on

Perbandingan LG G4 vs. Sony Xperia Z4

Rivalitas antara LG G4 vs. Sony Xperia Z4 mungkin tak terlalu panas di bursa ponsel Indonesia. Bagaimanapun segmented-nya penggemar kedua merek itu persaingan LG G4 dan Sony Xperia Z4 tetap menarik untuk disimak. Generasi pendahulu keduanya dianggap memberi greater value for money di tahun lalu ketimbang Samsung Galaxy S5.

Perbandingan LG G4 vs. Sony Xperia Z4 tahun ini diangkat untuk memetakan keunggulan dan kelemahan masing-masing sehingga calon konsumen bisa mempertimbangkan lebih matang kala mempertimbangkan salah satu di antara kedua flagship model tersebut. Xperia Z4 di atas kertas memiliki keunggulan pada sektor performa namun di luar itu mini perubahan. Sementara LG G4 meski inferior di sektor performa namun membawa banyak inovasi lain. Simak perbandingan LG G4 vs. Sony Xperia Z4 berikut.

Perbandingan LG G4 vs. Sony Xperia Z4


Mengupas Perbandingan Desain & Spesifikasi LG G4 vs. Sony Xperia Z4

Sony Xperia Z4 seperti sudah dijelaskan pada artikel terdahulu tak menawarkan banyak perubahan dibanding pendahulunya, untuk alasan itu pulalah pihak pabrikan pilih menggunakan nama Sony Xperia Z3+ di beberapa pasar tertentu.

Dari sisi kualitas dan estetika desain Sony Xperia seri Z selalu menjadi yang terbaik diantara ponsel Android lain semenjak generasi pertamanya dirilis. Keputusan pihak pabrikan mempertahankan desain tahun lalu untuk kembali diterapkan pada Sony Xperia Z4 bagi konsumen yang sebelumnya belum pernah menggunakan Xperia seri Z mungkin tak dianggap sebagai soal, sebaliknya bagi pengguna Xperia Z2 atau Z3 fakta ini bakal dirasa cukup mengecewakan karena tentu mereka berharap pada sebuah ubahan yang radikal.

Sedangkan LG G4 pada sisi lain dengan serius menggarap sisi estetika serta kualitas desainnya. Pada versi casing keramik LG banyak mendapat kritik karena kualitasnya dianggap mirip plastik murahan. Namun untuk LG G4 versi leather pabrikan asal Korea itu tampak serius menggarap dan beroleh apresiasi tinggi atasnya.

Dari sisi estetika kami cenderung memberi kemenangan pada LG G4 versi leather namun untuk jangka panjang kami memilih Sony Xperia Z4 sebab paduan serat kaca dan logam terbukti lebih tahan lama ketimbang leather yang warna serta kualitasnya cenderung bakal pudar seiring berjalannya waktu.

Perbandingan Kamera LG G4 vs. Sony Xperia Z4

Perbandingan Layar LG G4 vs. Sony Xperia Z4

Kelebihan LG G4 dibanding Sony Xperia Z4 masih di sektor desain adalah penggunaan baterai tipe removable beberapa orang menilai anggapan bahwa removable battery merupakan fitur penting merupakan pandangan kuno tidak sepenuhnya tepat. Sebab meski saat ini dengan mudah Anda bisa memperoleh powerbank namun dari sisi kepraktisan baterai kedua tetap lebih unggul.

Perbandingan LG G4 vs. Sony Xperia Z4 di sektor layar juga menarik disimak mengingat selama ini keduanya sama-sama diakui sebagai yang terbaik jika bicara soal kualitas layar.
Layar IPS berukuran 5.25 inch pada Sony Xperia Z4 menggunakan teknologi Triluminos yang menurut klaim pihak pabrikan mampu menghasilkan warna lebih hidup dan lebih tajam dibanding layar tanpa teknologi serupa. Faktanya memang layar dengan resolusi 1920 x 1080 pixels dan kepadatan warna mencapai 424 ppi ini tergolong istimewa.

Namun jika diperhadapkan dengan layar IPS 5.5 inch beresolusi Quad HD dan kepadatan warna 538 ppi keunggulan tersebut segera berubah menjadi sisi inferior. Bukan hanya ketajaman warna dan gambar yang lebih hidup yang menjadi keunggulan LG G4 atas Sony Xperia Z4 namun juga berkat penggunaan teknologi Advanced In-Cell Touch layar LG G4 lebih responsif dibanding layar ponsel Android merek lain.

Sony Xperia Z4 pun mengusung fitur lain yang membuatnya kembali unggul yaitu desain casing dengan sertifikasi IP68 yang membuktikan ponsel ini sanggup bertahan kala terendam air tawar pada kedalaman dan jangka waktu tertentu (kedalaman maksimal 1 meter dalam durasi maksimal 30 menit). LG G4 memang tak mampu menahan resapan air namun pihak pabrikan sudah memberikan lapisan Corning Gorilla Glass 3 untuk meminimalisir goresan pada layar.

Seperti sudah disinggung di atas bahwa Sony Xperia Z4 di atas kertas memiliki keunggulan performa dibanding LG G4 karena sudah mengadopsi chipset Snapdragon 810 dengan prosesor octa-core terintegrasi. Sementara LG G4 demi menghindari gejala overheat pilih menggunakan chipset Snapdragon 808 dengan prosesor hexa-core.

Sedangkan untuk dukungan jaringan dan konektivitas keduanya relatif berimbang dengan masing-masing menawarkan 4G LTE, 3G, dual-band Wi-Fi, Bluetooth 4.1, GPS, DNLA, hotspot dan NFC, namun keberadaan sensor infra merah (IR Blaster) dan built-in radio FM membawa LG G4 sedikit unggul dibanding Xperia Z4.

Lagi-lagi Sony Xperia Z4 membawa pendekatan yang sama di sektor kamera yaitu dengan tidak melakukan ubahan apapun dari pendahulunya. Kamera Xperia Z3 dikenal sebagai salah satu yang terbaik di masanya, namun masa sudah berubah. Samsung, LG dan bahkan pabrikan asal Cina Huawei melakukan revolusi besar-besaran untuk meningkatkan performa kamera mereka. Karena itu keputusan Sony mempertahankan teknologi tahun lalu rasanya merupakan sebuah blunder fatal.

Lazada Indonesia

LG G4 sebagaimana sudah beberapa kali dibahas pada artikel-artikel lalu di blog ini bahwa penggunaan prosesor terpisah, lensa yang mampu mendeteksi empat warna (RGBW) serta dukungan laser auto focus yang disempurnakan dari tahun lalu membuatnya menjadi benchmark kamera smartphone untuk saat ini. Jadi tanpa ragu kami menunjuk LG G4 sebagai pemenang dalam perbandingan kamera LG G4 vs. Sony Xperia Z4.

Kesimpulan Perbandingan LG G4 vs. Sony Xperia Z4

Sulit menentukan mana yang lebih baik antara LG G4 atau Sony Xperia Z4. Performa sudah jelas merupakan sisi terkuat dari Xperia Z4 dibanding LG G4, namun di sisi lain LG G4 unggul telak pada fitur kamera. Tergantung fitur mana yang Anda persepsi lebih penting di antara keduanya, pada akhirnya keputusan ada di tangan Anda sendiri.