on

Spesifikasi dan Harga OnePlus One Smartphone Android Quad-core Terjangkau

Smartphone Android OnePlus One merupakan smartphone kelas high-end yang dibanderol setara dengan smartphone Android kelas mid-end. Hanya dalam waktu singkat popularitas ponsel Android harga terjangkau ini melesat. Harga resmi OnePlus One sendiri hanya sekitar sepertiga dari kompetitornya seperti Samsung Galaxy S5 atau Sony Xperia Z3.

Harga OnePlus One memang sangat menggoda, namun sama halnya seperti Xiaomi tidaklah mudah untuk memperoleh handset tersebut. Memang OnePlus sendiri menjualnya secara online namun untuk bisa membelinya calon konsumen harus terlebih dulu mendapatkan undangan. Seperti apakah sebenarnya kualitas smartphone Android OnePlus One? Benarkah seistimewa itu atau hanya karena sistem penjualannya yang unik yang menjadikan popularitasnya melesat dalam waktu singkat?

OnePlus One Indonesia


Desain dan Kualitas Smartphone Android OnePlus One

Dalam genggaman kualitas OnePlus One terasa solid dan materialnya pun kentara tidak sembarangan. Dari sisi estetika yang menjadi kelemahan OnePlus One adalah bezel bagian atas dan bawah yang terlalu lebar jika dibandingkan umumnya desain ponsel masa kini.
Dengan dimensi 153 x 76 x 8.9 mm dan bobot 162 gram OnePlus One memang bukan smartphone tertipis ataupun teringan di kelasnya, namun dimensi tersebut terasa ideal dan menjadikan ponsel ini terkesan solid.

Casing bagian belakangnya sendiri memiliki kontur yang unik dan berbeda sama sekali dari smartphone lain yang ada saat ini. Konturnya kasar menyerupai amplas namun jenisnya sendiri termasuk soft touch. Hampir semua pengguna OnePlus One mengarpresiasi keunikan kontur ini. Warna casingnya sendiri tersedia dalam dua pilihan yaitu hitam dan putih.

Kualitas OnePlus One

OnePlus menggunakan layar IPS LCD berukuran 5.5 inch sehingga pada dasarnya OnePlus One bisa dikategorikan sebagai phablet. Layar dengan resolusi 1080 x 1920 pixels dan kedalaman 16 juta warna ini memiliki kerapatan 401 ppi. Meski kualitasnya bukan yang terbaik diantara ponsel kelas high-end namun masih tetap dalam kategori istimewa. Satu-satunya kelemahan OnePlus One di sektor layar adalah warna putih yang cenderung kekuningan meski tidak terlalu mencolok pula.

Spesifikasi OnePlus One

Spesifikasi Smartphone Android OnePlus One

DIMENSI Ukuran 152.9 x 75.9 x 8.9 mm
Berat 162 g
GENERAL Jaringan 2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G HSDPA 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100
4G LTE 700 / 1700 / 2600 /2300/2100/1800
Koneksi Data HSDPA, 42 Mbps; HSUPA, 5.8 Mbps; LTE, Cat4, 50 Mbps UL, 150 Mbps DL
EDGE
GPRS
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, DLNA, Wi-Fi hotspot
Bluetooth v4.1 with A2DP
NFC
microUSB v2.0, USB On-the-go, USB Host
PROCESSOR CPU Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801 Quad-core 2.5 GHz Krait 400
GPU Adreno 330
MEMORY RAM 3 GB
Internal 16 GB / 64 GB
Eksternal -
LAYAR Tipe PS LCD capacitive touchscreen, 16M colors, Multitouch up to 10 fingers
Ukuran 1080 x 1920 pixels, 5.5 inches (~401 ppi pixel density)
KAMERA Kamera Primer 13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, dual-LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR, video Yes, 2160p@30fps, 1080p@60fps, 720p@120fps, video stabilization, HDR
Kamera Secunder 5 MP, 1080p@30fps
BATERAI Tipe Non-removable Li-Po 3100 mAh battery
Stanby -
Talk time -
FITUR LAIN Android OS, v4.4.2 (KitKat) CyanogenMod 11S
Corning Gorilla Glass 3
SMS (threaded view), MMS, Email, IM, Push Email
HTML5
GPS with A-GPS support and GLONASS
Java MIDP emulator
SNS integration, Active noise cancellation with dedicated mic, Google Search, Maps, Gmail, YouTube, Calendar, Organizer, Document viewer, Photo viewer/editor, Voice memo/dial/commands, Predictive text input
Audio Player : MP3/eAAC+/WMA/WAV player
Video Player : MP4/H.263/H.264/WMV player
Colours : Silk White, Sandstone Black
Jack Audio 3.5mm

Spesifikasi OnePlus One setara dengan ponsel Android kelas high-end yang dibanderol dua kali atau bahkan tiga kali lipat lebih mahal dibanding harga resmi OnePlus One. Prosesor quad-core dengan kecepatan 2.5 GHz Qualcomm Snapdragon 801 dan GPU Adreno 330 dipadukan dengan RAM berkapasitas 3 GB.
Dukungan konektivitas yang ditawarkan oleh OnePlus One meliputi 4G LTE, 802.11 a/b/g/n/ac Wi-Fi, NFC dan Bluetooth 4.0.

Performa kecepatan OnePlus One jauh dari bayangan orang terhadap sebuah ponsel dengan harga terjangkau. Aplikasi kompleks termasuk game 3D terbaru pun bisa dijalankan dengan relatif lancar oleh OnePlus One. Memang pada saat dibandingkan OnePlus One vs. Samsung Galaxy S5 berdasarkan perolehan point benchmark model flagship dari Samsung itu masih unggul dengan selisih lumayan jauh. Namun mengingat selisih harga keduanya begitu mencolok dan fakta bahwa pada prakteknya performa OnePlus One termasuk baik maka rasa-rasanya tak ada yang perlu dikritik di bagian ini.

Memori internal yang tersedia untuk OnePlus One adalah 16 GB dan 64 GB, entah atas pertimbangan apa pihak produsen tidak menyediakan opsi 32 GB yang sebenarnya merupakan kapasitas paling ideal untuk smartphone kelas high-end. Namun bukan itu yang menjadi kelemahan OnePlus One di sektor media penyimpanan, ketiadaan dukungan memori eksternal cukup mengurangi kepraktisan saat hendak memindahkan data ke laptop atau device lain.

OnePlus One menggunakan kamera dengan sensor 13 MP Sony Exmor didukung dual LED flash dan f/2.0 aperture. Pihak OnePlus mengklaim bahwa kamera ini menggunakan enam lensa dengan tujuan agar foto yang dihasilkan memiliki tingkat detil tinggi pada kondisi pencahayaan minimum sekalipun. Fitur lain yang mendukung kamera ini adalah geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR, serta kemampuan merekam video 4K pada 30 fps.

Kualitas foto yang dihasilkan memang masih di bawah kualitas foto dari kamera Samsung Galaxy S5 dan Sony Xperia Z3. Namun sekali lagi terlepas dari perbandingan dengan kedua rival tersebut kualitas fotonya layak mendapat apresiasi.

Sedangkan pada bagian depan OnePlus One mengusung kamera 5 MP untuk memfasilitasi penggemar selfie. Seperti sudah diduga bahwa kualitasnya jauh di bawah kamera utama, namun bagi maniak selfie yang umumnya sekedar untuk diunggah ke media sosial maka sudah lebih dari cukup.

Untuk tampilan antar muka OnePlus menyediakan tampilan yang berbeda sama sekali dibanding ponsel Android lain. Ciri khas Android sendiri nyaris tidak diketemukan lagi pada tampilan antar muka yang disebutnya sebagai CyanogenMod. Meski saat ini masih menjalankan Android KitKat namun OnePlus menjamin bahwa OnePlus One akan mendapatkan update Android Lollipop begitu lolos pengujian internal.

Performa baterai OnePlus One juga menjadi kelebihan OnePlus One lainnya, dengan daya 3100 mAh baterai OnePlus One mampu bertahan lebih dari 24 jam penuh dan tersisa sekitar 67% kala digunakan untuk melakukan pekerjaan dan aktivitas yang sama dengan iPhone 5 yang baterainya hanya bertahan selama 24 jam.

Harga OnePlus One

Harga Smartphone Android OnePlus One

Cek Harga dan Ketersediaan OnePlus One
Smartphone OnePlus One
Harga Smartphone OnePlus One Indonesia
Sony Xperia Z2


Dengan banderol tak lebih dari $300 sulit untuk memberi kritikan bagi OnePlus One. Memang ada beberapa kelemahan OnePlus One seperti ketiadaan dukungan memori eksternal, kualitas kamera yang tak cukup memuaskan untuk ukuran ponsel kelas high-end serta dimensi yang terlalu besar. Hanya saja mempertimbangkan harga OnePlus One sendiri rasa-rasanya ketiga hal tersebut mudah untuk diabaikan.

Saat ini OnePlus sendiri tengah bersiap merilis penerusnya yaitu OnePlus Two, mungkin lewat generasi kedua tersebut pihak pabrikan akan menyempurnakan beberapa diantara tiga hal yang disebut di atas.