentukan mana yang lebih baik karena masing-masing tentu memiliki preferensi yang berbeda. Namun jika bicara soal kualitas foto kami bersepakat bahwa detil dan reproduksi warna yang dihasilkan oleh kamera Sony Xperia Z3 lebih mampu memenuhi ekspektasi kami dibanding Samsung Galaxy S5 meski lagi-lagi perbedaannya tidak terlalu kentara lebih-lebih jika foto-foto tersebut tidak dimaksudkan untuk dicetak.

Perbandingan Samsung Galaxy S5 vs. Sony Xperia Z3

Kesimpulan: Pilih Samsung Galaxy S5 atau Sony Xperia Z3?

Perbandingan Harga Sony Xperia Z3 dan Samsung Galaxy S5
Sony Xperia Z3 Samsung Galaxy S5
Harga Sony Xperia Z3 Harga Samsung Galaxy S5
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Jika menilik perbandingan Samsung Galaxy S5 dan Sony Xperia Z3 di atas beberapa dari Anda mungkin sudah bisa memutuskan mana yang lebih pas dengan selera Anda, namun tentu tak sedikit pula yang semakin bingung.

Samsung Galaxy S5 tak bisa disangkal adalah HP Android kelas high-end paling populer yang ada saat ini. Secara keseluruhan Samsung Galaxy S5 memang layak diapresiasi dan tak banyak kritikan berarti yang layak diberikan kepadanya. Namun jika dipaksa menyebut kelemahan Samsung Galaxy S5 maka kami akan menilai bahwa casing plastik yang berkesan murahan, layar Super AMOLED yang reproduksi warnanya cukup mengecewakan untuk ponsel harga Rp 7 juta-an, volume audio yang rendah serta TouchWiz yang kompleks merupakan poin kelemahan dari HP Android Samsung Galaxy termahal ini.

Sama halnya dengan Sony, sulit menemukan kelemahan Sony Xperia Z3 karena meski hanya mengusung sedikit perubahan dibanding Sony Xperia Z2 namun secara keseluruhan HP Android termahal di jajaran lini produk Sony Xperia tetap merupakan smartphone yang layak ditebus dengan sejumlah uang tersebut. Lagi-lagi jika dipaksa menyebut kelemahan Sony Xperia Z3 maka kritikan akan kami berikan kepada perangkat lunak pendukung kameranya. Dari sisi perangkat keras Xperia Z3 menawarkan potensi yang melebihi harapan rata-rata pengguna smartphone, namun sayang keunggulan ini tak diimbangi dengan perangkat lunak yang mumpuni.


Perbandingan Samsung Galaxy S5 vs. Sony Xperia Z3

Jika harus memilih salah satu di antara keduanya mayoritas anggota tim Bursa Harga Ponsel dan Laptop menjatuhkan pilihan pada Sony Xperia Z3 ketimbang Samsung Galaxy S5. Alasannya sederhana, ponsel besutan Sony ini hanya dari penampilannya saja sudah membuat pembeli merasa sejumlah uang yang dibayarkannya tidak sia-sia, pengalaman yang sama sedikit sulit didapat lewat casing plastik Samsung Galaxy S5.