on

Perbandingan Xiaomi Mi4i vs. Huawei Honor 4c

Perbandingan Xiaomi Mi4i vs. Huawei Honor 4c bisa disebut sebagai representasi perseteruan panas antar dua produsen smartphone Android asal Cina yang sedang naik daun. Xiaomi dan Huawei sama-sama serius dalam menggarap produk mereka di kategori ponsel. Tahun demi tahun keduanya pun melakukan pendekatan serupa yaitu produk berkualitas tinggi dengan harga masuk akal.

Perbandingan Xiaomi Mi4i vs. Huawei Honor 4c sekaligus juga membantu calon konsumen mengindentifikasi kelebihan dan kelemahan masing-masing produk terhadap kompetitornya. Memang banderol keduanya terbilang murah, namun bukan berarti konsumen tak perlu bersikap cerdas dan analitis sebelum melakukan keputusan beli. Berikut adalah perbandingan kedua smartphone Android merek Cina tersebut:

Perbandingan Xiaomi Mi4i vs. Huawei Honor 4c


Perbandingan Desain dan Spesifikasi Xiaomi Mi4i vs. Huawei Honor 4c

Xiaomi memang berusia jauh lebih muda jika dibandingkan Huawei. Namun bukan berarti bisa diremehkan begitu saja, baru-baru ini perusahaan tersebut bahkan mencatatkan diri dalam Guiness Book of Record kala berhasil menjual 2.1 unit ponsel hanya dalam waktu 24 jam saja dan itupun dilakukan secara online.

Xiaomi Mi4i memang merupakan versi murah dari Xiaomi Mi4 yang artinya dalam beberapa hal ada penyunatan fitur dan spesifikasi. Meski demikian dengan banderol harga yang menggiurkan tak mengherankan jika respon pasar demikian positifnya terhadap produk ini.

Sementara itu melanjutkan sukses tahun lalu di kelas low-end Huawei melakukan beberapa revisi serta penyempurnaan terhadap Honor 3c yang kemudian berevolusi menjadi Huawei Honor 4c. Tahun lalu Honor 3c banyak mendapat apresiasi karena dianggap memberikan great value for money.

Di sektor layar Xiaomi Mi4i mengusung layar IPS berukuran 5 inch dengan resolusi 1080 x 1920 pixels yang menghasilkan kepadatan warna 441 ppi dengan teknologi JDI buatan Sharp.
Tak hanya itu layar ini pun didukung pula oleh fitur Sunlight Display yang secara otomatis menyesuaikan kontras sesuai kondisi cahaya di sekitarnya. Melengkapi berbagai keunggulan itu Xiaomi pun memberikan Corning OGS untuk meminalisir terjadinya goresan pada layar.

Huawei Honor 4c mengusung layar IPS dengan ukuran yang sama, namun resolusinya hanya 720 x 1280 pixels sehingga kepadatan warna yang dicapai pun hanya sebatas 294 ppi. Cukup jelas bahwa pada poin perbandingan kualitas layar Xiaomi Mi4i vs. Huawei Honor 4c secara telak Mi4i memenangkan perbandingan ini.

Performa kecepatan Xiaomi Mi4i dipercayakan pada chipset Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 dengan prosesor Octa-core yang terdiri atas prosesor Quad-core Cortex-A53 berkecepatan maksimal 1.7 GHz dan prosesor Quad-core Cortex-A53 berkecepatan maksimal 1.1 GHz yang terintegrasi berikut GPU Adreno 405. Performa multitasking-nya bahkan lebih baik dibandingkan Xiaomi Mi4i karena kapasitas RAM membengkak menjadi 2 GB.

Seperti biasa Huawei pilih menggunakan chipset buatannya sendiri, HiSilicon Kirin 620 dengan prosesor Octa-core berkecepatan maksimal 1.2 GHz berikut RAM dengan kapasitas 2 GB menjadi pilihannya kali ini.

Keduanya sama-sama menawarkan performa kecepatan serta tingkat fluiditas yang sangat baik, hanya saja harus diakui bahwa Xiaomi Mi4i lagi-lagi kembali memenangkan poin perbandingan ini dengan spesifikasi yang sedikit lebih menjanjikan.

Masuk pada perbandingan kamera Xiaomi Mi4i vs. Huawei Honor 4c memang keduanya tampak seimbang di atas kertas karena sama-sama menggunakan kombinasi kamera utama 13 MP dan kamera sekunder 5 MP. Namun untuk kesekian kalinya perlu dicatat bahwa nilai MP sama sekali tak bisa menjadi satu-satunya patokan dalam menilai kualitas kamera.

Xiaomi Mi4i menggunakan lensa dengan aperture f/2.0 didukung two-tone flash. Mungkin jika dibandingkan kamera 13 MP pada smartphone Samsung atau Sony masih tak sebanding. Namun untuk kisaran harga ini kamera Xiaomi masih adalah salah satu yang terbaik di kelasnya. Huawei pun sebenarnya tak terlalu buruk, namun kualitas foto yang dihasilkan tetap di bawah Xiaomi Mi4i.

Untuk ketiga kalinya Xiaomi kembali unggul dalam perbandingan ini.

Lazada Indonesia

Di sektor media penyimpanan sebenarnya kapasitas memori internal yang disediakan oleh Xiaomi Mi4i yaitu 16 GB sudah termasuk lega. Hanya saja karena Huawei Honor 4c mendukung memori eksternal yang bukan saja menguntungkan dari segi kapasitas namun juga kepraktisan maka pada poin ini untuk pertama kalinya Huawei Honor 4c mampu mengungguli Xiaomi Mi4i.

Posisi inferior Honor 4c terhadap Mi4i sayangnya kembali berlanjut pada poin perangkat lunak karena Huawei masih mengandalkan Android KitKat sebagai sistem operasi bawaannya, padahalh Xiaomi sudah menggunakan Android Lollipop untuk Mi4i.

Kesimpulan Hasil Perbandingan Xiaomi Mi4i vs. Huawei Honor 4c

Tanpa perlu berpanjang lebar pun sejak awal Xiaomi Mi4i jelas unggul telak atas Huawei Honor 4c. Walau demikian dengan selisih harga sekitar Rp 500 ribu jika memang anggaran yang Anda sediakan terbatas tak ada salahnya mempertimbangkan Honor 4c.