on

Perbandingan Huawei Ascend P8 vs. Huawei Ascend P7

Perbandingan Huawei Ascend P8 vs. Huawei Ascend P7 hendak menggali penyempurnaan apa saja yang ditawarkan oleh smartphone Android kelas high-end terbaru besutan produsen asal Cina tersebut. Tahun lalu lewat Ascend P7 dan Ascend Mate 7 pabrikan tersebut berhasil menorehkan prestasi penjualan yang gemilang. Beranihkah perusahaan yang sama melakukan perubahan signifikan pada produknya atau sekedar bermain aman dengan melakukan minor update.

Lewat Huawei Ascend P8 vs. Huawei Ascend P7 pemilik Ascend P7 juga diharapkan merasa terbantu untuk memutuskan apakah layak melego ponsel lama mereka untuk berganti ke Ascend P8. Selain desain yang lebih tipis serta layar lebih lebar apa saja sebenarnya perbedaan antara keduanya?

Perbandingan Huawei Ascend P8 vs. Huawei Ascend P7


Perbandingan Build Quality dan Desain Huawei Ascend P8 vs. Huawei Ascend P7

Mengikuti jejak Samsung Mobile yang menggunakan material aluminium sepenuhnya kala membesut Galaxy S6 demikian pula hal serupa bisa diketemukan pada casing Ascend P8. Alhasil meski secara keseluruhan dimensinya bertambah dibanding pendahulunya namun tingkat ketebalannya justru mengalami penyusutan.

Tak hanya itu, pihak pabrikan secara resmi juga menjelaskan bahwa desain triple layers atau tiga lapis yang digunakan pada casing Ascend P8 merupakan penyempurnaan dari desain serupa pada P7. Alhasil casing P8 lebih solid dan kuat dibanding pendahulunya itu.

Di sektor layar yang paling kentara dan membedakan Huawei Ascend P8 dengan P7 adalah ukuran layar yang lebih lebar. Sekalipun hal tersebut tidak salah namun ada hal lain yang membedakan keduanya pada poin ini yaitu rasio antara luas permukaan bagian depan dengan ukuran layarnya. Untuk saat ini rasio layar Ascend P8 adalah yang tertinggi bahkan jika dibanding dengan Samsung Galaxy S6 dan iPhone 6 sekalipun.

Meski demikian pada sisi lain ada penurunan ketajaman gambar jika membandingkan kualitas layar Huawei Ascend P8 dengan Huawei Ascend P7. Pasalnya meski ukurannya bertambah namun resolusinya sendiri tidak meningkat. Turunnya ketajaman gambar tersebut adalah akibat dari menurunnya nilai kepadatan warna dimana pada Ascend P7 mencapai 441 ppi sementara pada Ascend P8 hanya mencapai 424 ppi. Bagaimanapun secara keseluruhan kualitas gambar serta warnanya masih sesuai ekspektasi.

Untuk fitur kamera memang di atas kertas seolah tak ada peningkatan dari kamera Huawei Ascend P7 ke Huawei Ascend P8 jika hanya menilik dari nilai MP-nya saja. Namun demikian di balik itu perubahan yang dilakukan ternyata sangat signifikan. Jika sensor kamera 13 MP milik Ascend P7 hanya mendeteksi tiga warna yaitu RGB (Red, Green, Blue) sebagaimana umumnya sensor kamera smartphone lain maka pada Ascend P8 sensornya sudah mampu mendeteksi empat warna (RGBW). Hasilnya selain reproduksi warna jauh lebih baik juga kemampuannya menangkap objek di dalam ruangan atau di malam hari juga meningkat signifikan.

Tak cukup sampai di situ, Huawei juga menyomot teknologi yang selama ini hanya ditemukan pada kamera DSLR yaitu prosesor yang bekerja secara independen. Dampak positif yang didapat selain juga peningkatan kualitas warna tentu adalah kemampuan mendeteksi scene dengan lebih akurat.

Perbedaan antara Huawei Ascend P8 vs. Huawei Ascend P7 kembali bisa dilihat di sektor performa dimana prosesor octa-core Kirin 930 64 bit didampingi oleh RAM berkapasitas 3 GB kini menjadi jantung performa Ascend P8. Artinya bukan saja prosesornya meningkat dibanding Ascend P7 namun demikian pula halnya dengan kapasitas RAM.

Lazada Indonesia

Lagi-lagi di atas kertas tampak ada penurunan kapasitas baterai Ascend P8 dibanding P7. Ascend P7 mengandalkan baterai dengan kapasitas 2680 mAh namun penerusnya justru menggunakan baterai 2500 mAh. Mengenai hal ini pihak produsen juga sudah memberi penjelasan masuk akal, kinerja prosesor octa-core yang lebih efisien menggunakan sumber daya merupakan alasan di balik keputusan tersebut.

Terakhir perbedaan antara Huawei Ascend P8 vs. Huawei Ascend P7 bisa dilihat dari sistem operasi berikut tampilan antar muka yang dijalankan. Tahun lalu Huawei Ascend P7 masih menjalankan Android KitKat berikut tampilan antar muka Emotion UI 2.3, kini Ascend P8 bukan saja sudah menjalankan Android Lollipop namun juga tampilan antar muka yang lebih segar yaitu Emotion UI 3.1

Kesimpulan Hasil Perbandingan Huawei Ascend P8 vs. Huawei Ascend P7

Menyimak perbedaan dan perbandingan antara Huawei Ascend P8 vs. Huawei Ascend P7 di atas rasa-rasanya cukup adil menyebutkan bahwa penyempurnaan yang diusung oleh generasi terbaru ini memang sangat signifikan. Bahkan jika saat ini Anda adalah pengguna Ascend P7 rasa-rasanya melego ponsel tersebut untuk menggantinya dengan Huawei Ascend P8 bakal terasa sangat layak.