on

Pilih Sony Xperia C3, Samsung Galaxy Grand Prime atau Nokia Lumia 730?

Sony Xperia C3, Samsung Galaxy Grand Prime dan Nokia Lumia 730 adalah tiga smartphone selfie yang paling populer saat ini. Memang masih ada beberapa pilihan lain, namun ketiga ponsel selfie di atas bukan saja menawarkan fitur yang pas dengan ekspektasi pada maniak selfie namun pada sisi lain harganya juga relatif terjangkau. Itulah sebabnya pada artikel kali ini akan dibahas perbedaan antara ketiga HP selfie tersebut.

Sony Xperia C3, Samsung Galaxy Grand Prime dan Nokia Lumia 730 dirilis dalam waktu yang hampir bersamaan dan dijual dengan harga yang setara pula. Saat ini baru Sony Xperia C3 yang sudah masuk secara resmi di Indonesia, sementara Galaxy Grand Prime dan Lumia 730 masih menunggu kepastian. Meski demikian tak sedikit calon konsumen yang ingin memahami perbedaan sebelum memilih salah satu di antara Sony Xperia C3, Samsung Galaxy Grand Prime dan Nokia Lumia 730.

Pilih Sony Xperia C3, Samsung Galaxy Grand Prime atau Nokia Lumia 730?


Pilih Sony Xperia C3, Samsung Galaxy Grand Prime atau Nokia Lumia 730?

Sony Xperia C3, Samsung Galaxy Grand Prime dan Nokia Lumia 730 memiliki kesamaan di sektor kamera, yaitu ketiga menawarkan kamera depan dengan sensor 5 MP. Namun demikian Xperia C3 lebih unggul dibanding Samsung Galaxy Grand Prime maupun Lumia 730 karena kamera depannya sudah dilengkapi dengan LED flash. Dari sini sudah terlihat bahwa ponsel selfie keluaran Sony ini unggul dibanding kedua kompetitornya.

Pilih Sony Xperia C3, Samsung Galaxy Grand Prime atau Nokia Lumia 730?

Pilih Sony Xperia C3, Samsung Galaxy Grand Prime atau Nokia Lumia 730?

Pilih Sony Xperia C3, Samsung Galaxy Grand Prime atau Nokia Lumia 730?

Berlanjut ke performa, ketiganya sama-sama menggunakan prosesor quad-core dengan kecepatan 1.2 GHz didampingi oleh RAM dengan kapasitas 1 GB. Kapasitas internal memori ketiganya pun sama-sama menawarkan kapasitas 8 GB. Perbedaan antara Sony Xperia C3, Samsung Galaxy Grand Prime dan Nokia Lumia 730 baru terlihat pada dukungan memori eksternal dimana Xperia C3 hanya mampu membaca microSD hingga kapasitas 32 GB, sementara Samsung Galaxy Prime dan Nokia Lumia 730 masing-masing 32 GB dan 64 GB. Di sektor ini jelaslah bahwa Nokia Lumia 730 lebih unggul dibanding Sony Xperia C3 maupun Samsung Galaxy Grand Prime.

Masuk ke sistem operasi Nokia Lumia 730 menjadi satu-satunya kontestan yang menjalankan sistem operasi Windows Phone 8.1, sementara Samsung Galaxy Grand Prime dan Sony Xperia C3 masing-masing mengusung sistem operasi Android KitKat. Pada satu sisi keunggulan sistem operasi Android adalah ketersediaan aplikasi yang jauh lebih banyak, namun pada sisi lain keunggulan sistem operasi Windows Phone atas Android juga tidak bisa disepelekan seperti ekosistem yang lebih baik serta tampilan antar muka yang lebih modern. Meski demikian semua ini hanya masalah preferensi, sehingga tidak bisa dijadikan poin perbandingan Sony Xperia C3, Samsung Galaxy Grand Prime dan Nokia Lumia 730.

Di sektor layar, Nokia Lumia 730 menjadi kontestan dengan ukuran layar paling kecil yaitu 4.7 inch dimana Sony Xperia C3 dan Samsung Galaxy Grand Prime masing-masing dilengkapi dengan layar berukuran 5.5 inch dan 5 inch. Nokia Lumia 730 dan Sony Xperia C3 menawarkan resolusi yang sama yaitu 720 x 1280 pixels, sementara Samsung Galaxy Grand Prime adalah yang paling inferior diantara ketiga ponsel selfie ini karena hanya menawarkan resolusi 540 x 960 pixels. Pada satu sisi Xperia C3 unggul karena layar yang paling lebar, namun jangan lupa bahwa dengan resolusi yang sama artinya Nokia Lumia 730 memiliki kedalaman warna yang lebih tinggi dibanding Sony Xperia C3. Karenanya lagi-lagi Nokia Lumia 730 tampil sebagai pemenang pada ronde ini.

Harga: Pilih Sony Xperia C3, Samsung Galaxy Grand Prime atau Nokia Lumia 730?

Sony Xperia C3 Samsung Galaxy Grand Prime Nokia Lumia 730
harga xperia c3 harga samsung galaxy grand prime harga xperia c3
Rp 3.999.000
Rp 3.699.000
Rp 3.500.000
Rp 2.699.000
Rp 3.199.000
Rp 2.999.000
beli sekarang beli sekarang beli sekarang



Poin terakhir dalam perbandingan ini adalah perbandingan harga antara Sony Xperia C3, Samsung Galaxy Grand Prime dan Nokia Lumia 730. Di antara ketiganya Samsung Galaxy Grand Prime adalah yang paling murah karena memang dari segi spesifikasi ponsel selfue besutan Samsung ini memiliki lebih banyak kekurangan dibanding kedua kompetitornya. Sedangkan meski Nokia Lumia 730 lebih unggul dibanding dalam banyak hal namun justru Sony Xperia C3 lah yang termahal diantara ketiganya. Mungkin rasa percaya diri Sony menjadi latar belakang dibalik keputusan tersebut, atau bisa jadi juga Microsoft memang membanderol Lumia 730 lebih murah dengan tujuan bisa bersaing dengan smartphone berbasis Android.

Selisih harga Samsung Galaxy Grand Prime dan Nokia Lumia 730 tak jauh berbeda, kecuali Anda sudah fanatik terhadap OS Android maka Lumia 730 sudah pasti merupakan pilihan yang lebih baik. Sedangkan Sony Xperia C3 yang termahal di antara ketiganya sudah menyertakan LED flash untuk kamera depan serta tongsis sebagai bonus. Sedangkan Samsung Galaxy Grand Prime sudah barang tentu merupakan pilihan terbaik jika budget Anda terbatas.