on

Asus Zenfone 2 Deluxe: Benarkah Lebih Mewah dari Zenfone 2

Ditilik dari namanya saja Asus Zenfone 2 Deluxe seketika membentuk persepsi mewah dalam benak yang mendengar. Selain menambah panjang portofolio keluarga Zenfone 2, kehadiran Zenfone 2 Deluxe juga semakin menjadikan calon konsumen bertanya-tanya mana dari sekian banyak seri Zenfone 2 yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Asus Zenfone 2 Deluxe sendiri baru-baru ini secara resmi sudah tersedia untuk konsumen di negara-negara kawasan Asia Tenggara. Dibanderol dengan harga Rp 5,6 juta-an, produk yang konon menempati strata tertinggi dalam keluarga Zenfone 2 ini bakal berhadapan langsung dengan OnePlus 2, Motorola Moto X Pure dan Huawei Honor 7 yang kesemuanya merupakan pemain-pemain kuat di segmen menengah tahun ini. Seperti apakah potensi serta peluang yang dimiliki oleh Asus Zenfone 2 Deluxe? Silakan menyimak ulasan berikut.

Spesifikasi dan Harga Asus Zenfone 2 Deluxe


Desain & Spesifikasi Asus Zenfone 2 Deluxe

  • 64-bit Intel Atom 2.3GHz Z3580 quad-core processor
  • 4GB of RAM
  • 5.5-inch full HD IPS display with Gorilla Glass 3, 1920 x 1080 resolution
  • 128GB of storage, expandable via microSD up to 64GB
  • 13-megapixel rear camera, f/2.0-aperture, 5-element, autofocus with dual-color Real Tone flash
  • 5-megapixel front camera, f/2.0-aperture, wide-angle 85-degree lens with Selfie Panorama
  • Dual SIM
  • 3G, LTE
  • WiFi, Bluetooth, GPS, A-GPS, NFC
  • Android 5.0 Lollipop with ZenUI
  • 3000mAh battery

Ditilik dari spesifikasi Asus Zenfone 2 Deluxe di atas tampaknya tak banyak yang berbeda antara Asus Zenfone 2 Deluxe dengan Zenfone 2 ZE551ML yang sebelum kehadiran seri Deluxe merupakan tipe tertinggi di jajaran Zenfone 2. Perbedaannya di atas kertas hanya terletak pada kapasitas memori internal yang membengkak menjadi 128 GB.

Dari sisi desain keduanya pun tampak identik, kecuali di cover belakang dimana Zenfone 2 Deluxe mengusung tekstur unik berupa paduan beberapa triangular bukannya metal atau permukaan glossy seperti seri Zenfone 2 yang sudah beredar sebelumnya. Kala terpapar sinar casing-nya tampak berpendar dalam beberapa warna, cukup menarik untuk dinikmati.

Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 2 Deluxe

Sayangnya selain daripada itu tak ada lagi perbedaan antara Asus Zenfone 2 Deluxe dengan Zenfone 2 seri lain, bahkan tata letak tombol serta lensa kameranya pun sepenuhnya sama. Meski identik, namun bagi Anda pemilik Zenfone 2 seri lain jangan berharap bisa mengganti cover belakang dengan cover seri Deluxe sebab keduanya memiliki konstruksi yang sedikit berbeda.

Walaupun spesifikasi Asus Zenfone 2 Deluxe di atas kertas tak beda dengan Zenfone 2 ZE551ML namun dalam uji AnTuTu seri Deluxe secara konsisten mencatatkan poin yang lebih baik ketimbang saudaranya itu. Tidak bisa dipastikan penyebabnya, namun dugaan sementara teknologi penyimpanan pada seri Deluxe sudah dioptimalisasi dibanding seri lain dalam jajaran Zenfone 2. Namun perlu dicatat bahwa dalam penggunaan sehari-hari nyaris tak terasa perbedaan diantara keduanya.

Perbandingan Asus Zenfone 2 Deluxe

Lantas apa alasan seorang calon konsumen menjatuhkan pilihan pada Asus Zenfone 2 Deluxe dibanding Zenfone 2 lainnya? Kapasitas memori internal tentu saja yang menjadi alasan utama, sementara penampilan cover belakang yang unik merupakan nilai tambah.

Asus Zenfone 2 Deluxe Indonesia

Di era multimedia digital dimana sebagian besar pengguna smartphone memiliki kecenderungan menggunakan ponsel-nya sebagai perangkat hiburan maka kebutuhan akan kapasitas yang lega menjadi mutlak. Dengan kapasitas memori internal 128 GB bayangkan berapa banyak file film, musik atau foto yang bisa disimpan di dalamnya. Pun jika masih kurang Zenfone 2 Deluxe juga mendukung memori eksternal hingga 64 GB meski kami tak terlalu yakin Anda akan membutuhkannya, kecuali sekedar untuk kepentingan memindah data.

Kamera Asus Zenfone 2 Deluxe

Layakkah Membeli Zenfone 2 Deluxe?

Perbedaan Zenfone 2 Deluxe dengan Zenfone 2 ZE511ML memang tipis, hanya sebatas pada kapasitas memori internal serta desain cover bagian belakang. Namun hanya dengan selisih beberapa ratus ribu rupiah saja rasa-rasanya Zenfone 2 Deluxe memberikan value yang lebih baik ketimbang ZE511ML.