on

Harga dan Spesifikasi Smartphone Android Dual Screen Yotaphone 2

Smartphone Android dual screen diperkenalkan oleh sebuah perusahaan berbasis di Rusia bernama Yota. Mengambil dari nama perusahaan, ponsel Android dengan dual screen ini diberi nama Yotaphone 2. Meski nama perusahaan dan merek ponselnya sendiri belum begitu dikenal di luar Russia namun terobosan yang mereka lakukan diapresiasi sebagai gebrakan di tengah stagnan-nya inovasi dalam industri ponsel.

Dilihat sekilas, Yotaphone 2 tampak seperti umumnya smartphone Android dengan layar 5 inch. Bahkan dalam beberapa hal tampak ada kemiripan dengan model flagship Motorola yaitu Motorola Moto X. Bedanya jika sebagian besar smartphone Android masa kini hanya menyisakan sedikit space pada bagian atas dan bawah layar, pada Yotaphone 2 space tersebut masih cukup lebar sehingga sedikit mengganggu estetika desainnya sendiri. Sedangkan untuk meminimalisir goresan maka pihak produsen sudah memberikan lapisan Gorilla Glass 3.

Harga Smartphone Android Dual Screen Yotaphone 2


Desain dan Spesifikasi Smartphone Android Dual Screen Yotaphone 2

Dengan tebal tak lebih dari 9 mm dan berat hanya 145 gram, Yotaphone 2 terasa ringan, nyaman sekaligus praktis kala digenggam. Meski pada sisi lain ketiadaan kontur menyebabkan ponsel ini terasa licin dalam genggaman. Sekilas tak ada perbedaan apapun antara Yotaphone 2 dengan ponsel Android lain.

Layar 5 inch –nya sendiri menawarkan resolusi Full HD 1920 x 1080 AMOLED dengan kerapatan warna 442 yang membawa kualitas layar Yotaphone 2 sendiri setara dengan iPhone 6, Samsung Galaxy S5 serta Sony Xperia Z3. Gambar dan warna yang dihasilkan tajam serta jelas dengan gejala distorsi yang sangat minimal meski dilihat dari berbagai sudut berbeda. Satu kelemahan Yotaphone 2 di sektor layar adalah tampilan warna putih yang cenderung kekuning-kuningan atau bahkan kebiru-biruan jika dilihat dari sudut tertentu.

Pada bagian belakang terdapat layar kedua yang disebut e-ink dan meski kualitasnya jauh di bawah layar utama di bagian depan namun sekali lagi merupakan sebuah inovasi yang layak diacungi jempol. Layar ini memiliki resolusi 960 x 540 pixels dan perlu diketahui bahwa layar ini bukanlah layar full colors sebagaimana layar utamanya melainkan lebih menyerupai layar pada e-book reader. Meski demikian sama seperti layar depannya, layar belakang Yotaphone 2 dilapisi pula dengan Gorilla Glass 3.

Spesifikasi Smartphone Android Dual Screen Yotaphone 2

Pada kondisi terkunci locked, layar kedua pada Yotaphone 2 menampilkan kalender, jam, prakiraan cuaca serta notifikasi lainnya. Selain diapresiasi sebagai sebuah inovasi, layar belakang ini juga bisa menghemat baterai karena hanya membutuhkan daya yang lebih sedikit dibanding layar depan. Untuk beberapa keperluan misalnya sekedar membaca e-book, berkirim pesan (e-mail, sms, dll) serta beberapa hal lain yang tidak memerlukan warna maka layar ini mampu memenuhi kebutuhan dengan baik. Keistimewaan lain dari layar e-ink ini adalah kemampuannya untuk tetap aktif meski daya baterai ponselnya sudah habis.

Smartphone Android Dual Screen Yotaphone 2 sendiri menjalankan sistem operasi Android KitKat dengan tampilan antar muka yang tidak banyak dimodifikasi sehingga seketika langsung mengingatkan orang pada lini produk Nexus. Performa kecepatannya sendiri ditangani oleh prosesor quad-core Snapdragon 800 dengan kecepatan 2.2 GHz yang didampingi oleh RAM berkapasitas 2 GB.

Kapasitas internal memori yang ditawarkan cukup besar yaitu 32 GB, sayangnya pihak Yota tak memberikan opsi bagi pengguna untuk menambah memori eksternal.

Seperti umumnya ponsel masa kini, smartphone Android Dual Screen Yotaphone 2 ini pun sudah mengusung kamera dengan sensor 8 MP berikut LED flash, lens blur, panorama dan photo sphere. Meski demikian kualitas foto yang dihasilkan hanya sekelas smartphone Android kelas menengah, padahal harga Yotaphone 2 sendiri diposisikan setara dengan smartphone Android kelas high-end.
Namun sisi positifnya layar kedua yang terletak pada bagian belakang bisa berfungsi sebagai viewfinder yang menjadikan kamera tersebut lebih dari mampu untuk memenuhi ekspektasi pecinta selfie. Mungkin karena itu pulalah Yota tidak menempatkan kamera depan pada smartphone Android Dual Screen ini.

Harga Smartphone Android Dual Screen Yotaphone 2

Harga smartphone Android dual screen Yotaphone 2 saat ini dibanderol cukup mahal yaitu $870. Layar keduanya sendiri meski pada dasarnya tak lebih dari sekedar gimmick namun para desainer Yota berhasil menjadikannya fungsional sekaligus praktis dalam beberapa hal.

Smartphone Android Dual Screen Yotaphone 2

Smartphone Android Dual Screen Yotaphone 2

Terlepas dari banderol yang berani karena menempatkan dirinya berhadapan dengan iPhone 6, Samsung Galaxy S5, Samsung Galaxy Alpha ataupun Sony Xperia Z3, Yotaphone 2 sendiri menujukkan potensi Yota sebagai calon pemain kuat di industri ponsel dalam kurun waktu beberapa tahun kedepan selama mereka tetap konsisten dengan keberaniannya melakukan inovasi. Sama halnya beberapa tahun lalu orang tak kenal Xiaomi atau OnePlus, yang pernah mendengar namanya pun saat itu juga tak banyak yang menganggapnya serius namun beberapa tahun kemudian keduanya menjadi pemain yang disegani di industrinya. Hal yang sama bukan tak mungkin terjadi pada Yota beberapa tahun lagi.