on

Perbandingan LG G5 vs. LG G4

Perbandingan LG G5 vs. LG G4 tak kalah menariknya dibanding Samsung Galaxy S7 vs. Samsung Galaxy S6 yang sempat diulas singkat beberapa waktu lalu. Bahkan bagi sebagian besar konsumen justru perbandingan dua flagship keluaran LG berbeda generasi ini lebih menarik karena G5 mengusung cukup banyak inovasi dibanding pendahulunya.

Pada waktu yang hampir bersamaan dengan pengumuman resmi Samsung Galaxy S7, sang kompetitor senegaranya LG pun melakukan perkenalan smartphone flagship terbarunya yang bernama LG G5. Apa saja perbedaan antara LG G5 vs. LG G4?

Perbandingan LG G5 vs. LG G4

Perbandingan Singkat LG G5 vs. LG G4

Berkebalikan dari Samsung yang cenderung mempertahankan desain dari Galaxy S6, LG justru melakukan ubahan frontal yang menjadikan penampilan LG G5 sepintas lalu saja sudah tampak berbeda dibandingkan LG G4 tahun sebelumnya.

Kali ini LG G5 mengadopsi desain unibodi dengan casing aluminium, yang membuat smartphone terbaru LG ini tampak istimewa karena tak lagi ditemukan penempata antenna sebagaimana umumnya terdapat pada smartphone ber-casing metal. LG memperkenalkan teknologi yang mereka sebut sebagai microdising. Walau mengadopsi desain unibodi LG masih mempertahankan penggunakan removable battery berkat desain yang inovatif pula.

Jika semenjak LG G2 hingga LG G4 pabrikan asal Korea yang namanya di industri ponsel mulai melejit kala dipercaya Google untuk membesut Nexus tersebut bereksperimen dengan menempatkan physical button dari samping ke bagian belakang maka setelah mempertimbangkan pro dan kontra dari konsumen akhirnya mereka pilih kembali ke tata letak konvensional. Karenanya Anda akan menemukan kembali penempatan tombol daya dan tombol pengatur volume pada bagian samping. Sementara di belakang sendiri kini ditempati oleh sensor pemindai sidik jari yang sempat absen pada LG G4 dan menuai banyak kritik kala itu.

Tahun 2015 lalu, salah satu keunggulan LG G4 yang menempatkannya pada posisi lebih baik dibanding para kompetitor sekelas adalah sreen to body ratio yang dianggap ideal. Karenanya tak heran jika sang produsen mencoba mempertahankan kondisi tersebut pada LG G5.

Bedanya kali ini ukuran layar LG G5 susut menjadi 5.3 inch dengan mempertahankan tingkat resolusi yang sama. Secara teoritis tingkat kerapatan warnanya meningkat namun beruntung kondisi itu nyaris tak disadari kala memperhatikan layar LG G5 secara langsung.

Sama halnya dengan layar Galaxy S7, LG G5 pun dilengkapi fitur always-on. LG Mengklaim bahwa fitur ini hanya memberi dampak sebesar 0.8% untuk konsumsi baterai sehingga tak perlu dirisaukan oleh konsumen.

Keunggulan LG G4 lainnya dibanding kompetitor tahun lalu adalah performa serta kualitas kamera. Kali LG masih mempertahankan kamera utama yang sama untuk kamera LG G5 yaitu 16 MP namun kamera ini didukung dengan lensa kamera kedua (8 MP) untuk menangkap lebih banyak objek.

Perbedaan LG G5 vs. LG G4

Di sektor performa sudah bisa diduga sejak awal bahwa chipset Snapdragon 820 buatan Qualcomm benar-benar dipilih LG untuk menjadi jantung performa LG G5. Peningkatan ini jelas signifikan dibanding Snapdragon 808 pada LG G4. Didukung RAM sebesar 4 GB dan memori internal 32 GB sang produsen masih mempertahankan dukungan memori eksternal seperti tahun lalu. Kali ini LG G5 juga sudah mengadopsi port USB tipe C.

Meski kapasitas daya baterainya sendiri berkurang menjadi 2.800 mAh namun LG mengklaim tak banyak perbedaan dibanding sebelumnya.

Opini Awal Terhadap Perbandingan LG G5 vs. LG G4

Ubahan yang dibawa kompetitor Samsung pada produk terbarunya ini memang layak mendapat apresiasi tinggi. Mulai dari sisi desain hingga teknologi LG tampak bekerja keras untuk menjadikan LG G5 merajai tahta sebagaimana pendahulunya. Beberapa poin perbandingan LG G5 vs. LG G4 diatas rasanya sudah cukup membuktikan hal tersebut.