on

Komparasi Samsung Galaxy S5 vs. Samsung Galaxy A7

Meski komparasi Samsung Galaxy S5 vs. Samsung Galaxy A7 bagi sebagian orang dianggap kurang pas karena yang satu adalah ponsel kelas high-end sedang yang lain kelas mid-end namun nyatanya tak sedikit calon konsumen yang memang mempertimbangkan keduanya. Samsung Galaxy A7 yang belum lama ini diperkenalkan mennawarkan desain premium lewat casing metal. Sebaliknya meski diposisikan di kelas lebih tinggi namun Samsung Galaxy S5 masih mengandalkan casing plastik.

Komparasi Samsung Galaxy S5 vs. Samsung Galaxy A7 seperti biasa sekedar berupaya memberikan panduan bagi calon konsumen. Cukup menarik sebenarnya memperbandingkan kedua ponsel besutan Samsung tersebut karena memang seperti biasa positioning product yang ditempuh oleh pabrikan asal Korea itu cenderung membingungkan di mata konsumen. Berikut adalah perbandingan singkat Samsung Galaxy S5 vs. Samsung Galaxy A7.

Komparasi Samsung Galaxy S5 vs. Samsung Galaxy A7

Komparasi Desain dan Spesifikasi Samsung Galaxy S5 vs. Samsung Galaxy A7

Pada perbandingan layar Samsung Galaxy S5 vs. Samsung Galaxy A7 memang Galaxy A7 yang merupakan ponsel kelas menengah mengusung layar berukuran lebih besar yaitu 5.5 inch dibandingkan Galaxy S5 yang hanya 5 inch. Namun jika diteliti lebih lanjut maka jelas bahwa resolusi layar Galaxy S5 yang 1080 x 1920 pixels jauh lebih tinggi dibandingkan resolusi layar Galaxy A7 dengan 720 x 1280 pixels. Konsekuensinya nilai kerapatan layar Galaxy S5 dengan 432 ppi pun menghasilkan kualitas serta ketajaman yang lebih baik dibandingkan Galaxy A7 yang kerapatan layarnya 267 ppi.

Walau kalah dari Galaxy S5 namun kualitas layar Samsung Galaxy A7 sendiri untuk ukuran smartphone Android kelas menengah masih tetap tergolong sangat baik. Seperti biasa layar Super AMOLED yang digunakan pada keduanya menghasilkan gambar yang lebih hidup dan warna hitam pekat meski warna putih cenderung kekuning-kuningan dan warna lain terasa kurang natural.

Dari sisi desain seperti yang sudah diulas pada ulasan yang lalu bahwa sebenarnya semua ponsel Samsung Galaxy tidak mengalami perubahan semenjak tiga tahun lalu, karena itu sejujurnya desain smartphone Samsung terasa sudah terlalu membosankan. Untungnya hanya lewat penggunaan material metal kesan tersebut sedikit bisa diubah pada Samsung Galaxy A7. Sebaliknya ketika Galaxy S5 diluncurkan produsen smartphone dengan pangsa pasar terbesar itu masih ngotot dengan casing plastik, hasilnya konsumen tidak bisa berharap banyak terhadap estetikanya.

Meski demikian ketika bicara soal build quality baik Samsung Galaxy S5 maupun Samsung Galaxy A7 keduanya sama-sama layak diapresiasi. Malahan Galaxy S5 yang ber-casing plastik sudah tersertifikasi anti debu dan anti air, sebaliknya hal yang sama tidak diaplikasikan pada Galaxy A7.

Perbandingan dimensi menempatkan Samsung Galaxy A7 sebagai unggulan dengan dimensi serta bobot yang lebih ramping dibandingkan Samsung Galaxy S5. Sayangnya demi mendapat dimensi yang tipis serta desain premium tersebut ada konsekuensi yang harus diterima oleh pemilik Samsung Galaxy A7 yaitu fakta bahwa ponsel dengan unibody itu menggunakan baterai tipe non-removable seperti halnya produk dalam lini seri A lainnya.

Membandingkan performa Samsung Galaxy S5 vs. Samsung Galaxy A7 dari sisi spesifikasi yang diusungnya bakal membuat calon konsumen berpikir dua kali. Pasalnya meski prosesor quad-core yang menjadi jantung performa Samsung Galaxy S5 lebih cepat dibanding milik Galaxy A7 namun dari sisi teknologi chipset tersebut sudah ketinggalan jaman untuk saat ini. Selain arsitekturnya masih menggunakan arsitektur 32 bit demikian juga GPU Adreno 330 yang menyertai chipset Qualcomm Snapdragon 801 tersebut.

Sebaliknya meski Samsung Galaxy A7 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 615 yang lebih baru dengan GPU Adreno 405 serta arsitektur 64 bit namun kecepatan prosesornya sendiri hanya dibatasi hingga 1.8 GHz yang jelas di bawah kecepatan prosesor Galaxy S5 yang 2.5 GHz.

Dengan dukungan RAM 2 GB pada dasarnya kedua ponsel tersebut sama-sama menawarkan performa yang menjanjikan baik untuk keseharian maupun aplikasi kompleks seperti game. Samsung Galaxy S5 bagaimanapun masih lebih cepat dibandingkan Samsung Galaxy A7.

Perbandingan Samsung Galaxy S5 vs. Samsung Galaxy A7

Komparasi Samsung Galaxy S5 vs. Samsung Galaxy A7

Pada perbandingan kamera Samsung Galaxy S5 vs. kamera Samsung Galaxy A7 di atas kertas Galaxy S5 dengan sensor 16 MP ISOCELL ½.5 inch lebih unggul dibanding kamera utama Galaxy A7 dengan 13 MP. Seperti sudah sering disinggung bahwa nilai MP memang bukan patokan bagi kualitas kamera, namun dalam kasus ini kualitas kamera Samsung Galaxy S5 sudah terbukti sebagai salah satu yang terbaik hingga saat ini.

Kamera 13 MP pada Samsung Galaxy A7 memang belum teruji, namun dengan asumsi bahwa kamera tersebut sama seperti yang digunakan pada Samsung Galaxy Alpha maka meski kualitasnya di bawah kamera Galaxy S5 namun tidak terlalu jauh berbeda. Walau demikian kami belum terlalu yakin Samsung akan menggunakan kamera 13 MP pada Galaxy Alpha untuk Galaxy A7, pasalnya harga Galaxy A7 yang lebih murah dibanding Galaxy Alpha bisa menjadi alasan pihak produsen untuk melakukan downgrade untuk menghemat biaya produksi.

Satu hal yang sudah pasti adalah bahwa para maniak selfie tidak akan berkeberatan dengan kemungkinan penurunan kualitas tersebut. Sebab bagaimanapun Samsung Galaxy A7 menawarkan kamera depan 5 MP dimana Galaxy S5 hanya 2 MP.

Di sektor performa baterai memang Samsung Galaxy A7 hanya menggunakan baterai dengan kapasitas 2600 mAh, sedangkan Samsung Galaxy S5 menggunakan baterai berkapasitas 2800 mAh. Hanya saja spesifikasi Samsung Galaxy A7 yang lebih rendah dibanding spesifikasi Samsung Galaxy S5 mungkin juga yang melatarbelakangi Samsung menggunakan baterai dengan kapasitas lebih rendah tersebut.

Kesimpulan Komparasi Samsung Galaxy S5 vs. Samsung Galaxy A7

Cek Harga Samsung Galaxy A7 dan iPhone 6 Plus
Samsung Galaxy A7 Samsung Galaxy S5
Harga Samsung Galaxy A7 Harga Samsung Galaxy S5
Sony Xperia Z2 beli sekarang


Meski terlalu dini menyimpulkan perbandingan keduanya karena pengetahuan seputar Samsung Galaxy A7 masih sebatas teoritis namun sekedar untuk memberi bahan pertimbangan maka tak ada salahnya menggunakan acuan tersebut.

Sejauh ini bisa ditarik kesimpulan pada komparasi Samsung Galaxy S5 vs. Samsung Galaxy A7 bahwa di luar poin estetika desain bagaimanapun Galaxy S5 yang adalah seri flagship dan dibanderol lebih mahal unggul atas Galaxy A7 yang bermain di segmen menengah dan dibanderol lebih murah.