on

Impresi Awal Alcatel Idol 4

Kehadiran Alcatel Idol 4 pada gelaran Mobile World Congress lalu memantapkan langkah perusahaan tersebut dalam upaya menyejajarkan diri dengan produsen smartphone asal negeri Cina lainnya seperti Huawei, Xiaomi dan OnePlus. Bersama Alcatel Idol 4s, Idol 4 cukup menyita perhatian pengunjung dalam event tersebut.

Kehadiran Alcatel Idol 4 sekaligus juga membentuk citra positif bagi perusahaan, pasalnya kali ini mereka berani menghadirkan desain yang bukan sekedar mencoba menjadi kloning iPhone seperti sebelumnya. Harga yang kompetitif bagaimanapun masih menjadi daya tarik utama dari smartphone terbaru buatan Alcatel tersebut.

Spesifikasi dan Harga Alcatel Idol 4


Mengenal Singkat Spesifikasi Alcatel Idol 4

Mengandalkan chipset Snapdragon 617 buatan Qualcomm dengan didampingi oleh RAM sebesar 3 GB secara teoritis Alcatel Idol 4 cukup ideal untuk ukuran smartphone kelas menengah. Penerus dari Alcatel Idol 3 ini dilengkapi memori internal berkapasitas 16 GB dan mendukung penggunaan memori eksternal lewat keping microSD.

Di sektor konektivitas Alcatel lagi-lagi membuat kejutan dengan menghadirkan dukungan 802.11ac yang masih kompatibel dengan 802.11a/b/g/n. Selain itu smartphone terbaru Alcatel ini juga menawarkan fitur fast charging sebagaimana umumnya diketemukan pada ponsel-ponsel merek ternama.

Mengusung layar berukuran 5.2 inch dengan teknologi IPS, tampilan layar beresolusi FHD ini dalam impresi awal terlihat positif. Tingkat kepadatan warna yang tercatat 423 ppi lebih dari cukup dalam menyamarkan gejala pikselisasi pada layar yang ukurannya termasuk lebar itu.

Kelebihan dan Kekurangan Alcatel Idol 4

Pada fitur kamera Alcatel Idol 4 menawarkan kamera utama 13 MP dan kamera sekunder 8 MP, bagaimana kualitas kamera handphone Android terbaru buatan Alcatel tersebut sayangnya belum bisa diuji pada impresi awal.

Sementara dari sisi penampilan atau desain Alcatel Idol 4 sekilas mata tidak kalah dibandingkan lini produk Samsung Galaxy. Casing aluminium berbalut serat kaca pada satu sisi memang terasa licin kala digenggam namun ia mampu menghadirkan nuansa premium sekaligus solid dibanding kebanyakan smartphone di kisaran harga yang sama.

Di sisi samping Alcatel menempatkan sebuah tombol unik yang dinamai “Boom”. Pada dasarnya tombol tersebut hanyalah tombol kamera biasa, hanya saja ia mampu seketika mengaktivasi kamera meski ponselnya sendiri dalam kondisi standby.

Alcatel Idol 4 Indonesia

Meski demikian masih ada banyak fungsi lain dari tombol tersebut, sebut saja misalnya ketika sedang mendengarkan musik maka menekan tombol itu akan meningkatkan kekuatan bass. Atau jika Anda sedang bermain game seperti “Asphalt” maka tombol yang sama berfungsi mengaktifkan nitro.

Pengguna bisa melakukan kustomisasi terhadap penggunaan tombol tersebut, dan meski sepele namun kehadirannya cukup membantu dari sisi kepraktisan.

Review Alcatel Idol 4

Dengan empat buah speaker Alcatel Idol 4 mampu menghasilkan keluaran suara yang relatif memuaskan.

Opini Awal Terhadap Alcatel Idol 4

Alcatel Idol 4 menunjukkan bahawa upaya pencarian jati diri perusahaan tersebut sudah mulai pada jalur yang benar. Build quality solid ditunjang dengan inovasi berupa tombol “Boom” serta kualitas speaker di atas rata-rata smartphone sekelasnya menjadikan hape Alcatel terbaru ini cukup memikat. Walau demikian kisaran harga Alcatel Idol 4 yang diestimasi mendekati angka Rp 5 juta mungkin bakal membuat kebanyakan calon konsumen berpikir dua kali mengingat nama Alcatel belum cukup memberikan jaminan dibanding sebut saja LG atau Samsung.