on

Perbedaan Sony Xperia Z4 vs. Sony Xperia Z3

Belum lama ini Sony Mobile secara resmi mengumumkan Sony Xperia Z4 di negeri asalnya. Selama berbulan-bulan lalu begitu banyak rumor beredar seputar spesifikasi Xperia Z4 ini. Namun dengan pengumuman resmi kemarin terkonfirmasi sudah kepastian seputar spesifikasi serta fitur yang diusung oleh flagship model terbaru keluaran perusahaan asal Jepang tersebut.

Sony Xperia Z4 sebelum-sebelumnya dikabarkan bakal mengusung perubahan revolusioner. Keyakinan tersebut makin menguat tatkala kompetitornya yang berasal dari Korea melakukan perubahan revolusioner pada Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge. Lantas setelah resmi diumumkan sudah sesuaikah dengan ekspektasi tersebut? Dan apa saja perbedaan Sony Xperia Z4 vs. Sony Xperia Z3 yang adalah pendahulunya?

Perbedaan Sony Xperia Z4 vs. Sony Xperia Z3


Kupas Perbedaan Sony Xperia Z4 vs. Sony Xperia Z3

Dari sisi desain hanya ditemukan ubahan minor yang membedakan antara Sony Xperia Z4 vs. Sony Xperia Z3. Sony masih tetap mengandalkan desain OmniBalance sebagaimana sudah diadopsi oleh seri Xperia Z semenjak beberapa tahun silam dengan sedikit ubahan untuk produk terbarunya ini.

Perubahan tersebut hanya bisa dilihat pada tersingkirnya penutup port micro USB. Namun bukan berarti tersingkirnya cover tersebut menjadikan Xperia Z4 menjadi tidak anti air sebagaimana terjadi pada Samsung Galaxy S6. Ponsel Android andalan Sony ini masih tetap anti air seperti pendahulunya meski tanpa cover pada port micro USB. Desain ini sebenarnya sudah lebih dahulu diterapkan pada smartphone Android kelas menengah besutan Sony yang hadir terlebih dahulu yaitu Sony Xperia M4.

Dimensi Sony Xperia Z4 sendiri saat ini mengalami pemyusutan tebal dari 7.3 mm pada Xperia Z4 menjadi 6.9 mm. Demikian pula bobotnya menyusut menjadi 144 gram dari 152 gram pada Xperia Z3. Sementara sisanya masih tetap sama.

Perbedaan Sony Xperia Z4 vs. Sony Xperia Z3

Lagi-lagi hal yang cukup mengecewakan bagi sebagian besar calon konsumen yang sudah begitu menanti-nantikan Xperia Z4 adalah keputusan perusahaan asal Jepang itu untuk tetap mempertahankan layar yang sama persis dengan Xperia Z3 dari sisi ukuran, resolusi dan bahkan teknologi. Padahal layar tersebut dua tahun lalu juga sudah digunakan oleh Xperia Z2.

Pihak Sony Mobile sendiri berargumen bahwa pertimbangan di balik keputusan tersebut adalah dalam rangka mempertahankan perfoma baterai yang memang selama ini menjadi salah satu kelebihan Sony Xperia Z. Namun pada sisi lain konsumen sudah pasti merasa kecewa, sebab di tahun-tahun sebelumnya Sony Xperia seri Z selalu dikenal menghadirkan layar dengan kualitas istimewa, bahkan lebih baik dibanding Samsung Galaxy seri S.

Sementara Galaxy S6 mengalami peningkatan luar biasa di sektor kualitas layar tidaklah berlebihan jika kala itu muncul rumor yang menyebutkan layar Xperia Z4 bakal mengusung resolusi Quad HD. Sayangnya ekspektasi tersebut tidak terwujud. Setidaknya Sony masih mempertahankan pula teknologi Triluminos, X-Reality dan Live Colour LED yang menjadikan gambar pada layar itu tampak hidup. Meski untuk pengguna Sony Xperia Z2 maupun Xperia Z3 sama sekali bukan hal baru.

Perbedaan Sony Xperia Z4 vs. Sony Xperia Z3

Lantas apa perubahan signifikan yang membedakan Sony Xperia Z4 vs. Sony Xperia Z3? Sektor performa adalah satu-satunya bagian dimana perbedaan cukup signifikan antara keduanya bisa dirasakan. Xperia Z3 yang hadir tahun lalu menggunakan chipset Snapdragon 801, sementara Xperia Z4 sama halnya dengan sebagian besar smartphone model flagship yang muncul di tahun ini sudah menggunakan chipset Snapdragon 810 dimana prosesor terintegrasinya menerapkan arsitektur 64 bit.

Peningkatan lain bisa ditemukan pada kapasitas media penyimpanan dimana kapasitas memori internal meningkat dua kali lipat menjadi 32 GB dan tetap mendukung memori eksternal hingga kapasitas 128 GB seperti pendahulunya.

Oleh karena Snapdragon 810 mampu memanajemen sumber daya lebih efisien dibanding Snapdragon 801 maka Sony pun menyunat kapasitas baterainya dari 3100 mAh menjadi 2930 mAh pada Xperia Z4.

Kekecewaan pengguna Sony Xperia Z3 yang sudah siap menggantikan ponsel lamanya dengan Xperia Z4 mungkin bakal berlanjut ketika menyadari bahwa tak ada ubahan pula di sektor kamera utama. Memang kamera Sony Xperia Z3 sebelumnya merupakan salah satu yang terbaik, namun mempertahankannya pada Xperia Z4 tampaknya tidak terlalu bijaksana. Lagi-lagi mengingat bahwa Samsung melakukan peningkatan revolusioner terhadap performa kamera Galaxy S6 yang kini bahkan mampu melampaui kamera iPhone 6.

Perbedaan Sony Xperia Z4 vs. Sony Xperia Z3

Perubahan pada fitur kamera hanya terdapat pada kamera sekunder dimana sensor 2.2 MP pada Xperia Z3 kini digantikan oleh kamera 5 MP. Bagi penggemar foto selfie perubahan ini mungkin bakal dirasa sepadan dengan harganya, namun bagi konsumen kelompok usia yang lebih mapan yang wajarnya hampir tak pernah berfoto selfie tentu tak terasa manfaatnya.

Standarnya Sony Xperia Z4 sudah menjalankan sistem operasi Android Lollipop, jika Anda membeli Xperia Z3 saat ini maka Anda juga sudah langsung merasakan sistem operasi yang sama. Hanya saja perbedaan bakal terasa di sektor performa karena prosesor 64 bit pada Xperia Z4 lebih optimal bekerja bersama Android Lollipop.

Lazada Indonesia

Kesimpulan Perbedaan Sony Xperia Z4 vs. Sony Xperia Z3

Perbedaan Sony Xperia Z4 vs. Sony Xperia Z3 yang signifikan hanya ditemukan pada dimensi, bobot, performa dan kamera depan. Selebihnya kedua ponsel berbeda generasi tersebut masih relatif sama. Jika konsumen loyal HTC sempat kecewa dengan minimnya ubahan HTC One M9 dari HTC One M8 maka kini giliran konsumen loyal Sony merasakan situasi serupa.

Baik Sony maupun HTC tampaknya ingin mengikut jejak Apple yang alih-alih merilis iPhone terbaru dengan perubahan signifikan tiap tahun justru melakukan ubahan minor dan membedakan versi terbaru dengan versi sebelumnya dengan tambahan huruf “S” di belakangnya. Jika memang demikian mungkin ubahan revolusioner baru akan ditampilkan tahun depan pada Xperia Z5. Bagaimanapun sebagai salah satu konsumen loyal Sony Xperia selama tiga tahun terakhir kami di tim Bursa Harga Ponsel dan Laptop terus terang merasakan kekecewaan atas keputusan pabrikan asal Jepang tersebut.