on

Menggali Kelebihan dan Kekurangan Alcatel OneTouch Idol X+

Alcatel OneTouch Idol X+ menjadi andalan Alcatel di segmen menengah. Smartphone Android kelas menengah ini diposisikan satu segmen di bawah OneTouch Idol 3 yang saat ini merupakan flagship model dari perusahaan yang namanya mungkin tak pernah didengar oleh sebagian besar konsumen di Indonesia dan bahkan di beberapa negara lain.

Jika dibandingkan dengan OnePlus One atau Huawei Honor 6 tentu harga Alcatel OneTouch Idol X+ yang lebih murah tampak sebagai sebuah keunggulan. Namun selain fakta bahwa ada beberapa merek lain di kisaran harga sama adakah keunggulan Alcatel OneTouch Idol X+ dibanding OnePlus One dan Huawei Honor 6?

Kelebihan dan Kekurangan Alcatel OneTouch Idol X+


Mengulas Spesifikasi Alcatel OneTouch Idol X+

Desainnya tidak buruk, namun juga tidak istimewa sebab ada banyak alternatif smartphone Android kelas menengah yang menghadirkan desain lebih menarik ketimbang Alcatel OneTouch Idol X+. Hal menarik dari desain casing smartphone kelas menengah buatan Alcatel ini terletak pada kisi-kisi speaker serta slot SIM card yang menurut kami unik.

Sedangkan cover bagian belakang menjadi menarik untuk dilihat karena selain tersedia dalam beberapa pilihan warna juga pihak pabrikan memberi sentuhan finishing ala aluminium seperti yang dilakukan oleh Asus pada seri Zenbook.

Kualitas Alcatel OneTouch Idol X+

Spesifikasi dan harga Alcatel OneTouch Idol X+

Dengan tebal hanya 7.9 mm serta bobot 125 gram smartphone Android kelas menengah dengan banderol relatif murah ini nyaman sekaligus terasa solid dalam genggaman. Sayangnya penempatan tombol daya yang tidak ergonomis menjadi kelemahan Alcatel OneTouch Idol X+ di sektor desain.

Di atas kertas spesifikasi Alcatel OneTouch Idol X+ terkesan menjanjikan. Layar berukuran 5 inch dengan resolusi Full HD yang terlindung oleh Corning Gorilla Glass 2 menjadi daya tarik utamanya. Bukan saja ketajaman warnanya mencapai 441 ppi namun juga teknologi IPS menjadikan layar ini memiliki viewing angles luas. Digunakan di luar ruangan tingkat pencahayaannya terbukti mampu mengkompensasi sinar matahari sehingga tetap bisa terbaca dengan baik.

Alcatel memercayakan performa kecepatan kepada chipset MediaTek MT6592 dimana di dalamnya terintegrasi prosesor octa-core berkecepatan 2 GHz didampingi oleh RAM berkapasitas 2 GB.
Pada pengujian benchmark bagaimanapun Alcatel OneTouch Idol X+ tak mencatat poin sebaik Huawei Honor 6.

Sebelum Anda protes dengan menyebut bahwa hasil benchmark tak mencerminkan kondisi sesungguhnya kami perlu menjelaskan bahwa dalam kasus ini sayangnya kondisi yang sama tercermin pada situasi sesungguhnya. Gejala lag memang tak berlebihan namun tetap terasa terutama saat menjalankan animasi pada homescreen.

Kapasitas media penyimpanan internal yang disediakan cukup variatif yaitu 16 GB dan 32 GB meski versi 32 GB tidak tersedia di setiap negara. Sayangnya meski Alcatel OneTouch Idol X+ mendukung dual SIM namun tidak menyediakan slot untuk memori eksternal.
Pada beberapa ponsel pengguna bisa memutuskan apakah akan menggunakan dua slot yang ada untuk SIM card atau salah satunya digunakan untuk keping memori SD card, sayangnya kondisi ini tak berlaku pada Alcatel OneTouch Idol X+.

Konektivitas serta dukungan jaringan yang ditawarkan meliputi 802.11n Wi-Fi, Bluetooth 4.0, FM Radio, 2G dan 3G. Lagi-lagi pada sektor ini kembali ditemukan kelemahan Alcatel OneTouch Idol X+ yaitu tidak tersedianya dukungan 4G maupun IR blaster.

Alcatel dalam promosinya menggarisbawahi kualitas audio Alcatel OneTouch Idol X+ yang konon sangat istimewa. Meski memang lebih baik dibanding beberapa ponsel sekelas namun masih jauh di bawah standar HTC One M9 dan Sony Xperia Z4 yang saat ini merupakan benchmark jika bicara kualitas audio sebuah smartphone.

Kelebihan dan Kekurangan Alcatel OneTouch Idol X+

Kelebihan Alcatel OneTouch Idol X+ lain masih di sektor audio adalah fakta bahwa pihak produsen menyertakan earphone bermerek JBL yang kualitasnya jauh lebih baik jika dibandingkan umumnya earphone bawaan smartphone merek lain.
Ada pula setting mode Hi-Fi yang mampu meningkatkan kualitas suara bass secara signifikan.

Selama ini smartphone Alcatel tidak pernah dikenal memiliki kualitas kamera yang istimewa. Namun kami merasa perlu mengapresiasi kamera 13 MP pada Alcatel OneTouch Idol X+ yang mampu memberikan detil cukup baik meski auto focus-nya bekerja sangat lambat. Selain itu secara default fitur OIS di-nonaktifkan sehingga pengguna harus ingat untuk mengaktivasikannya terlebih dahulu.

Kelebihan dan Kekurangan Alcatel OneTouch Idol X+

Kesimpulan Ulasan Alcatel OneTouch Idol X+

Alcatel OneTouch Idol X+ memiliki potensi besar untuk sukses di segmen menengah, bahkan tidak mungkin mengancam Huawei Honor 6 maupun OnePlus One. Sayangnya ketiadaan dukungan memori eksternal menjadi sisi minus terbesar smartphone Android keluaran Alcatel, belum lagi di segmen yang sama ada ZTE Blade S6 dengan banderol lebih murah.