on

Membandingkan LG V10 vs. Samsung Galaxy S6 Edge Plus

Komparasi LG V10 vs. Samsung Galaxy S6 Edge Plus sering dilakukan oleh konsumen yang tak enggan menggelontorkan dana dalam jumlah besar untuk menebus sebuah handheld karena keduanya menawarkan keunikan tertentu. LG V10 mengusung dual display sementara Samsung Galaxy S6 Edge Plus mengunggulkan edge display pada kedua sisi layar utamanya.

Awalnya LG G Flex 2 menjadi andalan LG untuk menghadapi seri Galaxy Edge milik Samsung, namun setelah melihat respon pasar yang jauh dari ekpektasi akhirnya LG mempersiapkan senjata barunya dalam wujud V10 yang ternyata langsung mendapatkan reaksi positif. Lantas mana diantara keduanya yang lebih pas dengan kebutuhan dan preferensi Anda? Silakan menyimak perbandingkan LG V10 vs. Samsung Galaxy S6 Edge Plus lewat ulasan berikut ini.

Perbandingan LG V10 vs. Samsung Galaxy S6 Edge Plus


Perbandingan Desain & Spesifikasi LG V10 vs. Samsung Galaxy S6 Edge Plus

Dari sisi desain oleh karena mengedepankan build quality serta kesan kokoh maka LG menggunakan material stainless steel untuk membangun casing LG V10. Sementara itu dalam membesut seri Edge, Samsung berusaha menciptakan perpaduan antara kesan futuristik dengan elegan karenanya perpaduan antara serat kaca dengan logam dipilih sebagai material casing Samsung Galaxy S6 Edge Plus.

Penampilan keduanya sama-sama menarik serta mengundang decak kagum bagi siapapun yang memandanginya namun sudah sangat jelas bahwa LG V10 lebih kuat dan tahan gores dibanding kompetitornya. Material stainless steel bagaimanapun membawa konsekuensi tersendiri, konsekuensi tersebut berupa bobot V10 yang sekitar 40 gram lebih berat dibanding bobot Samsung Galaxy S6 Edge Plus.

Ada beberapa kesamaan antara LG V10 dengan Samsung Galaxy S6 Edge Plus antara lain adalah layar berukuran 5.7 inch dengan tingkat resolusi yang sama pula (QHD). Di atas kertas masih ada beberapa kesamaan lainnya seperti kamera utama 16 MP serta kamera sekunder 5 MP yang melengkapi masing-masing smartphone. Penempatan speaker kedua kontestan juga serupa yaitu di bagian bawah. Beberapa fitur pelengkap seperti sensor pemindai sidik jari, quick charging serta NFC dapat pula diketemukan pada LG V10 maupun Galaxy S6 Edge Plus.

Perbandingan spesifikasi keduanya bisa ditengok pada tabel berikut ini:

Material stainless steel dengan silikon di bagian belakang tanpa diragukan memberi kesan sekaligus kuaitas kokoh pada V10, lebih-lebih dibandingkan Galaxy S6 Edge yang meski tampil lebih elegan namun sekaligus rentan karena menggunakan serat kaca sebagai paduan dari aluminium.

Kedua kontestan dalam perbandingan ini sama-sama memiliki layar kedua yang bekerja secara mandiri (independen) dari layar utamanya. Bedanya jika layar kedua LG V10 terletak di bagian atas layar utama pada Galaxy S6 Edge Plus diposisikan pada tepi kanan dan kiri layar utama.

Pada sektor performa LG V10 mengandalkan chipset Snapdragon 808 persis sebagaimana sebelumnya sudah digunakan pula oleh LG G4. Alasan LG menggunakan chipset tersebut adalah karena Snapdragon 810 terlalu beresiko dengan masalah overheat yang tidak benar-benar terselesaikan sampai saat ini sementara Snapdragon 820 belum memasuki versi final kala LG V10 mulai diproduksi. Dibandingkan chipset Exynos 7420 yang digunakan pada Samsung Galaxy S6 Edge Plus jelas ia bukan tandingan, meskipun dalam prakteknya baik LG V10 maupun Galaxy S6 Edge Plus sama-sama menyajikan pengalaman yang fluid dan sanggup menangani aplikasi kompleks sekalipun.

Samsung Galaxy S6 Edge Plus kembali mengguli LG V10 karena sudah menggunakan DDR4 RAM serta memori internal USF 2.0 yang dari sisi teknologi lebih maju dibanding RAM dan memori internal yang digunakan oleh LG untuk V10. Pada sisi lain V10 menawarkan dukungan memori eksternal yang tak dimiliki oleh semua smartphone kelas high-end keluaran Samsung di tahun 2015.

Dalam poin perbandingan kamera LG V10 vs. Samsung Galaxy S6 Edge Plus keduanya memang setara di atas kertas namun bukan berarti sama persis. Kamera utama Galaxy S6 Edge Plus menggunakan lensa dengan aperture f/1.9 yang sebenarnya sudah termasuk lebar namun LG meningkatkan permainan dengan menggunakan aperture f/1.8 yang lebih lebar lagi dibanding kompetitor senegaranya itu. OIS serta LED flash sama mendampingi kedua smartphone namun sementara Samsung masih menggunakan auto focus konvensional pada LG V10 sudah menggunakan laser auto focus.

Untuk perbandingan baterai LG V10 unggul atas Samsung Galaxy S6 Edge Plus sebab meski menggunakan baterai dengan kapasitas yang sama (3000 mAh) serta sama-sama sudah didukung dengan fitur quick charging namun LG V10 mengadopsi baterai tipe removable yang artinya pengguna bisa mengganti baterai sendiri kala diperlukan. Sementara pengguna Samsung Galaxy S6 Edge Plus harus membawa handheld miliknya ke Service Center sekedar untuk mengganti baterai. Dari sisi kepraktisan sudah pasti removable battery lebih unggul.

Harga Samsung Galaxy S6 Edge+
Gold
Harga Samsung Galaxy S6 Edge+
Jual Meizu M2 Note


Opini Terhadap Perbandingan LG V10 vs. Samsung Galaxy S6 Edge Plus

Sama sekali tidak mudah memang menentukan mana yang lebih baik antara LG V10 vs. Samsung Galaxy S6 Edge Plus. Dari sisi penampilan bagaimanapun Galaxy S6 Edge Plus lebih mudah diterima oleh kebanyakan orang, belum lagi layar dengan teknologi Super AMOLED yang memiliki kekhasan reproduksi warna tersendiri. Dua hal tersebut ditambah performa yang lebih baik rasanya cukup adil menyebut Galaxy S6 Edge Plus sebagai pemenang dalam perbandingan kali ini.

LG V10 sendiri lebih tepat dipilih oleh mereka yang menghendaki penampilan berbeda, standout of the crowd serta mereka yang mengedepankan kepraktisan ketimbang estetika mengingat V10 menawarkan dukungan memori eksternal serta removable battery.